WEB ANALYTIC UNTUK PENGUKURAN DAMPAK SOCIAL MEDIA CAMPAIGN BLOG SOCIALGADGETNEWS.COM

Authors

  • Lady Joanne Tjahyana Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Marsefio Sevyone Luhukay Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra, Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.4.1.17-28

Keywords:

web analytic, blog, situs berita blog, media sosial, kampanye, socialgadgetnews.com

Abstract

SocialGadgetNews.com adalah sebuah situs blog berita yang memuat topik seputar teknologi komunikasi, gadget, media sosial dan aplikasi teknologi dalam beberapa bidang lain seperti bisnis, gaya hidup, dan hiburan. Blog ini dipublikasikan pada bulan Januari 2014 dan untuk menarik lebih banyak pengunjung serta partisipan pada blog baru ini, maka dilakukan kampanye media sosial yang berlangsung pada bulan Januari - Mei 2014. Target pengunjung untuk situs blog ini adalah mahasiswa, akademisi, praktisi dan wirausahawan yang merupakan pecinta teknologi. Kampanye tersebut terdiri dari beberapa tahap, yaitu menciptakan akun media sosial, mempromosikan blog post melalui media sosial, mempromosikan blog melalui iklan di media sosial, mengadakan survey dan giveaway. Rumusan masalah dari kampanye media sosial ini adalah bagaimana mendapatkan dampak yang terukur sebagai hasil dari kampanye tersebut. Metode yang digunakan adalah metode web analytic untuk mengukur dampak dari kampanye media sosial tersebut. Langkah – langkah dari metode tersebut adalah pertama – tama menentukan Objective and Key Results (OKRs) dan Key Performance Indicators (KPIs) yang diperlukan untuk didapat sebagai alat pengukuran yang konkrit dari hasil kampanye. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa faktor terpenting dari sebuah kampanye media sosial yang berhasil antara lain topik – topik blog post yang menarik serta digunakannya akun – akun media sosial untuk menunjang kampanye tersebut.

References

Barnes, D., Clear, F., Dyerson, R., Harindranath, G., Harris, L., & Rae, A. (2012). Web 2.0 and micro-businesses: an exploratory investigation. Journal of Small Business and Enterprise Development, 19(4), 687-711.

Clifton, B. (2010). Advanced Web Metrics with Google Analytics. Indiana:Wiley Publishing, Inc.

Ward, J. A. (2013). The Next Dimension in Public Relations Campaigns: A Case Study of the It Gets Better Project. Public Relations Journal, 7(2), 157-186.

Kumar, V., & Mirchandanai, R.O.H.A.N. (2012). Increasing the ROI of social media marketing. MIT Sloan Management Review, 54(1), 54-61

Downloads

How to Cite

Tjahyana, L. J., & Luhukay, M. S. (2014). WEB ANALYTIC UNTUK PENGUKURAN DAMPAK SOCIAL MEDIA CAMPAIGN BLOG SOCIALGADGETNEWS.COM. Scriptura, 4(1), 17-28. https://doi.org/10.9744/scriptura.4.1.17-28

Issue

Section

Articles