PEMBUATAN DAN EVALUASI KEMUDAHAN TURIS DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI BARONDA AMBON TRAVEL GUIDE

Giovanno Pattiasina, Beatriz Tanazale, Lady Joanne Tjahyana




Abstract


Pulau Ambon adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan pantai dan pemandangan yang indah. Salah satu dari banyak cara untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia kepada turis domestik maupun internasional adalah dengan menyediakan informasi yang cukup sebagai panduan tentang pariwisata di Indonesia. Menurut International Data Corporation, Android adalah sistem operasi yang paling populer di dunia. Selain itu, smartphone berbasis Android telah mengambil alih 78,6% dari permintaan pasar smartohone dunia pada tahun 2013. Namun demikian, hingga saat penelitian ini dilakukan hanya terdapat satu aplikasi Android pada PlayStore yang terkait dengan pariwisata Ambon. Oleh karena itu diperlukannya aplikasi pariwisata pulau Ambon terutama yang berbasis sistem operasi Android. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana menciptakan aplikasi pariwisata pulau Ambon dan bagaimana mengevaluasi aplikasi tersebut sehingga memiliki tingkat usability yang baik sehingga mudah digunakan oleh turis baik domestik maupun internasional. Pembuatan aplikasi ini terdiri dari tiga langkah, yaitu definition, design dan production. Setelah proses pembuatan, evaluasi dilakukan menggunakan prinsip heuristic evaluation sebagai metode untuk meningkatkan usability dari aplikasi tersebut. Prototype aplikasi tersebut diunggah pada server uji coba untuk kemudian dievaluasi oleh 42 turis yang terdiri dari turis domestik dan internasional. Uji coba tersebut berbentuk online survey yang meminta para responden untuk mencoba aplikasi pada smartphone mereka dan melakukan evaluasi berdasarkan poin – poin pada survey tersebut. Hasil evaluasi ini digunakan untuk meningkatkan usability dari aplikasi. Peningkatan usability aplikasi telah dilakukan dan saat ini aplikasi telah dipublikasi pada PlayStore dengan nama “Baronda Ambon Travel Guide”. Aplikasi tersebut tersedia untuk smartphone dan tablet.


Keywords


Pulau Ambon, pariwisata, aplikasi, multimedia, smartphone, tablet, Android

References


Baehr, C. (2007). Web Development A VisualSpatial Approach. Upper Saddle River, NewJersey: Pearson Education, Inc.

Devita, F (2014). Android Menguasai Hingga 80% Pengiriman Smartphone di Seluruh Dunia. Retrieved July 20th, 2014 from http://socialgadgetnews.com/business/android-menguasai-hingga-80-pengiriman-smartphone-di-seluruh-dunia/

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2013) Indonesia Sekilas. Retrieved June 16th, 2014 from http://indonesia.travel/id/discover-indonesia#tab1

McLuhan, M., Gordon, W. T., Nevitt, B. & Innis, H. A. (2005) The Medium is the Message. Ginko Press.

Nielsen, J. (1993). Usability Engineering. Boston: Academic Press.

Nielsen, J. (1994). Heuristic evaluation. In Nielsen, J., and Mack, R.L. (Eds.), Usability Inspection Methods. New York : John Wiley & Sons

Nielsen, J. (2000). Design Web usability. Indianapolis, Indiana: New Riders Publishing.

Savage, T.M. & Vogel, K.E. (2013). An Introduction to Digital Media. USA:Jones & Bartlett Publishers. Supranto, J. (2000). Statistik Teori dan Aplikasi. Erlangga. Thurlow, C., Lengel, L., & Tomic, A. (2004). Computer Mediated Communication. Sage.

Whitten, P., Smith, S., Munday, S., & LaPlante, C. (2008). Communication assessment of the most frequented breast cancer websites: Evaluation of design and theoretical criteria. Journal of Computer‐Mediated Communication,13(4), 880-911.


Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Scriptura, ISSN: 1978-385X

free web stats
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team