IDEOLOGI DALAM IKLAN KELUARGA BERENCANA PERIODE 2004-2014

Yustisia Ditya Sari, Inri Inggrit Indrayani, Titi Nur Vidyarini




Abstract


Program Keluarga Berencana (KB) yang diluncurkan oleh pemerintah sejak tahun 1960an merupakan sebuah pendekatan kegiatan komunikasi dan informasi kepada khalayaknya atau masyarakat Indonesia dalam peningkatan kependudukan yang berkualitas. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaaan dan pengendalian program KB merupakan upaya pengoptimalan keluarga yang sehat baik untuk ibu maupun anak. Upaya ini diwujudkan dalam bentuk pelayanan keluarga berencana melalui program kesehatan baik berupa pemilihan alat kontrasepsi dan pengkomunikasian program melalui media massa seperti cetak ataupun elektronik, misalnya iklan keluarga berencana. Pada tahun 2004 hingga 2014 di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono telah melakukan revitalisasi program kesehatan keluarga berencana berupa praktik-praktik iklan. Praktik ideologi yang terjadi dalam iklan-iklan program KB merupakan bagian dari salah satu kegiatan komunikasi kesehatan melalui media kampanye. Dalam penelitian penulis melakukan penelitian berupa praktek ideologi dalam iklan keluarga berencana periode 2004-2014 sebagai semiotika dalam sebuah studi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan media promosi iklan dalam praktek ideologi pemerintah. Di era kepemimpinan SBY, bersifat melanggengkan serta meneruskan saja kebijakan Orde Baru. Keluarga modern kemudian di era SBY digambarkan sebagai keluarga dengan dua anak. Ibu tetap menjalani peran sebagai penguasa domestik yang bertanggung jawab pada pertumbuhan anak


Keywords


Praktek Ideologi, Iklan, keluarga Berencana (KB), Periode 2004-2014

References


Alifahmi, Hifni. 2005. Sinergi Komunikasi Pemasar­an. Bandung: Mizan Media Utama.

Abu Bakar, Sukawati. 2011. Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Anggriani, Yetti. 2011. Pelayanan Keluarga Beren­cana. Rohima Pers: Yogyakarta

Bobbit, Randy & Sullivan, Ruth. 2009. Public Rela­tions Campaign. United Stade of America: Pearson

Botan, Carl & Hazleton, Vincent. 2006. Public Rela­tions Theory II. Lawrence Erlbaum Associates, Publisher: New Jersey.

Burhani, R. 2010, http://www.antaranews.com/berita/ 171800/program-kb-di-masa-orba-lebih-diakui

BKKBN. 2008. Bunga Rampai Gerakan KB Nasio­nal: Mewujudukan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera. KBBKN: Jakarta.

Badley Wright, Kevin. 2014. Health Communication in the 21 st century. Wiley-Blackwell: USA

Carty, E., & Peppin, P. 2003. Signs of inequality: Constructing disability in antidepressant drug advertising. Health Law Journal, 161-184. Retri­eved from http://search.proquest.com/ docview/212116936?accountid=45762

Corcoran, N. (Ed.). 2013. Communication health: Strategies for health promotion (2nd ed.). London: Sage Publications.

Cho, Hyunyi. 2012. Helath Communication Message Design. Sage Publication, Inc.: London.

Fiske, Jhon. 2003. Reading Television. London: Routledge.

Gregory, A. 2010. Planning and managing public relations campaign (3rd ed.). London: Kogan Page.

Hutchinson , P. L., & Meekers, D., 2012, Estimating Causal Effects from Family Planning  Health Communication  Campaigns Using Panel Data: The ‘‘Your Health, Your Wealth’ Cam­paign in Egypt. PloS ONE 7(9): e46138. doi:10.1371/ journal.pone.0046138.

Heath, Robert L. 2005. Encyclopedia of Public Relations. Sage Publication, Inc: London.

Infate, Dominic A. & Rancer, Andrew. 1993. Build­ing Communication Theory. Waveland Press, Inc: United States America.

Irianto, Koes. 2014. Pelayanan Keluarga Berencana. Alfabeta: Bandung.

Jurnal Keluarga, Edisi Pertama 2015. Melaju Ber­sama Program Kependudukan, KB dan Pem­bangun­an Keluarga. Jakarta.

Kim, Y. M., Bazant, E., & Storey, D. D., (2007), Smart patient, smart community: improving client participation in family planning consul­tations through a community education and mass-media program in Indonesia, Int’l. Quar­terly of Community Health Education, Vol. 26(3) 247-270, 2006-2007, Baywood Publi­sh­ing Co., Inc. doi: 10.2190/IQ.26.3.d.

Larno, 2013, http://www.antaranews.com/berita/367 900/menkes-program-kb-gagal.

Lee, Monle & Johnson, Carla. 1999. Prinsip-Primsip Periklanan dalam Prespektif Global. Jakarta: Prenada Media.

Makalah program keluarga berencana di Indonesia, 2014, http://www.wawasanpendidikan.com/ 2014/08/Makalah-Program-Keluarga-Beren­cana-di-Indonesia.html.

Mulyana, Dedy. 2005. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Bandung: Rosdakarya.

Morrisan, M. A. 2010. Periklanan: Komunikasi Pe­ma­sar­an Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Newland, L., 2010, The deployment of the prosperous family: family planning in West Java, NWSA Journal, 2001: 13, 3.

Setyaningrum, Erna. 2014. Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Trans Info Media: Jakarta.

Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. PT. Refika Aditama: Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kua­li­tatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Shimp, Terence, A. 2000. Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga.

Suhadang, Kustadi. 2010. Periklanan: Manajemen, Kiat, dan Strategi.  Bandung: NUASA.

Tylleskär, T., Jackson, D., Meda, N., Engebretsen, I. M. S., Chopra, M., Diallo, A. H., et al. 2011. Exclusive breastfeeding promotion by peer counsellors in sub-Saharan Africa (PROMISE-EBF): a cluster-randomised trial. Lancet, 378, 420-427.

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye. Ban­dung: Simbiosa Rekatama Media


Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Scriptura, ISSN: 1978-385X

free web stats
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team