IDEOLOGI DALAM IKLAN KELUARGA BERENCANA PERIODE 2004-2014
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.6.1.21-32Keywords:
Praktek Ideologi, Iklan, keluarga Berencana (KB), Periode 2004-2014Abstract
Program Keluarga Berencana (KB) yang diluncurkan oleh pemerintah sejak tahun 1960an merupakan sebuah pendekatan kegiatan komunikasi dan informasi kepada khalayaknya atau masyarakat Indonesia dalam peningkatan kependudukan yang berkualitas. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaaan dan pengendalian program KB merupakan upaya pengoptimalan keluarga yang sehat baik untuk ibu maupun anak. Upaya ini diwujudkan dalam bentuk pelayanan keluarga berencana melalui program kesehatan baik berupa pemilihan alat kontrasepsi dan pengkomunikasian program melalui media massa seperti cetak ataupun elektronik, misalnya iklan keluarga berencana. Pada tahun 2004 hingga 2014 di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono telah melakukan revitalisasi program kesehatan keluarga berencana berupa praktik-praktik iklan. Praktik ideologi yang terjadi dalam iklan-iklan program KB merupakan bagian dari salah satu kegiatan komunikasi kesehatan melalui media kampanye. Dalam penelitian penulis melakukan penelitian berupa praktek ideologi dalam iklan keluarga berencana periode 2004-2014 sebagai semiotika dalam sebuah studi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan media promosi iklan dalam praktek ideologi pemerintah. Di era kepemimpinan SBY, bersifat melanggengkan serta meneruskan saja kebijakan Orde Baru. Keluarga modern kemudian di era SBY digambarkan sebagai keluarga dengan dua anak. Ibu tetap menjalani peran sebagai penguasa domestik yang bertanggung jawab pada pertumbuhan anak
References
Alifahmi, Hifni. 2005. Sinergi Komunikasi Pemasaran. Bandung: Mizan Media Utama.
Abu Bakar, Sukawati. 2011. Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Anggriani, Yetti. 2011. Pelayanan Keluarga Berencana. Rohima Pers: Yogyakarta
Bobbit, Randy & Sullivan, Ruth. 2009. Public Relations Campaign. United Stade of America: Pearson
Botan, Carl & Hazleton, Vincent. 2006. Public Relations Theory II. Lawrence Erlbaum Associates, Publisher: New Jersey.
Burhani, R. 2010, http://www.antaranews.com/berita/ 171800/program-kb-di-masa-orba-lebih-diakui
BKKBN. 2008. Bunga Rampai Gerakan KB Nasional: Mewujudukan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera. KBBKN: Jakarta.
Badley Wright, Kevin. 2014. Health Communication in the 21 st century. Wiley-Blackwell: USA
Carty, E., & Peppin, P. 2003. Signs of inequality: Constructing disability in antidepressant drug advertising. Health Law Journal, 161-184. Retrieved from http://search.proquest.com/ docview/212116936?accountid=45762
Corcoran, N. (Ed.). 2013. Communication health: Strategies for health promotion (2nd ed.). London: Sage Publications.
Cho, Hyunyi. 2012. Helath Communication Message Design. Sage Publication, Inc.: London.
Fiske, Jhon. 2003. Reading Television. London: Routledge.
Gregory, A. 2010. Planning and managing public relations campaign (3rd ed.). London: Kogan Page.
Hutchinson , P. L., & Meekers, D., 2012, Estimating Causal Effects from Family Planning Health Communication Campaigns Using Panel Data: The ‘‘Your Health, Your Wealth’ Campaign in Egypt. PloS ONE 7(9): e46138. doi:10.1371/ journal.pone.0046138.
Heath, Robert L. 2005. Encyclopedia of Public Relations. Sage Publication, Inc: London.
Infate, Dominic A. & Rancer, Andrew. 1993. Building Communication Theory. Waveland Press, Inc: United States America.
Irianto, Koes. 2014. Pelayanan Keluarga Berencana. Alfabeta: Bandung.
Jurnal Keluarga, Edisi Pertama 2015. Melaju Bersama Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga. Jakarta.
Kim, Y. M., Bazant, E., & Storey, D. D., (2007), Smart patient, smart community: improving client participation in family planning consultations through a community education and mass-media program in Indonesia, Int’l. Quarterly of Community Health Education, Vol. 26(3) 247-270, 2006-2007, Baywood Publishing Co., Inc. doi: 10.2190/IQ.26.3.d.
Larno, 2013, http://www.antaranews.com/berita/367 900/menkes-program-kb-gagal.
Lee, Monle & Johnson, Carla. 1999. Prinsip-Primsip Periklanan dalam Prespektif Global. Jakarta: Prenada Media.
Makalah program keluarga berencana di Indonesia, 2014, http://www.wawasanpendidikan.com/ 2014/08/Makalah-Program-Keluarga-Berencana-di-Indonesia.html.
Mulyana, Dedy. 2005. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Bandung: Rosdakarya.
Morrisan, M. A. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Newland, L., 2010, The deployment of the prosperous family: family planning in West Java, NWSA Journal, 2001: 13, 3.
Setyaningrum, Erna. 2014. Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi. Trans Info Media: Jakarta.
Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. PT. Refika Aditama: Bandung.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Shimp, Terence, A. 2000. Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga.
Suhadang, Kustadi. 2010. Periklanan: Manajemen, Kiat, dan Strategi. Bandung: NUASA.
Tylleskär, T., Jackson, D., Meda, N., Engebretsen, I. M. S., Chopra, M., Diallo, A. H., et al. 2011. Exclusive breastfeeding promotion by peer counsellors in sub-Saharan Africa (PROMISE-EBF): a cluster-randomised trial. Lancet, 378, 420-427.
Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.