SOSOK PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM PEMBERITAAN TENTANG KABINET KERJA

Fanny Lesmana, Aylanda Dwi Nugroho, Desi Yoanita




Abstract


Kabinet merupakan hal yang krusial dalam sebuah pemerintahan. Dalam menjalankan kinerja pemerintahan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, juga membutuhkan pembantu yakni para menteri yang tergabung dalam sebuah kabinet yang disebut Kabinet Kerja. Media televisi merupakan salah satu media massa yang dianggap memberikan pengaruh pada opini publik. Dengan menggunakan metode analisis framing Gamson dan Modigliani, peneliti melihat bagaimana Metro TV dan TVOne memberitakan sosok Presiden Joko Widodo terkait dengan kabinet yang dipimpinnya. Temuan penelitian menunjukkan Metro TV cenderung membingkai sosok Joko Widodo sebagai presiden dengan menunjukkan kebijakan dan prinsip yang dimilikinya. Sebaliknya, tvOne membingkai Joko Widodo sebagai presiden yang tidak konsisten dan tidak pro rakyat.


Keywords


Berita, televisi, Joko Widodo, kabinet, analisis framing

References


Aburizal Bakrie. www.profil.merdeka.com, akses 13 November 2015.

Anggota DPR: Ardi Bakrie Ubah tvOne Jadi Obor Rakyat. (2014, Juli 4). Tribunnews.com.

Harsono, Andreas. (2010). ’A9ama’ Saya adalah Jurnalisme. Yogyakarta: Kanisius.

Harahap, Machyudi Agung. (2013). Kapitalisme Media: ekonomi, politik, berita dan diskursus televisi. Jakarta: Aura Pustaka.

Ishwara, Luwi. (2005). Catatan-catatan Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas.

Istana Bantah Adanya Perombakan Kabinet Jokowi-JK. (2015, April 9). Diperoleh dari https://www. youtube.com/watch?v=R-1krc-QU38.

Itule, Bruce. D dan Anderson, Douglas.A. (2000). News Writing and Reporting for Today’s Media 5th edition. Singapore: McGraw-Hill Book Co.

Kabinet Jokowi Tersandera Parpol. (2014, September 16). Diperoleh dari https://www.youtube.com/ watch?v=t0kRjC-HgdU.

Mencher, Melvin. (2000). News Reporting and Writing 8th edition. Singapore: McGraw-Hill Book Co.

Prabowo Guruh Soekarno Putra Menilai Jokowi Belum Siap Menjadi Calon Presiden Republik Indonesia. (2014, Juni 10). Diperoleh dari https://www.youtube.com/watch?v=_1W_V1k8BPY.

Subiakto, Henry dan Rachmah Ida. (2012). Komunikasi Politik, Media dan Demokrasi. Jakarta: Kencana.

Suprapto, Hadi. (2010). Mengapa Crown Royal Saloon Bisa Rp 1 Miliar. Viva.co.id, 6 Januari 2010. Akses 18 November 2015.

tvOne dan ANTV Kantongi Belanja Modal Rp 600 Miliar. (2015, April 18). cnnindonesia.com.

Wicaksono, Agung Pambudi. (2015). Media Terpenjara: Bayang-bayang pemilik dalam Pemberitaan Pemilu 2014.

Wulandari, Retno. (2014). Media Darling Ala Jokowi: Menjadi Sosok yang Disukai Media. Jakarta: Gramedia.


Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Scriptura, ISSN: 1978-385X

free web stats
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team