REPRESENTASI ORIENTALISME DALAM FILM THE GREAT WALL
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.7.1.36-45Keywords:
Representasi, orientalisme, semiotika, film, timur, the great wall.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Orientalisme direpresentasikan melalui film The Great Wall. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah semiotika televisi John Fiske melalui 3 level yaitu, level realitas, level representasi, dan level ideologi. Berdasarkan kode-kode tersebut, peneliti melihat adanya konsep orientalisme yang dikemas dengan gaya Barat dalam penggambaran karakter dan budaya Timur melalui film The Great Wall. Hasil penelitian ini memperlihatkan bagaimana Timur sudah dapat berkembang dan tidak tunduk terhadap Barat dalam penggambaran di dalam film. Terlihat dengan pandangan orientalisme yang menjadi ideologi dalam film ini dengan menggambarkan karakter Timur oleh Hollywood sebagai sosok yang berenergi, berinisiatif, tulus, dan mulia. Serta budaya yang disajikan erat dengan oriental budaya Timur dari awal hingga akhir film.References
Fiske, J. and Harley J. (2003). Reading Television. London: Routledge. [CrossRef]
Fiske, J. (2004). Cultural and Communication Studies. Yogyakarta: Jalasutra. [CrossRef]
Hall, Stuart. (1997). Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. Beverly Hills: SAGE Publications Ltd. [CrossRef]
Hazmi, F. (2007). Representasi Orientalisme dalam film (Analisis Semiotik Mengenai Representasi Orientalisme dalam film Black Hawk Down). [CrossRef]
Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. [CrossRef]
Putranto, S. (2004). Hermeneutika pascakolonial: Soal Identitas. Jogjakarta: Kanisius. [CrossRef]
Said. E. W. (2010). Orientalisme. Bandung: Pustaka Salman. [CrossRef]
Scurry, Samuel. (2010). Orientalism in America Cinema: Providing an Historical and Geographical Context for Post-Colonial Theory. (Paper 789). [CrossRef]
Sobur, Alex. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. [CrossRef]
-------------- (2009). Analisis Teks Media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. [CrossRef]
Stokes, J. (2003) How To Do Media and Cultural Studies. London: SAGE Publications Ltd. [CrossRef]
Yuwono, Untung. (2004). Semiotika Budaya. Jakarta: Pusat Kemasyarakatan dan Budaya UI. [CrossRef]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.