DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.47-56

PELAKSANAAN PROGRAM INTERNSHIP DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS: FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI – UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA)

Dian Nugraheni, Lina Sinatra Wijaya

Abstract


Program Internship merupakan kegiatan yang dibuat bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmunya serta mendapatkan pengalaman kerja di dunia nyata. Program internship dapat diterapkan untuk meningkatkan citra pada sebuah lembaga pendidikan. Dengan pesatnya persaingan antar lembaga pendidikan, maka setiap lembaga pendidikan berupaya mendapatkan citra positif untuk meningkatkan eksistensi, serta nilai jual kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh program internship dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan yang bersangkutan, sehingga berdampak pada peningkatan jumlah mahasiswa yang melaksanakan internship di tempat terkait. Objek penelitian ini adalah melihat program internship yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara mendalam dan wawancara sistematik. Hasil penelitian ini menunjukan program internship dapat meningkatkan citra positif dari lembaga pendidikan. Citra terbentuk dari ketrampilan hard skill dan soft skill yang dimiliki oleh mahasiswa, dan juga dari tanggung jawab, kreatifitas, kerja secara professional, serta sikap inisiatif yang mengarah pada kepuasan kerja dan akan membentuk loyalitas kepada perusahaan. Citra positif pada program internship nantinya akan  berpengaruh pada peningkatan jumlah mahasiswa yang diterima oleh instansi/lembaga untuk melaksanakan internship di tempat terkait. Citra positif juga berpengaruh kepada kepercayaan dari instansi/lembaga untuk melakukan kerja sama dalam program internship dengan lembaga pendidikan tersebut, serta menawarkan pekerjaan terhadap mahasiswa tersebut setelah lulus.


Keywords


Program internship, lembaga pendidikan, hardskill, dan soft skill

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Ban-dung: Simbiosa Rekatama Media.

Boone, L. E., & Kurtz, D. L. (2007). Pengantar Bisnis Kontemporer 1 (ed. 11). Jakarta: Salemba Empat.

Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. (2008). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 127.

Darmawan, D. (2008). Variabel Semangat Kerja dan Indikator Pengukurannya. Jurnal Kewirausaha-an, 5.

Daryanto, D. (2014). Teori Komunikasi. Malang: Gunung Samudera.

Dedi, H., & Khoiruddin. (2016). Peran Dan Strategi Humas Dalam Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Islam. ANIDA, 319.

Fauzia, R. (2015). Pengaruh Magang Terhadap Per-kembangan Kepribadian Mahasiswa. Electronic Theses Dissertations, 48.

Fuad, N., & Ahmad, G. (2009). Intergrated HRD: Human Resources Develoupment. Jakarta: Kompas Gramedia.

Gregory, A. (2004). Public Relations Dalam Praktik. Jakarta: Erlangga.

Hamidah, S., & Palupi, S. (2012). Peningkatan Soft Skills Tanggung Jawab Dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri. Jurnal Pendidikan Karakter, 144.

Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produkdan Kinerja Bisnis. Jurnal Menejemen dan Kewirausahaan, 82.

Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas : Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs. Jurnal Siasat Bisnis, 5.

Islami, F. A. (2012). Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan PT. Bumiputera Wilayah Semarang). E-Journal UNDIP, 30.

Jumaili, S. (2005). Kepercayaan Terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru Dalam evaluasi Kinerja Individual. Jurnal Simposium Nasional Akun-tansi, 725.

KKBI. (2017, Desember Rabu). Magang. Retrieved from KKBI Online: https://kbbi.web.id/magang

Kiswanto, M. (2010). Pengaruh Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Kaltim Pos Samarinda. JURNAL EKSIS, 2.

Muslih. (2014). Analisis Efektifitas Program Magang Untuk Sinkronisasi Link And Match Perguruan Tinggi Dengan Dunia Industri (Studi Terhadap Program Magang Pada Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). JURNAL MANAJEMEN & BISNIS , 73-74.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara.

Purwaningsih, I. J., Witurachmi, S., & Zoraifi, R. (2017). Soft Skills pada Pelaksanaan Magang Dunia Usaha/Dunia Industri. Jurnal “Tata Arta” UNS, 11-20.

Restuningdiah, N. (2009). Pengaruh Komitmen Profesional terhadap Kepuasan Kerja Akuntan Pendidik melalui Komitmen Organisasional. Jurnal Ekonomo dan Bisnis, 252.

Ruslan, R. (1994). Praktik dan Solusi Public Relations Dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2012). Manajemen Public relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo .

Sari, B. L., Murwaningsih, T., & Susantiningrum. (2014). Studi Kepuasan Pengguna Magang Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Bkk Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi-BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3.

Satriya, D. B., Domai, T., & Suwondo. (2013). Pengembangan Sumberdaya Aparatur Untuk Meningkatkan Kinerja. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 168.

Sawir, A. (2004). Kebijakan pendanaan dan kestruk-turisasi perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pus-taka Utama.

Sehfudin, A. (2011). Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Objektivitas, Integritas, Kompetensi Dan Etika Terhadap Kualitas Audit. E-Journal UNDIP, 32.

Setiani, B. (2013). Kajian Sumber Daya Manusia Dalam Proses Rekrutmen Tenaga Kerja Di Perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 39.

Setiyawan, B., & Waridin. (2006). Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Di Divisi Radiologi RSUP Dokter Kariadi Semarang. JRBI, 181-198.

Sinatra, L., & Darmastuti, R. (2008). Kajian Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah SCRIPTURA, 98.

Soegandhi, V. M., Eddy M. Sutanto, M., & Roy Setiawan, S. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan Pt. Surya Timur Sakti Jatim. AGORA Publication Petra, 3.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2007). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2012). Dasar-dasar Publik Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suharyanti, C., Murtini, W., & Susilowati, T. (2014). Pengaruh Proses Pembelajaran dan Program Kerja Praktik Terhadap Pengembangan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Adminis-trasi Perkantoran, 3.

Sumardiono. (2014). Apa Itu Homeschooling. Jakarta: PT. Gramedia.

Suryana. (2016). Kewirausahaan Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Penerbit Salemba.

Yullyanti, E. (2009). Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 132.

Yuningsih, F. W., Kusmintardjo, & Sunarni. (2015). Membangun Citra Sekolah Dalam Meningkatkan Kerjasama Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri Pada Smk Pgri 3 Malang. Universitas Negri Malang, 6-8.




DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.47-56



The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Scriptura, ISSN: 1978-385X

free web stats
View My Stats