DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.80-88

EFEKTIVITAS IKLAN BRIGHTON DI JAWA POS PADA MASYARAKAT SURABAYA

Geraldina Kumala, Felicia Goenawan, Vita Monica

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas iklan Brighton pada masyarakat Surabaya. Brighton sebagai salah satu perusahaan agen properti terkemuka di Surabaya, memasang iklan pada Iklan Jitu Jawa Pos sejak tahun 2011. Iklan tersebut adalah iklan kartu nama agen Brighton dan iklan daftar properti Brighton. Efektivitas kedua iklan ini diukur dengan metode Customer Response Index (CRI). Untuk mengetahui bagaimana efektivitas kedua iklan tersebut, peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif, dan menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner. Iklan dikatakan efektif jika memenuhi tahapan komunikasi dan tujuan perusahaan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa baik iklan kartu nama agen maupun iklan daftar properti efektif

Keywords


Efektivitas Iklan, Brighton, Customer Response Index, Agen Properti, Iklan Surat Kabar

Full Text:

PDF

References


Best, Roger J. (2013). Market Based Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Widjaja, Anton Wachidin., & Supratikno, Hendrawan. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif: Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy,. Onong Uchjana, MA. (2002). Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Ban-dung: Remaja Rosdakarya.

Fill, Chris. (2005). Marketing Communcation: Context, Content, and Strategies 4th ed. London: Prentice Hall.

Fraenkel, J.R & Wallen, N.E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: Mc Graw Hill.

Hurlock, Elizabeth. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Jawapos.com. (2017). Properti Baru dan Bekas Sama-Sama Tumbuh. Retrieved: http://www.jawapos. com/read/2017/01/21/103889/properti-baru-dan-bekas-sama-sama-tumbuh.

Jawapos.com. (2017). Tahun Ini, Sektor Properti Diperkirakan Mulai Bangkit. Retrieved: http://www.jawapos.com/read/2017/02/10/108697/tahun-ini-sektor-properti-diperkirakan-mulai-bangkit.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kompas.com. (2017). Belanja Iklan di Media pada 2016 Capai Rp 134,8 Triliun. Retrieved: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/02/01/201241826/belan ja.iklan.di.m edia.pada. 2016.capai.rp.134.8.triliun.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management 13th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Lane, W. Ronald, & Russel, J. Thomas. (2001). Advertising: A Framework. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Siagian, Sondang P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Silalahi, Dr. Ulber, MA. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Singarimbun, Masri, Effendi, Sofian. (2008). Metode Penelitian Survei: Edisi Revisi. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tuckwell, Keith J. (2008). Integrated Marketing Communication: Strategic Planning Perspective. Second Edition. USA: Pearso Pretice Hall.

Utama, Sandy S., Andadari, Ross K., & Matrutty, Eko S. (2009). Efektivitas Iklan Televisi Partai Gerindra berdasarkan Metode customer Res-ponse Index (CRI), di Salatiga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis vol. XV no. 1 Maret 2009. P.89-102

Wells, William., Burnett, John., Moriarty, Sandra. (2000). Advertising: Principles and Practice. Fifth Edition. Prentice Hall.

Yuwono, Revica Febi. 2014. Efektivitas Iklan Jaya-nata di Surat Kabar Jawa Pos Terhadap Masya-rakat Surabaya. Jurnal E-Komunikasi. Vol 2 No 1. http://download.portalgaruda.org/article.php? article=194885&val=6518&title=EFEKTIVITAS%20IKLAN%20JAYANATA%20DI%20SURAT%20KABAR%20JAWA%20POS%20TERHADAP%20MASYARAKAT%20SURABAYA (Diakses 6 Maret 2017).




DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.80-88



The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Scriptura, ISSN: 1978-385X

free web stats
View My Stats