REPRESENTASI ORIENTALISME DALAM VIDEO MUSIK THIRTY SECONDS TO MARS FROM YESTERDAY
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.8.1.7-13Keywords:
Representasi, Orientalisme, Video Musik, SemiotikaAbstract
From Yesterday merupakan video musik milik grup band asal Amerika, Thirty Seconds to Mars. Video musik ini merupakan video musik dari Amerika pertama yang melakukan proses shooting di hadapan rakyat Republik Cina dan mengambil lokasi di Forbidden City. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana orientalisme digambarkan dalam video musik “From Yesterday”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika John Fiske dengan 3 level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan tanda dan lambang dalam video musik tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa bangsa Timur digambarkan sebagai sosok yang inferior dalam video musik ini. Hal tersebut terlihat dari bagaimana tanda dan lambang yang ada dalam video menunjukkan adanya pertanda: 1) Dominasi Barat terhadap Timur, 2) Stereotype Timur dari pandangan Barat yang semakin dikokohkan, dan 3) Pengabaian sejarah dari budaya-budaya Timur yang ada. Ideologi yang ditemukan peneliti dalam penelitian ini adalah ideologi rasReferences
Fiske, John. (1987). Television Culture: Popular Pleasure and Politics. New York: Metheun & Co. Ltd.
Hernandez, H. R., & Steen, S. (2006). AfroAsian Encounters. New York: NYU Press.
Leahey, A. (2013, Mei 18). Biography. Retrieved from All Music: http://www.allmusic.com/artist/ thirty-seconds-to-mars-mn0000485365/biography
Park, Jane Chi Hyun. (2010). Yellow Future: Oriental Style in Hollywood Cinema.
Said, E. W. (1978). Orientalism. New York: Vintage Book.
Silalahi, G.A. (2003). Metodologi Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo: Citra Media.
Sobur, Alex. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.