STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA DI KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Prabawati Yusandra Maudyakasih Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Reni Nuraeni Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.8.1.14-21

Keywords:

Strategi Komunikasi, Pariwisata, Perencanaan Komunikasi

Abstract

Kabupaten Banyumas memiliki banyak potensi wisata untuk dibangun dan dikembangkan menjadi daerah wisata dan festival kebudayaan. Untuk itu diperlukan strategi komunikasi untuk merencanakan dan manajemen komunikasi agar masyarakat datang berwisata ke Kabupaten Banyumas. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi dalam meningkatkan pariwisata di Kabupaten Banyumas. Objek penelitian dilakukan pada DINPORABUDPAR Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan model strategi komunikasi menurut Cangara. Paradigma penelitian yang digunakan merupakan paradigma konstruktivis.  Hasil penelitian menemukan bahwa DINPORABUDPAR Kabupaten Banyumas mencari fakta mengenai lingkungan atau latar belakang masyarakat kemudian melakukan riset bedasarkan teori-teori yang ada; membentuk tim PPID dan mengikutsertakan para Blogger lokal untuk ikut mempromosikan wisata yang ada melalui media online; memposting konten mengenai wisata yang ada di Kabupaten Banyumas; mengukur jumlah wisatawan yang datang disetiap objek wisata dan event; setiap objek wisata memberikan laporan untuk dilakukan perekapan data untuk laporan jumlah wisatawan di setiap tahunnya

References

Alo Liliweri. (2011). Komunikasi serba ada serba makna. Kencana: Jakarta

Ardianto, Elvinaro, & Bambang, Q-Anees. (2009). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Effendi, Onong Uchjana. (2000). Ilmu Teori & Filsafat Komunikasi, PT Citra Aditya Bakti, Bandung

Effendi, Onong Uchjana. (2002). Dinamika Komuni-kasi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti, Bandung

Effendy, Onong Uchjana. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Fajar, Marhaeni. (2009). Ilmu Komunikasi Teori & Praktek Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Greenley, Gordon E. (2006). Perceptions of Marketing Strategy and Strategic Marketing in UK companies. Volume 1, 1993 - Issue 3.

Hallahan, Kirk, Holtzhausen, Derina, van Ruler B., dkk. (2007). Defining Strategic Communication, International Journal Of Strategic Communi-cation, 1(1), 3-35.

Invernizzi, Emanuele & Romenti, Stefania. (2011). Strategic Communication and Decision-Making Processes Toward the Communication Oriented Organisation. Academicus International Scientific Journal, issue 3, 12-27.

Mahrik, Ardilla. (2016). Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan Dan Kepariwisataan Dalam Meningkatkan Kunjung-an Wisatawan Di Kabupaten Sinjai. Skripsi pada Universitas Hasanuddin Makassar: tidak di-publikasikan.

Marpaung, Beny OY. (2016). Communication Stra-tegy Planning of Fisherman Kampung Medan Belawan as a Tourist Destination. Procedia - Social and Behavioral Sciences Volume 234, Pages 344-352.

Meilisa, V.F. Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata, Kepemudaandan Olahraga, Dan Kebudayaan Kabupaten Indragirhilir Dalam Menarik Minat Pengunjung Objek Wisata

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kuali-tatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mukarom, Zainal dan Muhibudin Wijaya Laksana. (2015). Manajemen Public Relation. Bandung: Pustaka Setia

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya: Bandung Pantai Solop. JOM FISIP. Vol. 5 No. 1.

Pujileksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Intrans Publishing.

Ratnasari, Y.D. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pantai Tirta Samudra. eJournal Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualittatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tandungan, Y.N. (2016). Strategi Komunikasi Pema-saran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabu-paten Tana Toraja Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Tana Toraja. Skripsi pada Universitas Hasanuddin Makassar: tidak dipublikasikan.

Tiono, Pras. (2015). Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Dalam Mempromosikan Objek Wisata Pulau Jemur Di Rokan Hilir. JOM FISIP Volume 2.

Ulfatin, Nurul. (2013). Teori Penelitian Kualitatif di Bidang Pandidikan: Teori dan Aplikasinya. Bayumeda Publishing: Malang.

Wulanningsih, I. S. (2017). Strategi Komunikasi Pe-masaran Dinas Pariwisata Provinsi Riau Dalam Meningkatkan Wisata Melalui Ajang Bujang Dara. Skripsi pada Universitas Telkom Bandung: tidak dipublikasikan.

Yoeti, Oka. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Ban-dung: CV Angkasa.

Yuliani. (2013). Strategi Komunikasi Dinas Kebudaya-an Pariwisata Dan Kominfo (Disbudpar) Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Desa Pampang Kota Samarinda . eJournal llmu Komunikasi, 2013, 1 (3): 450-464.

Zahro, D.F (2012). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Desa Wisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Skripsi pada Universitas Islam Nusantara Sunan Kalijaga Yogyakarta: tidak dipublikasikan.

Downloads

Published

2019-01-16

How to Cite

Maudyakasih, P. Y., & Nuraeni, R. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA DI KABUPATEN BANYUMAS. Scriptura, 8(1), 14-21. https://doi.org/10.9744/scriptura.8.1.14-21

Issue

Section

Articles