PENGARUH CAUSE RELATED MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND TRUST PADA BIRO TRAVEL ONLINE

Authors

  • Surra Man Ra Ani London School of Public Relations – Jakarta

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.8.1.22-29

Keywords:

Travel online, cause related marketing, brand image, brand trust

Abstract

Penggunaan media online yang semakin meningkat membuat biro travel beralih menjadi biro travel online dengan menggunakan media online sebagai media pemasaran. Salah satu biro travel online yang diteliti dalam penelitian ini adalah biro travel online ranijourney.com yang menggunakan cause related marketing sebagai metode pemasaran paket wisata yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh cause related marketing terhadap brand image dan brand trust pada biro travel online ranijourney.com. Teori yang digunakan adalah Social Judgement Theory dengan konsep Cause Related Marketing, Brand, Brand Image dan Brand Trust. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi dan analisis jalur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 orang yang telah mengikuti program “Journey For The Hope” ranijourney.com tahun 2017. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh cause related marketing terhadap brand image, cause related marketing terhadap brand trust, brand image terhadap brand trust dan cause related marketing terhadap brand trust melalui brand image pada sebuah biro travel online

References

Ananda, L., D. (2017). Dinamika trust pada pemasaran online di media sosial. Jurnal Komunikasi Indonesia, 5(1), 14-25.

Darmawan, D. (2016). Metodologi penelitian kuanti-tatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Data kunjungan wisatawan mencanegara bulan okto-ber 2017. Diakses pada Oktober 20, 2017, dari website Kementerian Pariwisata: ttp://www. ke-menpar.go.id/image/contenttransaction/3504.png

Griffin, E. M. (2006). A first look at communication theory. Singapore: The McGraw Hill Companies.

Hannantyas, A. A., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). The role of cause-related marketing on multinational corporate reputation, brand image, and purchase intention in indonesia and thailand (study case on the body shop against animaltesting campaign). Jurnal Administrasi Bisnis, 33(2), 11-17.

Jumlah pengguna internet tahun 2014 dan 2016. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia: survei@apjii.co.id.

Littlejohn, S. W. (2002). Theories of human com-munication. USA: Thomson Learning.

Malhotra, N. K. (2009). Riset pemasaran. Jakarta: Indeks.

Mamahit, P., Soegoto, S. S., Tumbuan, W. A. (2015). Pengaruh brand image, brand trust, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil toyota all new yaris pad apt. hasjrat abadi manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 777-787.

Muhidin, S., & Abdurahman, M. (2007). Analisis korelasi, regresi dan jalur dalam penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Ouwersloot, H., & Tudorica, A. (2001). Brand per-sonality creation through advertising dalam Maxx Working Paper 2001-01. February 2nd 2001.

Ranking devisa pariwisata terhadap 5 ekspor barang terbesar tahun 2012–2015. Diakses pada Desem-ber 25, 2017, dari website Kementerian Pariwisata: http://www.kemenpar.go.id/user-files/devisa2011-2015.pdf

Rosales, R., G. (2006). The elements of online jour-nalism. USA: iUniverse.

Ross, J. K., Stutts, M. A., & Patterson, L. (2011). Tactical consideration for the effective use of cause-related marketing. The Journal of Applied Business Reasearch, 7(2), 58-65.

Widiastuti, T. (2017). Analisis elaboration likelihood model dalam pembentukan personal branding ridwan kamil di twitter. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 588-603.

Yechiam, E., Barron, G., Erev, I., & Erez, M. (2002). On the robustness and the direction of the effect of cause-related marketing. Journal of Consumer Behaviour, 2(4), 320-330.

Downloads

Published

2019-01-16

How to Cite

Ani, S. M. R. (2019). PENGARUH CAUSE RELATED MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND TRUST PADA BIRO TRAVEL ONLINE. Scriptura, 8(1), 22-29. https://doi.org/10.9744/scriptura.8.1.22-29

Issue

Section

Articles