PEGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERKAIT MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI YOUTUBE DAN CULTURAL INTELLIGENCE TERHADAP MINAT BERKARIER MAHASISWA UNTUK BEKERJA DI LUAR NEGERI

Authors

  • Sekar Dewanti Wiryaning Saputri LSPR Jakarta
  • Elke Alexandrina LSPR Jakarta

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.8.2.49-55

Keywords:

Masyarakat Ekonomi ASEAN, Iklan Layanan Masyarakat, Cultural Intelligence, Minat, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan layanan masyarakat terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN di Youtube dan cultural intelligence terhadap minat berkarier mahasiswa untuk bekerja di luar negeri. Konsep yang digunakan adalah dimensi periklanan,  cultural  intelligence,  dan  minat. Metode  penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi  penelitian  ini  adalah  mahasiswa  Universitas  Trisakti  Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Data dalam penelitian  ini  diolah  menggunakan  Partial  Least  Square  (PLS)  dengan  program aplikasi  smartPLS  3.0.  Dari  hasil  penelitian  ini  diketahui  bahwa  iklan  tidak berpengaruh  terhadap  minat,  cultural  intelligence  berpengaruh  terhadap  minat, sedangkan  kontribusi  dari  iklan  layanan  masyarakat  terkait  Masyarakat  Ekonomi ASEAN di Youtube dan Cultural Intelligence  terhadap Minat berkarier mahasiswa untuk bekerja di luar negeri adalah sebesar 66% dan 34% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang didapat dari hasil penelitian ini untuk penelitian serupa yang akan datang  adalah  penelitian  faktor-faktor  lain  berupa  efektivitas  iklan,  penggunaan animasi pada iklan atau penggunakan musik pada iklan

References

Dit. Kerja Sama Ekonomi ASEAN. (2015, Desem-ber). Masyarakat ASEAN: Maju Bersama Masyarakat ASEAN, Edisi 10. ISSN 2460-1683. Diperoleh dari: https://www.kemlu.go.id/ Majalah/ASEAN%20Edisi%2010.pdf.

Dyne, V. L., Ang, S., and Tan, M., L. (2017). Hand-book of Cultural Intelligence – Management –Oxford Bibliographies. New York: Sharpe.

Friedrich Elbert Stiftung. (2014, Desember 16). Video masyarakat ekonomi ASEAN: Pertumbuhan ekonomi yang menguntungkan semua pekerja [Video file]. Diperoleh dari https://www.you-tube.com/watch?v=0Ri1uuVto3k

Ghozali, Imam dan Latan (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0, Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis riset Komuni-kasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Logan, R. K. (2010). Understanding New Media Extending Marshall McLuhan. New York: Peter Lang Publishing.

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 2015. [n.d]. Diperoleh pada 29 Januari 2018, dari website Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia: https://www.kemlu.go.id/id/kebijakan/asean/Pages/Masyarakat-Ekonomi-ASEAN-(MEA).aspx.

Norah, M. (2011). Cultural Intelligence: Developing Students Who Can Act Local and Think Global. Wace 17th World Conference of Cooperative & Work Integrated Education Drexel University, Philadelphia. ISSN 2152-0518. Diperoleh dari http://www.waceinc.org/philly2011/conference_proceedings/Refereed%20Papers/Canada/NORAHM~1.PDF.

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Popu-ler. Jakarta: Raja Grafindo

Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yog¬ya-karta (ID): Andi Offset.

Sehl, A., Cornia, A., and Nielsen, R. K. (n.d). Public Service News and Digital Project 2016. Publi-shed by the Reuters Institute for the Study of Journalism with the support of Google and the Digital News Initiative. Diperoleh dari http://www.waceinc.org/philly2011/conference_proceedings/Refereed%20Papers/Canada/NORAHM~1.PDF.

Severin, W., and Tankard, J. (2011). Comminication Theories: Origins, Methods, and Uses in the Mass Media. New York: Pearson.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-06-13

How to Cite

Saputri, S. D. W., & Alexandrina, E. (2019). PEGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERKAIT MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI YOUTUBE DAN CULTURAL INTELLIGENCE TERHADAP MINAT BERKARIER MAHASISWA UNTUK BEKERJA DI LUAR NEGERI. Scriptura, 8(2), 49-55. https://doi.org/10.9744/scriptura.8.2.49-55