PEGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERKAIT MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI YOUTUBE DAN CULTURAL INTELLIGENCE TERHADAP MINAT BERKARIER MAHASISWA UNTUK BEKERJA DI LUAR NEGERI
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.8.2.49-55Keywords:
Masyarakat Ekonomi ASEAN, Iklan Layanan Masyarakat, Cultural Intelligence, Minat, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan layanan masyarakat terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN di Youtube dan cultural intelligence terhadap minat berkarier mahasiswa untuk bekerja di luar negeri. Konsep yang digunakan adalah dimensi periklanan, cultural intelligence, dan minat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Trisakti Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan program aplikasi smartPLS 3.0. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa iklan tidak berpengaruh terhadap minat, cultural intelligence berpengaruh terhadap minat, sedangkan kontribusi dari iklan layanan masyarakat terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN di Youtube dan Cultural Intelligence terhadap Minat berkarier mahasiswa untuk bekerja di luar negeri adalah sebesar 66% dan 34% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang didapat dari hasil penelitian ini untuk penelitian serupa yang akan datang adalah penelitian faktor-faktor lain berupa efektivitas iklan, penggunaan animasi pada iklan atau penggunakan musik pada iklanReferences
Dit. Kerja Sama Ekonomi ASEAN. (2015, Desem-ber). Masyarakat ASEAN: Maju Bersama Masyarakat ASEAN, Edisi 10. ISSN 2460-1683. Diperoleh dari: https://www.kemlu.go.id/ Majalah/ASEAN%20Edisi%2010.pdf.
Dyne, V. L., Ang, S., and Tan, M., L. (2017). Hand-book of Cultural Intelligence – Management –Oxford Bibliographies. New York: Sharpe.
Friedrich Elbert Stiftung. (2014, Desember 16). Video masyarakat ekonomi ASEAN: Pertumbuhan ekonomi yang menguntungkan semua pekerja [Video file]. Diperoleh dari https://www.you-tube.com/watch?v=0Ri1uuVto3k
Ghozali, Imam dan Latan (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0, Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis riset Komuni-kasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Logan, R. K. (2010). Understanding New Media Extending Marshall McLuhan. New York: Peter Lang Publishing.
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 2015. [n.d]. Diperoleh pada 29 Januari 2018, dari website Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia: https://www.kemlu.go.id/id/kebijakan/asean/Pages/Masyarakat-Ekonomi-ASEAN-(MEA).aspx.
Norah, M. (2011). Cultural Intelligence: Developing Students Who Can Act Local and Think Global. Wace 17th World Conference of Cooperative & Work Integrated Education Drexel University, Philadelphia. ISSN 2152-0518. Diperoleh dari http://www.waceinc.org/philly2011/conference_proceedings/Refereed%20Papers/Canada/NORAHM~1.PDF.
Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Popu-ler. Jakarta: Raja Grafindo
Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yog¬ya-karta (ID): Andi Offset.
Sehl, A., Cornia, A., and Nielsen, R. K. (n.d). Public Service News and Digital Project 2016. Publi-shed by the Reuters Institute for the Study of Journalism with the support of Google and the Digital News Initiative. Diperoleh dari http://www.waceinc.org/philly2011/conference_proceedings/Refereed%20Papers/Canada/NORAHM~1.PDF.
Severin, W., and Tankard, J. (2011). Comminication Theories: Origins, Methods, and Uses in the Mass Media. New York: Pearson.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.