PENGARUH MEDIA SOSIAL BIGO LIVE DAN KEPUASAN DIRI TERHADAP AKTUALISASI DIRI PADA HOST OFFICIAL BIGO LIVE DI JABODETABEK

Authors

  • Herlan Lasmana Program Studi Ilmu Komunikasi, The London School of Public Relations Jakarta
  • Lutfiah Arista Program Studi Ilmu Komunikasi, The London School of Public Relations Jakarta

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.8.2.64-74

Keywords:

Media Sosial, Kepuasan Diri, Aktualisasi Diri, Bigo Live, Model Komunikasi SMCR

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh media sosial Bigo Live dan kepuasan diri terhadap aktualisasi diri. Kehadiran media sosial Bigo Live di kalangan masyarakat menjadi suatu fenomena yang banyak diperbincangkan. Munculnya beberapa motif para host Bigo Live Indonesia dalam menggunakan dan mencari sebuah kepuasan diri terhadap penggunaan aplikasi tersebut, membuat peneliti ingin mengetahui seberapa banyak pengaruh antara penggunaan media sosial Bigo Live dan Kepuasan diri terhadap pembentukan aktualisasi diri para host Bigo Live Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh langsung masing-masing variabel media sosial Bigo Live dan kepuasan diri terhadap aktualisasi diri, serta menguji pengaruh media sosial Bigo Live bila dikombinasikan dengan kepuasan diri terhadap aktualisasi diri. Teori utama dalam penelitian ini adalah teori model komunikasi SMCR yang dikembangkan oleh David K. Berlo. Model komunikasi Berlo yang dikenal dengan model SMCR yaitu kepanjangan dari Source (sumber), Message (pesan), Channel (Saluran), dan Receiver (penerima). Peneliti ini mengunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Sampel dalam penelitian ini adalah Host Official Bigo Live Indonesia yang berdomisili di JABODETABEK yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Apabila melihat pada hasil analisis data melalui analisis jalur, ditemukan bahwa terdapat pengaruh langsung dari masing-masing variabel media sosial Bigo Live dan kepuasan diri terhadap aktualisasi diri. Dengan demikian dapat dikatakan variabel media sosial Bigo Live tidak perlu melalui variabel kepuasan diri terlebih dahulu untuk mempengaruhi aktualisasi diri para Host Official Bigo Live, begitu pula sebaliknya. Gabungan dari kedua variabel memiliki pengaruh lebih besar terhadap aktualisasi diri daripada pengaruh langsung dari masing-masing variabel. Hasil regresi linier berganda membuktikan bahwa kepuasan diri mempunyai pengaruh lebih besar daripada media sosial Bigo Live dan hubungan antara media sosial Bigo Live dengan aktualisasi diri melemah atau hilang jika dimasukan variabel kepuasan diri

References

Afrian, M, M. (2015, Agustus, 20). Adakah Media Komunikasi Secanggih “Live Streaming Show?. Di peroleh dari website: http://tekno.kompas. com/read/2015/08/20/11330017/Adakah.Media.Komunikasi.Secanggih.Live.Streaming.Show

Effendy, O.U. (2003). Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi I. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hambali, A dan Jaenudin, U. (2013). Psikologi kepribadian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hatriani, J. (2016, Januari, 13). Pengguna Internet Indonesia Terbanyak Keempat di Asia. Diper-oleh dari website:http://katadata.co.id/grafik/ 2016/01/13/indonesia-peringkat-4-pengguna-internet-asia

Hersinta & Soepomo, V. (2011). Communicare Journal of Communication Studies. Aktualisasi diri dalam mengkomunikasikan meaning of suffer-ing pada ibu dengan anak penyandang autis. 5 (1), 6-7. Retrieved from file:///C:/Users/User/ Down¬loads/11-32-1-PB.pdf

Kriyantono, R. (2014).Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Littlejohn, S. W. & Foss, K. A. (2009). Teori Komu-nikasi (Theories of Human Communication) Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Manua, L. (2016, Desember, 7). Live, Medsos Ber-basis Siaran Langsung Kian Digemari. Diper¬oleh dari website http://www.bagitu.com/2016/ 12/07/bigo-live-media-sosial-berbasis-penyiaran-langsung-ini-kian-memikat-banyak-pengguna-indonesia/

Mulyana, D. (2009). Ilmu Komunikasi Suatu Peng-antar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Officer BIGO Live Indonesia. (2016). Recruitment BIGO Live Indonesia. Jakarta: BIGO Live Indonesia.

Pradiatiningtyas, D. (2016). Jurnal Khasanah Ilmu. Peran Instagram Dalam Menarik Minat Wisata-wan Berkunjung Ke Objek Wisata Yogyakarta. 2 (7), 1-8. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac. id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/705

Prasetyo, B. dan Jannah, M, L. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rasul, J. (2008). Teknologi Dan Informasi 2. Diakses dari: https://books.google.co.id/books?id=sxDlmi TcWkYC&pg=PR11&dq=komunikasi+internet&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiXsvP8q__PAhWMRI8KHTKgDCoQ6AEIKDAA#v=onepage&q=komunikasi%20internet&f=false.

Rilisiana. (2016, Juli, 12). Hadir Di Indonesia – Bigo Live, A Live Video Streaming Social Network. Di peroleh dari website:http://www.rilisiana. com/hadir-di-indonesia-bigo-live-a-live-video-streaming-social-network/

Robbins, S.P., dan Coulter, M. (2010). Manajemen (Edisi Kesepuluh). Jakarta: Erlangga.

Safko, L & Brake D.K (2009). The Social Media Bible. New Jersey: Tactics, Tools, & Strategies For Business Succes. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group

Sugiyarto. (2016, Agustus, 27). Mengapa Wanita Rela Umbar Aurat Di Bigo Live Ternyata Ini Imbalannya. Di akses dari: http://www.tribun-news.com/lifestyle/2016/08/27/mengapa-wanita-rela-umbar-aurat-di-bigo-live-ternyata-ini-imbalannya

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kua¬li-tatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Telengkeng, H. (2014). Jurnal E-Komunikasi. Motif Penonton Perempuan Surabaya dalam Menonton Program Televisi “On The Spot” di Trans 72(3), 1-8. Retrived from http://id.portalgaruda. org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=358310

Thurlow, C., Lengel, L., & Tomic, A. (2007). Com-puter Mediated Communication: Social Interac-tion and The Internet. London: SAGE Publication Ltd

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2005). Service, Quality, Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset

Windratie. (2015, Agustus 7). Selfie Di Media Sosial Mau Narsis Atau Eksis?. Di peroleh dari website: http://www.cnnindonesia.com/gayahidup/ 20150107115000-255-22916/selfie-di-media-sosial-mau-narsis-atau-eksis/

West, R dan Turner, L.H, (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3, Jakar¬ta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2019-06-13

How to Cite

Lasmana, H., & Arista, L. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL BIGO LIVE DAN KEPUASAN DIRI TERHADAP AKTUALISASI DIRI PADA HOST OFFICIAL BIGO LIVE DI JABODETABEK. Scriptura, 8(2), 64-74. https://doi.org/10.9744/scriptura.8.2.64-74