STRATEGI IMC DALAM MEMPROMOSIKAN PROGRAM INTERNASIONAL (Studi kasus di Universitas Kristen Satya Wacana – Salatiga)

Authors

  • William Christianto Setiawan Program Studi Public Relations, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana - Salatiga
  • Lina Sinatra Wijaya Program Studi Public Relations, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana - Salatiga

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.1-14

Keywords:

program internasional, IMC, segmentasi psikografis.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi Integrated Marketing Communication (IMC) yang digunakan oleh Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dalam menginformasikan sekaligus mempromosikan program internasionalnya kepada mahasiswa UKSW. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa segmentasi psikografis dengan melihat motivasi, gaya hidup, dan karakteristik kepribadian terhadap target sasaran dilaksanakan terlebih dahulu sebelum menentukan strategi IMC. Penggunaan kata kata “internasional”, “cultural exchange”, “higher education” dan “beasiswa” digunakan dalam mempromosikan program internasional ini, khususnya dalam pembuatan iklan, sales promotion, humas dan publisitas, personal selling, direct marketing, serta acara dan pengalaman.

Author Biography

William Christianto Setiawan, Program Studi Public Relations, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana - Salatiga

Program Studi Public Relations

References

Adriza. (2015). Membangun Citra Lembaga Perguruan Tinggi yang Berbasis Vokasi. Yogyakarta: Deepublish.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Ardianto, E. (2009). Public Relations Praktis. Bandung: Widya Padjajaran.

Cannon, Perreault, & McCarthy. (2009). Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Danandjaja. (2011). Peranan Humas Dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Davies, B., & Ellison, L. (1999). Strategic Direction and Development of the School. London: Routledge.

Dzilqarnain, H. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Universitas Muhammadiyah Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/28833/1/Hamzah Dzilqarnain_09101241023.pdf

Guze, B., & Siegel, D. (1997). The Handbook of Psychiatry. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus - Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Irianto, A. (2005). Born to Win Kunci Sukses yang Tak Pernah Gagal. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Istijanto. (2013). 63 Kasus Pemasaran Terkini Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kasilo, D. (2010). Komunikasi Cinta: Menembus G-Spot Konsumen Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods : Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia di Semarang. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–84. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/49/54

Kusuma, Y. (2009). Trik Paten Poster Keren. Jakarta: PT Grasindo.

Ma’ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Madjadikara, A. S. (2005). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan: Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan (Copywriting). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: ALFABETA.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mufarrih, Z. (2015). Periklanan Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Buku Litera.

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rachmanto, R. (2017). 9 Langkah Praktis Membuat Website Gratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Royan, F. M. (2007). Smart Launching New Product: Strategi Jitu Memasarkan Produk Baru Agar Meledak di Pasar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: PRENADAMEDIA Group.

Shimp, T. A. (2000). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (5th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran : Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global. Jakarta: PRENADAMEDIA Group.

Tjahyono, N. (2014). Strategi Marketing Communications Grand City Mall Surabaya Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Event Earth Hour 2013. Jurnal E- Komunikasi, 2(1), 1. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/77760-ID-strategi-marketing-communications-grand.pdf

Triadi, D., & Bharata, A. S. (2010). Ayo Bikin Iklan : Memahami Teori dan Praktek Iklan Lini Bawah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Uyung, S. (2003). Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara Group.

Wiko. (2010). Indonesia Menentukan Nasib dari Reformasi ke Transformasi Kelembagaan. Jakarta: PT Kompas Media Utama.

Zende, K. (2019). Branding on the Go. Chennai: Notion Press.

Downloads

Published

2020-07-06

How to Cite

Setiawan, W. C., & Wijaya, L. S. (2020). STRATEGI IMC DALAM MEMPROMOSIKAN PROGRAM INTERNASIONAL (Studi kasus di Universitas Kristen Satya Wacana – Salatiga). Scriptura, 10(1), 1-14. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.1-14

Issue

Section

Articles