PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA YOUTUBE CHANNEL “GADGETIN” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GADGET

Authors

  • Nurul Aini Gunadarma University
  • Sendi Eka Nanda Fakultas Ilmu Komunikasi Gunadarma, Jl. Margonda Raya No. 100, Depok 16424, Jawa Barat

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.9.2.43-50

Keywords:

Kualitas Informasi, Keputusan Pembelian, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Abstract

This study aims to determine how much influence the quality of information and the fulfillment of information needs on Youtube channel gadget GadgetIn on purchasing decisions. This type of research uses descriptive quantitative method. Mechanical withdrawal sampling using purposive sampling technique. Uses and gratification theory is used as the theoretical foundation of this research. Methods of data collection using the questionnaire in the spread on 400 respondents who fit the criteria that researchers Youtube channel GadgetIn subscribers aged 20-25 years. Based on the research quality of information (X1) on purchasing decisions gadget (Y) has the effect of 18.1%, the results of research on meeting the needs of information on Youtube channel GadgetIn (X2) on purchasing decisions gadget (Y) has the effect of 26%, simultaneously the quality of information and the fulfillment of the Youtube channel GadgetIn information on purchasing decisions gadget has an influence 28.5%. The result of determination coefficient of 28.5%, which means fulfillment on Youtube channel information GadgetIn affected the quality of information, while the remaining 71.5% influenced by other factors.

References

Abadi, R. (2014, Mei 2). Gadget Antara Kebutuhan dan Gaya Hidup. Dikutip dari 20 April 2019 dari Kreditgogo.com: https://kreditgogo.com/ artikel/Teknologi/Gadget-Antara-Kebutuhan-dan-Gaya-Hidup.html.

Adib, M. (2011). Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistomologi, Aksiologi dan Logika Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Amstrong, P. K. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Annisa, D. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman 2015-2017. eJournal Administrasi Bisnis, 2019, 7(1), 248-261.

Annisa, D. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman 2015-2017. eJournal Administrasi Bisnis, 2019, 7(1), 248-261.

Ardianto, E. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Berger, C. R. (2015). Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Nusa Media.

Burhanudin. (2015). Pengaruh Media Sosial Twitter @Lowekerpku Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Lowongan Kerja Bagi Followers. Jom FISIP, Volume 2, No. 2.

Cangara, H. H. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Dior Trianda, A. I. (2017). Pengaruh Terpaan Fitur Line Today Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung. e-Proceeding of Management, Vol.4, No.2, Page 1970.

Ellison, D. B. (2019, Juli 23). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication. Retrieved from jcmc.indiana.edu: http://jcmc.indiana.edu/ vol13/issue/boyd.ellison.html.

Fuady, H. K. (2018). Hubungan antara Tayangan Youtube “Female Daily Network” dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Netizen. Volume 4, No. 2, Tahun 2018.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

HS, L. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Indah, H. A. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, Vol. XVI, No. 1.

Jogiyanto. (2009). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Katadata. (2015). Proyeksi Pengguna Smartphone di Asia Tenggara. Dikutip dari 31 Maret 2019 dari Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/ datapublish/2016/08/08/proyeksi-pengguna-smartphone-di-asia-tenggara-2016-2019.

Katadata. (2019, Maret 6). Proyeksi Pengguna Smartphone di Asia Tenggara. Dikutip dari 10 April 2019 dari Katadata.co.id. Youtube Medsos No 1 di Indonesia. Dikutip Katadata.co.id: https://kata-data.co.id/infografik/2019/03/06/Youtube-med¬sos-no-1-di-indonesia.

Keller, P. K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Jakarta.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komuni-kasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Madiawati, P. A. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Situs www.traveloka. com. e-Proceeding of Managezent, Vol.3, No.2, Page 1880.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyanto. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Muslim, A. (2019, Januari 4). Pengguna Internet Tembus 175 Juta. Dikutip 6 April 2019 dari id.beritasatu.com: https://id.beritasatu.com/ home/2019-pengguna-internet-tembus-175-juta/184148.

Narimawati, U. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Ban-dung: Agung Media.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nicholas, D. (2000). Assesing Information needs: tools, techniques and concepts for the internet age. London: Aslib, 2nd ed.

Nurudin. (2015). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Putra, Y. M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Tugas Akhir (Survei Terhadap Follo-wers @TA_FEB). e-Proceeding of Manage¬ment, Vol.2, Page 148.

Rakhmat, J. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rijallahudin, R. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Layanan Aplikasi Digital Google Play dalam Smartphone Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa. Jurnal Komunikatio, Volume 2, Nomor 2, 135.

Shimp, T. (2003). Periklanan dan Promosi. Jakarta: Erlangga.

Siregar, S. (2013). Metode Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sopiah, E. S. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertasi Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Studinews. (2017, November 2). Pengertian Informasi Menurut Para Ahli. Dikutip 28 April 2019 dari Studinews.com: https://www.studinews.co. id/2017/11/pengertian-informasi-menurut-para-ahli.html.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Tri Harnoto, Y. B. (2018). Keputusan Pembelian Smartphone oleh Mahasiswa: Kelompok Acuan atau Gaya Hidup. MODUS, 30(2), pp. 181-197

Wati, Y. E. (2017). Pengaruh Terpaan Iklan Mie Sedap di Televisi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Mie Sedap. Social Humanity:Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Volume 1, No. 1, pp. 24-31.

Wulandari, D. (2018, Agustus 3). Karakteristik Pengguna Youtube di Indonesia. Dikutip dari 31 Maret 2019 dari Mix.co.id: https://mix.co.id/ marcomm/news-trend/karakteristik-pengguna-Youtube-di-indonesia

Yordan, J. (2018, Mei 5). Jumlah Pengguna Youtube Perbulan Capai 1.8 Milliar. Dikutip 31 Maret 2019 dari Kumparan.com: https://kumparan. com/@kumparantech/jumlah-pengguna-Youtube-per-bulan-capai-1-8-milliar

Zebua, F. (2018, Maret 13). Smartphone Buying Decision Survey. Dikutip 31 Maret 2019 dari Dailysocial.id: https://dailysocial.id/report/post/ smartphone-buying-decision-survey-2018.

Downloads

Published

2020-04-07

How to Cite

Aini, N., & Nanda, S. E. (2020). PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA YOUTUBE CHANNEL “GADGETIN” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GADGET. Scriptura, 9(2), 43-50. https://doi.org/10.9744/scriptura.9.2.43-50