DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.53-59

PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO YOUTUBE DAN KREDIBILITAS BEAUTY VLOGGER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Channel Youtube Suhay Salim Video ‘Wardah InstaPerfect Review Tutorial Swatches’)

Via Carviola Ramdhini, Ahmad Fatoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh intensitas menonton video Youtube dan kredibilitas beauty vlogger terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode survei kuatitatif yaitu menyebarkan kuesioner dengan subjeknya adalah viewers atau penonton Youtube Suhay Salim pada salah satu videonya. Menggunakan model SR, teori intensitas menonton dan teori kredibilitas sumber. Penentuan ukuran sampel ini menggunakan rumus Yamane dengan tingkat kesalahan 5% sehingga memperoleh jumlah responden 400 sesuai dengan kriteria responden pada penelitian ini. Berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu T dan uji F hasil menunjukkan variabel intensitas menonton video Youtube dan kredibilitsas beauty vlogger berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Berdasarkan hasil korelasi menunjukkan derajat hubungan antara intensitas menonton video Youtube dan kredibilitas beauty vlogger merupakan kategori korelasi Kuat. Dengan demikian adanya pengaruh yang positif dan sama-sama memiliki hubungan yang cukup kuat antara intensitas menonton video Youtube dan kredibilitas beauty vlogger terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Intensitas Menonton, Kredibilitas Beauty Vlogger, Keputusan Pembelian, Youtube

Full Text:

PDF

References


Febriana, Mitha. 2018. Pengaruh Online Consumer Review Oleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian: Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 Dan 2015/2016 Yang Membeli dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick. Universitas Brawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.58, No,1.

Hovland, Carl L. 2007. Definisi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Kottler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga Kusumastuti, Y.I. 2011. Komu-nikasi Bisnis. Bogor: IPB Press.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail. Edisi 6, Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ohanian, Roobina. 1990. Construction and Validation of Scale to Measure Celebrity Endorser Perceived Expertise, Trustworthness, and Attractiviness. Journal of Advertising. ABI/INFORM Research.

Setiawan, B. 2005. Hubungan Antara Intensitas Menonton Tayangan Misteri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Remaja Di SMPN 4 Batang. Skripsi. Jogjakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Shimp. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu, Erlangga, Jakarta. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibawa, Michael Aryatama. 2018. Pengaruh Intensitas Menonton Channel Youtube Reza Oktovian dan Pengawasan Orang Tua terhadap Perilaku Agresif yang dilakukan Remaja Sekolah Menengah Pertama. Universitas Padjajaran, Jurnal Interaksi Online. Vol.6, No.3.

Zarella, D. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta Anggota IKAPI.




DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.53-59



Ketentuan Jurnal Scriptura.doc
Supported by:

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Scriptura, ISSN: 1978-385X

free web stats
View My Stats