PENERIMAAN PENONTON PEREMPUAN MENGENAI KECANTIKAN PEREMPUAN MELALUI CORPORATE ADVERTISING SK II “BARE SKIN PROJECT”

Authors

  • Florence Pusung Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jalan Dinoyo 42-44, Surabaya, 60265
  • Brigitta Revia Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jalan Dinoyo 42-44, Surabaya, 60265
  • Yuli Nugraheni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Jalan Dinoyo 42-44, Surabaya, 60265

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.85-96

Keywords:

Penerimaan, Corporate Advertising, Reception Analysis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan penonton perempuan mengenai kecantikan melalui Corporate Advertising SK II “Bare Skin Project”. Analisis dan pembahasan diarahkan pada bagaimana penerimaan penonton perempuan iklan korporat SK II “Bare Skin Project” yang menyatakan bagaimana pada masa sekarang ini setiap perempuan memiliki peluang yang sama dalam menjadi cantik, yakni cantik tanpa menggunakan makeup. Dengan menggunakan teori Public Relations, Iklan Korporat sebagai alat Public Relations, juga teori akan kecantikan. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif, dengan metode reception analysis. Hasil penelitian yang muncul lewat empat sub bab yang ada yaitu yang pertama terkait keinginan untuk cantik alami, yang kedua yakni bangga dengan kulit wajah alami tanpa makeup, ketiga yaitu penggunaan skincare pada kecantikan perempuan serta yang keempat yakni ideal cantik pada iklan. Dengan hasil, keempat informan berada pada posisi oppositional yang berarti menolak pesan dan makna yang diberikan oleh SK II serta satu informan yang berada pada posisi negotiated yang berarti menerima namun dengan kondisi tertentu

References

Abdullah, Ma’Ruf. 2017. Manajemen Komunikasi Periklanan.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Adams, Jeans & Breed, Maxine. 1975. Woman’s Contemporary Image. New Jersey. Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs.

Ambara, Janice. (2014). Penerimaan Pemirsa Perempuan Terhadap Pesan Gaya Hidup Dalam Iklan-iklan Kopi Dengan Endorser Perempuan. Surabaya: Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra. Vol.1, No.2.

Aprilia, Dwi Ratna. (2005). Iklan dan Budaya Popular: Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan Perempuan Oleh Iklan. Yogyakarta: Jurnal Ilmu Komunikasi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Angkatan 2002. 1(2) 41-68

Ariani, Meldina. (2015). Representasi Kecantikan Wanita Dalam Film “200 Pounds Beauty” Karya Kim Young Hwa. Kalimantan: eJournal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. 3(4): 320-332

Bungin, Burhan. 2015. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ciptasetya, Amos Octa. (2018). Penerimaan Mahasiswa Mengenai Image Pt. Nutrifood Indonesia dalam Vlog Arief Muhammad “Kantor Nutrifood”. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Clinique, https://www.youtube.com/user/Clinique/ videos, diakses pada Agustus 2019

Dananjaja. 2011. Peranan Humas dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fitryarini, Inda. (2009). Iklan dan Budaya Popular: Pembentukan Identitas Ideologis Kecantikan Perempuan Oleh Iklan Televisi. Samarinda: Jurnal Komunikasi Staf Pengajar Jurusan Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Mulawarman.Vol 6 No.2, 119-136

Gassing, Syarifuddin S & Suryanto. 2016. Public Relations. Yogyakarta: Andi Offset.

Gunawan, Metha. (2013). Penerimaan Penggemar SNSD Terhadap Kecantikan SNSD Dalam Video Klip GEE. Surabaya: Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra. Vol 1 No.3

Hadi, Ido Prijana. (2008). Penelitian Khalayak Dalam Perspektif Reception Analysis. Surabaya: Jurnal Ilmiah SCRIPTURA, Universitas Kristen Petra. Vol 2, No.1 (1-7)

Hall, Stuart. 2005. Culture, Media, Languange. Newyork: Taylor & Francis e-Library.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kiehl’s Since 1851, https://www.youtube.com/user/ KiehlsNYC/videos, diakses pada Agustus 2019.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing. Jakarta: Prenada Media Group.

Kriyantono, Rachmat. 2017. Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian Dan Praktik. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Loccitane, https://www.youtube.com/user/loccita-neenprovence/videos, diakses pada Agustus 2019.

McQuail, Denis. 1997. Audience Analysis. London: Sage Publications.

Moerdijati, Sri. 2012. Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: PT. Revka Petra Media.

Nayumi, Phelia. (2018). Penerimaan penonton mengenai kecantikan perempuan pada corporate advertising Clean & Clear versi “1000 Suku Indonesia, Warna Kulit Berbeda”. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara.

Perempuan yang memakai makeup saat bekerja, https://metro.co.uk/2018/06/06/women-wear-makeup-get-paid-work-7608932/, diakses pada Agustus 2019.

Piliang, Yasraf Amir. 2013. Hipersemiotika, Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Priyatna, Aquarini. 2013. Becoming White, Repre¬sentasi Ras, Kelas Feminitas dan Globalitas dalam iklan Sabun. Yogyakarta: Jalasutra.

Pujileksono, Sugeng. 2016. Metode Penelitian Komu-nikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publishing.

Rita. (2013). Pengaruh Role Model’s Influence Pada Materialism Dan Marketplace Knowledge Periode Remaja Akhir. Jakarta: Management Department, School of Business Management, BINUS University. Vol. 4 No.1, 157-169

SK II Bare Skin Project Chloe Moretz, https://www. youtube.com/watch?v=u-hwQk5l9gc, diakses pada Agustus 2019

SKII-Indonesia. https://www.youtube.com/user/indone-siaskii, diakses pada Agustus 2019.

Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Tranggono, Retno I.S. 1996. Kiat Apik Menjadi Sehat dan Cantik Petunjuk Praktis Perawatan Kulit dan Penggunaan Kosmetika bagi Kaum Muda. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Utomo, Vinson Vanda. (2017). Penerimaan Remaja Perokok Aktif mengenai bahaya merokok melalui iklan Korporat Kemenkes RI 2014-2016 di Televisi. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Video 100 years Eye Makeup oleh Kandee Johnson, https://www.youtube.com/watch?v=97iptVO, diakses pada Agustus 2019.

Video Critics Choice Awards 2019, https://www. allure.com/gallery/critics-choice-awards-2019-best-hair-makeup-looks, diakses pada Agustus 2019.

Video The Talko Kardashians, https://www.youtube. com/watch?v=S6NY_lDnYI0, diakses pada Agustus 2019.

Vidyarini, Titi Nur. (2007). Representasi Kecantikan dalam Iklan Kosmetik The Face Shop. Surabaya: Jurnal Ilmiah SCRIPTURA Jurusan Ilmu Komunikasi. Vol. 1, No. 2, Universitas Kristen Petra.

Winarni, Rina Wahyu. (2010). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan. Jakarta: Jurnal Deiksis Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Vol 02 No.02.

Windasari, Anggry. (2017). Pemaknaan Kecantikan Sebagai Putih Jepang Dalam Iklan Shinzui Body Cleanser. Semarang: Jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultasi Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Vol. 47, No.1

Wolf, Naomi. 2004. Mitos Kecantikan: Kala Kecantikan Menindas Perempuan. Yogyakarta: Niagara.

Downloads

Published

2020-12-21

How to Cite

Pusung, F., Revia, B., & Nugraheni, Y. (2020). PENERIMAAN PENONTON PEREMPUAN MENGENAI KECANTIKAN PEREMPUAN MELALUI CORPORATE ADVERTISING SK II “BARE SKIN PROJECT”. Scriptura, 10(2), 85-96. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.85-96