KOMODIFIKASI MISTIS DALAM PROGRAM REALITY SHOW PENCARIAN JODOH GARIS TANGAN DI ANTV

Authors

  • Muthmainnah Muthmainnah Pagujaten Timur Rt 07 Rw 007 No.03 Ps. Minggu Jakarta Selatan
  • Mulharnetti Syas Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.97-110

Keywords:

Komodifikasi Mistis, Reality Show Garis Tangan, Semiotika Roland Barthes.

Abstract

Penelitian ini mengkaji makna mistis dan praktik komodifikasi yang disajikan pada program reality show pencarian jodoh Garis Tangan di ANTV. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika model Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif. Pada hasil analisis makna denotasi pada program tersebut, yaitu penggambaran ritual-ritual mistis yang dilakukan oleh kedua expertise yaitu Arbi dan Rudy dalam usaha mereka untuk menjodohkan antara kandidat pria dan wanita. Makna konotasinya adalah ritual-ritual yang dilakukan seperti membaca garis tangan, merasakan aura, dan menghipnotis atau melakukan relaksasi terhadap peserta pencarian jodoh. Sedangkan mitos yang disajikan adalah kepercayaan-kepercayaan mengenai adanya makhluk gaib yang dapat memberikan bantuan terhadap manusia melalui perantara orang pintar (dukun). Masyarakat membutuhkan hiburan mistis untuk menjawab rasa ingin tahu mereka terhadap misteri fisika (mistis). Karena, bagi mereka, itu merupakan sebuah petualangan batin. Hal semacam itu yang mendorong manusia untuk menyukai tayangan-tayangan mistis. ANTV memanfaatkan kebutuhan masyarakat terhadap hiburan mistis sebagai sebuah komoditas, dimana mereka memasukkan unsur mistis dalam program reality show pencarian jodoh “Garis Tangan” sejalan dengan selera pasar yang akan menarik minat penonton dan menaikkan rating.

References

Abadi, S. Hidayat. 2019. Komodifikasi Agama dalam Iklan Televisi Ramadhan (Analisis Semiotika terhadap Iklan TV Ramayana Edisi Ramadhan 2017). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Badjuri, Adi. 2010. Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bonardo, Marulitua A. 2015. Komodifikasi Disabilitas sebagai Tayangan Populer di Televisi. Semarang: Universitas Diponegoro

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, danIlmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Chrysilla, Agnes., & Kurniasari, Nani. 2018. Komodifikasi Kemarahan dalam Tayangan Supertrap Trans TV. Jurnal Bisnis dan Kominikasi Kalbisocio Volume 5 No1.

Eriyanto. 2012. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT. LkiS Printing Cemerlang.

Halim, Syaiful. 2013. Postkomodifiaksi Media dan Cultural Studies. Bandung: Penerbit Matahati.

Harahap, Machyudin Agung. 2013. Kapitalisme Media. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Hasan, Sumaerah. 2018. Komodifikasi Kemiskinan dalam Acara Reality Show Mikrofon Pelunas Utang di Indosiar. Universitas Hasanuddin.

http://www.kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/34667-siaran-pers-kpi-pusat-keluarkan-edaran-tentang-pedoman-dan-batasan-penayangan-program-siaran-mistik-horor-dan-supranatural?detail3=5212

https://www.google.com/amp/s/m.kapanlagi.com/amp/showbiz/selebriti/garis-tangan-antv-dibilang-settingan-begini-taggapan-para-host-0c345f.html

https://www.google.com/amp/s/m.solopos.com/reality-show-baru-uya-kuya-acara-perjodohan-dibalut-mistis-1026733/amp

https://www.google.com/amp/s/www.viva.co.id/amp/showbiz/film/1184988-tayang-di-antv-garis-tangan-kolaborasi-antara-cari-jodoh-dan-mistis

https://youtu.be/Z86aOdu3RoA

Ibrahim, Idi Subandy & Akhmad, Bachruddin Ali. 2014. Komunikasi & Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globali¬sasi. Jakarta: Yayasan OBOR.

Ishadi, SK. 2014. Media dan Kekuasaan. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Pu¬blic Relations, Advertising, Komunikasi, Orga¬nisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Milkiyah, Farah. 2017. Strategi Komodifikasi Tim Program “Jejak Leluhur” Episode Susuk di ANTV. Jakarta: Universitas Bakrie.

Morgan, W Kenneth. 1985. Islam Jalan Lurus, terj. Abu Salamah dan Chaidir Anwar. Jakarta: Pustaka Jaya

Morissan. 2009. Manejemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.

Mosco, Vincent. 2009. The Political Economy of Com-munication: Second Edition. London: Sage.

Nikmah, Aulia. 2018. Komodifikasi Hijab dalam Program Acara Televisi (Analisis Semiotika Program Acara Televisi Dua Hijab Trans7). Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Perdana, Dionni Ditya. 2017. Komudifikasi Dalam Tayangan Televisi (Kajian Terhadap Program Indonesia Idol 2014). Jurnal Professional FIS UNIVED Vol 4 No 1.

Prastowo, Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Robin, Patricia. 2015. Mitologi dan Ideologi Addry Danuatmadja Selaku Host !nsert dengan Bahasan Pemakaman San Diego Hills diInverstigasi Trans TV. Jurnal Semiotika Volume 9 Nomor 1.

Rustandi, Ridwan. 2018. Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Dai dalam Program Televisi. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 2 No. 2, 197-222.

Salim, Agus., & Syas, Mulharnetti. 2019. Komodifikasi Pertukaran Peran Gender pada Sinetron Dunia Terbalik di RCTI. Jurnal Ilmu dan Budaya Volume 41 No 64.

Shihab, M. Quraish. 2000. Yang Tersembunyi: Jin, Iblis, Setan & Malaikat dalam Al-Qur’an- As- Sunnah serta wacana pemikiran ulama masa lalu dan masa kini. Jakarta: Lentera Hati

Sobur, A. 2016. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Nesa. Representasi Kemiskinan pada Tayangan Reality Show Orang Pinggiran Episode Bakti Suci Andika. Jom FISIP Volume 4 No 2.

Thadi, Robeet. 2020. Analisis Kritis Sinetron Religi: Antara Dakwah dan Kepentingan Komersial. Jurnal Dawuh Vol 1 Nomor 1.

Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Yunus, Syarifudin. 2010. Jurnalistik Terapan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2020-12-21

How to Cite

Muthmainnah, M., & Syas, M. (2020). KOMODIFIKASI MISTIS DALAM PROGRAM REALITY SHOW PENCARIAN JODOH GARIS TANGAN DI ANTV. Scriptura, 10(2), 97-110. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.97-110