PROSES KOMUNIKASI KELOMPOK - ANTARPRIBADI - VERBAL -NONVERBAL YANG TERDAPAT DALAM STUDI KASUS PROSES PENDAMPINGAN MASYARAKAT KELURAHAN SIWALANKERTO

Asthararianty Asthararianty




Abstract


Kelurahan Siwalankerto Surabaya merupakan salah satu kelurahan yang tidak kalah berkembangnya dengan kelurahan lainnya. Bertolak dari pemberitaan di media massa mengenai kemajuan wilayah-wilayah lainnya, membuat kelurahan Siwalankerto Surabaya berkeinginan untuk lebih maju lagi baik dari SDM maupun dari lingkungannya. Kelurahan Siwalankerto Surabaya mengikuti setiap pelatihan atau pemberitahuan informasi yang diadakan oleh pihak-pihak tertentu seperti pemerintah dan lainnya, yang salah satunya adalah UK Petra. Beberapa bidang yang ditekuni oleh kelurahan Siwalankerto Surabaya antara lain, bercocok tanam dirumah, pelatihan batik, jahit menjahit dll. Diantara hal-hal tersebut yang menarik perhatian adalah minat masyarakat kelurahan Siwalankerto Surabaya terhadap jahit menjahit. Fokus pendampingan diawali dengan memperkenalkan bahwa dalam jahit menjahit tidak hanya teknik ataupun bahan yang dapat mendukung kesuksesan sebuah jahitan itu, namun pengetahuan tentang desain dan warna pun juga diperlukan. Dalam proses pengenalan inilah komunikasi yang baik dan dapat dengan sukses tercapai antara satu dengan yang lain sangat dibutuhkan. Pentingnya sebuah komunikasi yang terjadi antar satu orang dengan orang lain yang berada didalam sebuah kelompok, baik secara verbal ataupun nonverbal sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar dalam fokus pendampingan ini. Metode yang dipergunakan adalah studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan penerimaan dalam proses berkomunikasi berdasarkan dari hambatan-hambatan yang berkaitan yang terjadi di dalam kelompok.


Keywords


Komunikasi kelompok, kain perca, studi kasus

References


Ahmadi, Abu, 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Atkinson, Rita, L., Richard C. Atkinson, Edward E. Smith, Daryl J, Bem, 2011. Pengantar Psikologi. Tangerang: Interaksara.

Changara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Haris Sumadiria, 2005. Jurnalistik indonesia menulis berita dan Feature panduan praktis jurnalis pro­fesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

http://profil.merdeka.com/indonesia/j/jawa-pos, diakses pada 25 April 2016.

Inarto, Joko. 2013. Akal Sehat Dhalan Iskan: Catatan seorang Murid. Yogyakarta: Mitramedia.

Kuswarno, Engkus, 2009. Metodologi Penelitian Komu­nikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedom­an, dan Contoh Penelitian Fenomena Pengemis Kota Bandung. Bandung: Widya Padjadjaran.

Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

------------ 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Ban­dung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S, 2005. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Oesman, Djono, W. Pengalaman Saya Dimarahi Dahlan: www.kikcdahlan.wordpress.

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Soelarto, St: Jurnalisme Transendental Kompas: Gramedia, 2001

Soelarto, St: Syukur Tiada Akhir; Jejak Langkah Jakob Oetama: Kompas, 2015.

Spradley, James. 2007. Metode Etnografi, Jogjakarta : Tiara Wacana.

Sukandarrumudi. 2004. Metodologi Penelitian. Yogya­­karta: Gadjah Mada University Press.

Tsania, Shalli. 2014. Konstruksi Makna Nebeng (Studi Fenomenologi Mengenai Makna Nebeng Bagi Komunitas Nebengers di Kota Bandung). Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Tubbs, Steward L & Sylvia Moss. 2006. Human Communication, Konteks-konteks Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komuni­kasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

West, Richard dan Lynn H. Turner, 2009. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika.

Winarso H.P, 2005. Sosiologi komunikasi massa. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wirman, Welly. 2012. Pengalaman Komunikasi dan Konsep Diri Perempuan Gemuk, Journal of Dialectics IJAD. Vol. 2, No, 1. Bandung: Pasca­sar­jana Unpad.


Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Scriptura, ISSN: 1978-385X

free web stats
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team