MEREBUT CITRA PEMERINTAH INDONESIA DALAM ON-LINE NEWS (Studi Komparasi Konstruksi Pemberitaan Bencana Kabut Asap di Kompas.Com dan Website Kementerian Kesehatan)

Inri Indrayani Inggrit Indrayani, Yustisia Ditya Sari, Titi Nur Vidyarini




Abstract


Bencana kabut asap yang terjadi di Indonesia pada medio 2015 sebagai akibat kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana terbesar yang menarik perhatian  media nasional dan asing. Pertama karena cakupan hutan yang terbakar, jumlah korban ISPA serta kerugian materiil yang harus ditanggung pemerintah Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan konstruksi pemberitaan yang dilakukan oleh Kompas.com, serta website Kementerian Kesehatan mengenai kasus kabut asap tersebut. Perbandingan ini guna mengetahui bagaimanakah peristiwa yang sama kemudian dilihat berbeda oleh dua organisasi tersebut. Kompas merupakan media cetak nasional yang selama ini memiliki tiras terbesar apabila dibandingkan dengan media cetak lainnya. Sebagai media yang memiliki format depth news, Kompas juga seringkali menjadi referensi bagi perkembangan wacana, ide maupun gagasan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat luas. Website Kementerian Kesehatan merupakan representasi pemerintah Indonesia dalam menangani kasus ini.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah framing model Entman yang membagi analisis menjadi empat tahapan yakni Define Problems, Diagnose Causes, Make moral judgement dan Treatment Recommendation. Kompas.com lebih banyak membingkai tentang bencana kabut asap sebagai kelalaian dan kegagalan pemerintah dalam melakukan pengelolaan sumber daya alam. Website Kementerian Kesehatan yang lebih banyak mengupas tentang upaya maksimal serta bantuan medis yang disediakan oleh pemerintah dalam menanggulangi kasus tersebut.


Keywords


Konstruksi, Membingkai (Framing), Berita, Becana Kabut Asap, 2015, Kompas.com, Website Kementerian Kesehatan.

References


Bobbit, Randy & Sullivan, Ruth. 2009. Public Relations Campaign. United State of America: Pearson Inc.

Botan, Carl & Hazleton, Vincent. 2006. Public Relations Theory II. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Corcoran, N. (Ed.). 2013. Communication health: Strategies for health promotion (2nd ed.). London: Sage Publications.

Daymon, C., & Holloway, I., 2011. Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communication. New York: Routledge.

Eriyanto. 2002. Analisis Framing: Konstruksi, ideologi, dan politik media. Yogyakarta: LKiS.

Griffin, Emory A. 2006. A First Look at Communications Theory. Cornel University: Mc. Graw-Hill

Heath, Robert L. 2005. Encyclopedia of Public Relations. London: Sage Publication, Infate, Dominic A. & Rancer, Andrew. 1993. Building Communication Theory. United States America : Waveland Press, inc.

Jefkins, Frank. 1992. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Moss, P.D. Conflict and Containment in Television News: A Case Study” dalam Mander, M.S. (1999). Framing Friction. Urbana: University of Illinois Press dalam Eriyanto. 2002. Analisis Framing: Konstruksi, ideologi, dan politik media. Yogyakarta: LKiS

Rendahl, S. (1995). Frame analysis: From interpersonal to mass communication. Paper presented to Central State Communication Association, Indianapolis, IN dalam Hallahan, K. (1999). Seven Models of Framing: Implications for Public Relations. JOURNAL OF PUBLIC RELATIONS RESEARCH, 11(3), 205–242

Venus, Antar, Drs. M. A. Comm. 2009. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Zoller, Heather M. 2008. Emerging Prespective In Health Communications: Meaning, Culture, and Power. English: Routledge

http://nasional.kompas.com/read/2015/11/06/12233971/556.945.Orang.Kena.ISPA.Dampak.Kabut.Asap)

http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2015/10/151026_indonesia_kabutasap).


Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Scriptura, ISSN: 1978-385X

free web stats
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team