DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.8.1.30-40

POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PDI PERJUANGAN DALAM PROSES KADERISASI DI DPC KABUPATEN SIDOARJO

Ni Kadek Defvin Setyawati, Gatut Prijowidodo, Inri Inggrit

Abstract


Kaderisasi merupakan kewajiban bagi setiap partai. DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sidoarjo menjalankan kaderisasinya tidak hanya pada kegiatan formal namun juga pada kegiatan informal yang membuat proses kaderisasinya semakin efektif dibandingkan dengan DPC lainnya. Melihat keefektivitasan kaderisasi tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi yang terjadi selama proses kaderisasi. Penelitian dilakukan dengan metode fenomenologi kualitatif. Data diperoleh melalui dokumen dan wawancara mendalam dengan tiga informan. Hasil penelitian menunjukkan DPC Kabupaten Sidoarjo melakukan tiga pola komunikasi organisasi yaitu, pola komunikasi formal, pola komunikasi informal dan pola komunikasi socialization mechanism. Penelitian ini juga menemukan hambatan yang ada dalam proses kaderisasi yaitu, kurangnya sarana dan prasarana yang diperlukan dalam komunikasi untuk mengatasi rentang usia yang jauh; penguasaan teknik dan metode komunikasi yang tidak sesuai, sehingga beberapa pengurus dan kader tidak menguasai media yang digunakan; kondisi fisik kader yang sudah berusia lanjut tidak memungkinkan untuk menerima informasi secara sempurna

Keywords


Pola Komunikasi Organisasi, Hambatan Komunikasi, Kaderisasi Politik, Partai Politik, Fenomenologi

Full Text:

PDF

References


Budiardjo, M. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Creswell, J. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches, 2nd ed. California: Sage Publication

Mangkunegara, A. (2005). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: CV. Refika Aditama.

Mc Luhan, M. (2001) Understanding Media. London: Routledge.

Miller, K. (2003). Organization Communication: Approaches and Processes. Thomson, California.

O’Hair, D. (2005). Strategic Communication in Business and The Professions (5th edition). Boston, New York: Houghton Mifflin Company.

Oetomo, J. (2009). Bersyukur dan Menggugat Diri. Jakarta: Penerbit Kompas

Pace, R. & Faules, D. (2006). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Partanto, P. & Dahlan, A. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Rkola Surabaya.

Priyowidodo, G. (2013). Communication Patterns In Decision Making: Phenomenography Approach In Malaysia’s And Indonesia’s Political Organi-zations. (Ph.D. Thesis Unpublised). Kedah-Malaysia: Universiti Utara Malaysia.

Richmon, V.P. & McCroskey, J. C. (2009). Organi-zational Communication for Survival. Boston: Allyn & Bacon.

Stoner, J. A. F. & Freeman. (1994). Manajemen (edisi Bahasa Indonesia). Edisi Kelima. Jakarta: Prenhallindo.

Stoner, J. A. F. & Winkel, C. (2003). Perencanaan dan Pengambilan Keputusan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wursanto, I. (2005). Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Dhamayanti, I. 2018. Pola Komunikasi Interpersonal dalam Pembentukan Kembali Konsep Diri. Melalui website: https://eprints.uns.ac.id/39191/

Harahap, I.H. 2007. Kaderisasi Partai Politik dan Pengaruhnya Terhadap Kepemimpinan Nasio-nal. Melalui website: http://repository.bakrie.ac. id/1246/1/01.%20Kaderisasi%20Parpol%20dan%20Pengaruhnya%20thd%20Kepemimpinan%20Nasional%20%28Jurnal%20Politik%20LIPI%29.pdf

Kartika, T. & Utaridah, N. 2016. The Pattern of Communication Ethnography of the Street Children in Bandar Lampung.Melalui website: ttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1766/pdf.




DOI: https://doi.org/10.9744/scriptura.8.1.30-40



The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Scriptura, ISSN: 1978-385X

free web stats
View My Stats