ISU SOSIAL DALAM BENTUK INTERNET MEME MENJELANG PEMILIHAN PRESIDEN 2019 (Analisis Konten pada Meme Gambar dalam Instagram @memecomic.id)
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.9.1.1-8Keywords:
Internet memes, isu sosial, pemilihan preseiden 2019.Abstract
Menjelang pemilihan presiden tahun 2019, masyarakat Indonesia menggunakan isu sosial dalam konteks perbincangan politik. Perbincangan tersebut terepresentasikan dalam akun Instagram @memecomic.id, salah satu komunitas internet memes terbesar di Indonesia. Untuk mempelajari penggunaan internet memes yang memperbincangkan isu sosial menjelang Pemilihan Presiden 2019, maka dilakukan penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif analisis isi deskriptif. Penelitian ini dilandasi oleh konsep internet memes dikemukakan oleh Shifman (2014:7), yaitu form, content, dan stance. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Internet memes menjadi sarana menyampaikan pendapat dan kritik terhadap praktik politik para politikus di Indonesia, dengan memperbincangkan masalah sosial yang populer. Penyampaian pendapat dipresentasikan dalam bentuk meme gambar, yang berisi sindiran atau satir. Sebagian konten-konten yang dijadikan internet meme gambar dibuat secara serius atau tidak menggunakan humor dan secara tidak serius. Sebagian lainnya dibuat dengan menambahkan unsur humor atau lelucon pada setiap cerita yang terdapat pada meme-meme tersebut.References
Aliansyah, M. A. (2017). Penyebar Meme Penghina Jokowi divonis 15 Bulan Penjara. Retrieved December 22, 2018, from https://www.merdeka. com/peristiwa/penyebar-meme-penghina-jokowi-divonis-15-bulan-penjara.html
Allifiansyah, S. (2016). Kaum Muda, Meme, dan Demokrasi Digital di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 151–164.
Arifianti, W. (2015). If You Know What Happened in MCI. (M. K. Julianto, Ed.). Jakarta: Penerbit Loveable.
Asmoro, G. (2018). Keeping an Eye on 2019 Presidential Election. Retrieved November 28, 2018, from http://www.globalindonesianvoices. com/33271/keeping-an-eye-on-2019-presidential-election/
Campbell, H. A., Arredondo, K., Dundas, K., & Wolf, C. (2018). The Dissonance of “Civil” Religion in Religious-Political Memetic Dis¬course During the 2016 Presidential Elections. Social Media and Society, 4(2). http://doi.org/ 10.1177/2056305118782678
Dawkins, Ri. (2006). The Selfish Gene (30th anner). New York: Oxford University Press.
Dewi, R. S., Abdullah, A., Maryani, E., & Suganda, D. (2017). Internet Memes : Representation of Indonesian Political Culture in Jakarta Gubernatorial Election 2017. AEBMR International Conference on Administrative Science (ICAS 2017), 43(Icas), 190–194. http://doi.org/doi: 10.2991/icas-17.2017.45
Faisal, R. (2018). Pembuat Meme Menghina Presiden Ditangkap Polisi. Retrieved March 22, 2018, from https://www.jawapos.com/radarbromo/read/2018/01/20/41971/terungkap-nekat-hina-presiden-di-facebook-karena-muatan-politis.
Firmansyah. (2018). Polisi Tangkap Pegawai negeri Penyebar Meme Jokowi Layaknya Pengemis. Retrieved November 28, 2018, from http://suryamalang.tribunnews.com/2018/06/09/polisi-tangkap-pegawai-negeri-penyebar-meme-jokowi-layaknya-pengemis?page=1
Halim, D. (2018). Daftar Penyebar Hoax Jokowi yang Ditangkap Polisi, Ada yang Bikin 843 Meme Hoax. Retrieved November 28, 2018, from http://jambi.tribunnews.com/2018/11/26/ daftar-penyebar-hoax-jokowi-yang-ditangkap-polisi-ada-yang-bikin-843-meme-hoax
Harahap. (2018). Evaluasi Kritis terhadap Kinerja Presiden Jokowi Urusi Masalah Sosial. Retrieved from https://nusantaranews.co/evaluasi-kritis-terhadap-kinerja-presiden-jokowi-urusi-masalah-sosial/
Herabudin. (2015). Pengantar Sosiologi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ika, B. (2018). Sindiran dalam Meme Humor terhadap Presiden SBY (Studi Analisis Semiotika Sindiran sebagai Kritik Sosial yang dipresentasikan dalam Meme versi Kenaikan Harga BBM di Media Sosial). Universitas Sebelas Maret.
Jegho, L. (2018). Mengawasi Pemilu Presiden 2019 dan Melihat Sejarah Demokrasi Indonesia. Retrieved from https://www.matamatapolitik. com/mengawasi-pemilu-presiden-2019-dan-melihat-sejarah-demokrasi-indonesia/
Juditha, C. (2015). Meme di Media Sosial: Analisis Semiotik Meme Haji Lulung. Jurnal Pekomnas, 18 (2)(2), 105–116. Retrieved from https://jurnal. kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/301
Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak, Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada Univerisy Press.
Seiffert-Brockmann, J., Diehl, T., & Dobusch, L. (2018). Memes as games: The evolution of a digital discourse online. New Media and Society, 20(8), 2862–2879. http://doi.org/10.1177/1461 444817735334
Shifman, L. (2014). Memes in Digital Culture. Massachusetts: MIT Press.
Silvestri, L. (2016). Mortars and memes : Partici¬pating in pop culture from a war zone. Media, War & Concflict, 9(1), 27–42. http://doi.org/ 10.1177/1750635215611608
Soekanto, S. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.