PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN INTERAKSI ANTARSOSIAL TERHADAP PERILAKU IMITASI REMAJA PUTRI (Studi Kasus Video Clip Blackpink-Ddu Du Ddu Du)

Authors

  • Rahayu Marini Hakim Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, Jl. Margonda Raya No. 100, Depok 16424, Jawa Barat
  • Ahmad Fatoni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, Jl. Margonda Raya No. 100, Depok 16424, Jawa Barat

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.15-23

Keywords:

komunikasi, Perilaku Imitasi, Remaja Putri, Youtube.

Abstract

Dalam penelitian ini terdapar tiga variabel yaitu variabel Terpaan Media dan Interaksi Sosial sebagai Independent dan variabel Perilaku Imitasi sebagai Dependent. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh media sosial Youtube konten K-POP terhadap perilaku imitasi remaja putri. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Interaksi Sosial terhadap perilaku imitasi remaja putri. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh media sosial Youtube konten K-POP dan Interaksi Sosial terhadap perilaku imitasi remaja putri. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan sofware statistik SPSS versi 20. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan followers akun instagram @zonablackpink dengan digunakan sebanyak 395 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antar dua variabel atau lebih. Teknik pengunpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket) dan kepustakaan. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara terpaan media, interaksi sosial terhadap perilaku imitasi pada remaja putri. Diantara pengaruh Terpaan Media dan Interaksi Sosial juga dapat disimpulkan bahwa Interaksi Sosial lebih berdampak pada Perilaku Imitasi. Hasil penelitian juga menunjukan adanya hubungan yang Erat antara variabel terpaan media dan interaksi sosial berdasarkan nilai R.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abu, Ahmadi.2007. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.

Adi Fahrudin, Ph.D.2009. Pengantar Kesejahteraan Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ali, Mohammad. dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael 2010. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media". Business Horizons 53.

Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar.Bandung :Simbiosa Rekatama

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian – Suatu Pendekatan Praktek, Cetakan Kedua Belas (Edisi Revisi V). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Baran, stanley j.2012. Pengantar Komunikasi Masa Melek Media dan Budaya.Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Burton,Graeme. 2012. Media dan Budaya Populer: Yogyakarta: Jalasutra

Creeber, G. and Martin, R., (ed)., 2009, Digital Cultures: Understanding New Media, Berkshire-England: Open University Press

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar

Dijk, Van. 2006. The Network Society. London: SAGE Publications.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Flew, T. 2008. New Media : an introduction. New York: Oxford University Pers.

Gerungan, W. A. 2004. Psikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok – Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta : Ghalia Indonesia

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Gramedia.

Husein Umar, 2004, Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Cetakan Keempat, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Husein Umar, 2004, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Cet ke 6, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Joko Subagyo, P. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : PT. Kencana Perdana.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Lievrouw, L.A. .2011. Alternative and Activist New Media. Cambridge: Polity Press.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy, 2003, Metodologi Penelitian Kualitatif – Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta : Salemba Humanika

Mondry. 2008. Pemahaman Teori dan Praktek Jurnalistik. Penerbit: Ghalia Indonesia.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Social Media. Elex Gramedia.

Rakhmat, Jalaludin. 2009.Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Santoso, Slamet. 2009. Dinamika Kelompok. Jakarta :PT.Raja Grafindo Persada

Sarwono, Sarlito Wirawan. 1983. Teori - Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka

Sarwono, W. Sarlito, 2004. Psikologi remaja. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.

Severin, Werner J. & James W. Tankard, Jr., Teori Komunikasi Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa edisi kelima, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2011.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Siregar, S., 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kencana, Jakarta

Soekanto, Soejono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar.Jakarta.PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Edisi 1 Alfabeta : Bandung.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. 2003. Metodologi Penelitian, cetakan keempat belas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Syofian, Siregar. 2014.Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Vivian, John.2008. The Media of Mass Communication, 8th ed. Boston : Pearson Education

Walgito.2006.Bimbingan Konseling di Sekolah.Yogyakarta: Andi Offset

Widyastuti Y, Rahmawati A, Purnamaningrum YE. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Fitramaya.

Widyatama, Rendra. 2009. Buku Pengantar Periklanan, cet 6. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Darmista, Ajeng. “Agresi Budaya Korea Melalui K-Pop di Indonesia”. Kompasiana, 24 Januari 2015. https://www.kompasiana.com/aje nkoya/agresi-budaya-koreamelalui-k-pop-diindonesia_54f90928a33311b918 8b4bcf (diakses pada tanggal 18 Ferruary 2019 pukul 19.10 WIB)

Pinem, W. D., & Ikhsan, M. (2012). Korean Wave dan Peningkatan Perekonomian Korea Selatan. Diakses Juli 13, 2017, dari Seni Berpikir Ilmu dan Teknologi: https://www.seniberpikir.com/korean-wave-dan-peningkatan-perekonomian-korea-selatan

http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/1105 diakses pada 2 februari 2019

https://www.viva.co.id/showbiz/musik/1104192-konser-blackpink-di-indonesia-resmi-digelar-2-hari diakses pada 4 Februari 2019

http://www.jurnalkomputer.com/attachments/article/832/YOUTUBE.pdf diakses pada tanggal 8 Juni 2019 pukul 19.25 WIB

Downloads

Published

2020-07-06

How to Cite

Hakim, R. M., & Fatoni, A. (2020). PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN INTERAKSI ANTARSOSIAL TERHADAP PERILAKU IMITASI REMAJA PUTRI (Studi Kasus Video Clip Blackpink-Ddu Du Ddu Du). Scriptura, 10(1), 15-23. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.15-23

Issue

Section

Articles