KOMODIFIKASI MISTIS DALAM PROGRAM REALITY SHOW PENCARIAN JODOH GARIS TANGAN DI ANTV
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.97-110Keywords:
Komodifikasi Mistis, Reality Show Garis Tangan, Semiotika Roland Barthes.Abstract
Penelitian ini mengkaji makna mistis dan praktik komodifikasi yang disajikan pada program reality show pencarian jodoh Garis Tangan di ANTV. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika model Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif. Pada hasil analisis makna denotasi pada program tersebut, yaitu penggambaran ritual-ritual mistis yang dilakukan oleh kedua expertise yaitu Arbi dan Rudy dalam usaha mereka untuk menjodohkan antara kandidat pria dan wanita. Makna konotasinya adalah ritual-ritual yang dilakukan seperti membaca garis tangan, merasakan aura, dan menghipnotis atau melakukan relaksasi terhadap peserta pencarian jodoh. Sedangkan mitos yang disajikan adalah kepercayaan-kepercayaan mengenai adanya makhluk gaib yang dapat memberikan bantuan terhadap manusia melalui perantara orang pintar (dukun). Masyarakat membutuhkan hiburan mistis untuk menjawab rasa ingin tahu mereka terhadap misteri fisika (mistis). Karena, bagi mereka, itu merupakan sebuah petualangan batin. Hal semacam itu yang mendorong manusia untuk menyukai tayangan-tayangan mistis. ANTV memanfaatkan kebutuhan masyarakat terhadap hiburan mistis sebagai sebuah komoditas, dimana mereka memasukkan unsur mistis dalam program reality show pencarian jodoh “Garis Tangan” sejalan dengan selera pasar yang akan menarik minat penonton dan menaikkan rating.
References
Abadi, S. Hidayat. 2019. Komodifikasi Agama dalam Iklan Televisi Ramadhan (Analisis Semiotika terhadap Iklan TV Ramayana Edisi Ramadhan 2017). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Badjuri, Adi. 2010. Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bonardo, Marulitua A. 2015. Komodifikasi Disabilitas sebagai Tayangan Populer di Televisi. Semarang: Universitas Diponegoro
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, danIlmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Chrysilla, Agnes., & Kurniasari, Nani. 2018. Komodifikasi Kemarahan dalam Tayangan Supertrap Trans TV. Jurnal Bisnis dan Kominikasi Kalbisocio Volume 5 No1.
Eriyanto. 2012. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT. LkiS Printing Cemerlang.
Halim, Syaiful. 2013. Postkomodifiaksi Media dan Cultural Studies. Bandung: Penerbit Matahati.
Harahap, Machyudin Agung. 2013. Kapitalisme Media. Yogyakarta: Aura Pustaka.
Hasan, Sumaerah. 2018. Komodifikasi Kemiskinan dalam Acara Reality Show Mikrofon Pelunas Utang di Indosiar. Universitas Hasanuddin.
Ibrahim, Idi Subandy & Akhmad, Bachruddin Ali. 2014. Komunikasi & Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globali¬sasi. Jakarta: Yayasan OBOR.
Ishadi, SK. 2014. Media dan Kekuasaan. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Pu¬blic Relations, Advertising, Komunikasi, Orga¬nisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Milkiyah, Farah. 2017. Strategi Komodifikasi Tim Program “Jejak Leluhur” Episode Susuk di ANTV. Jakarta: Universitas Bakrie.
Morgan, W Kenneth. 1985. Islam Jalan Lurus, terj. Abu Salamah dan Chaidir Anwar. Jakarta: Pustaka Jaya
Morissan. 2009. Manejemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Mosco, Vincent. 2009. The Political Economy of Com-munication: Second Edition. London: Sage.
Nikmah, Aulia. 2018. Komodifikasi Hijab dalam Program Acara Televisi (Analisis Semiotika Program Acara Televisi Dua Hijab Trans7). Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Perdana, Dionni Ditya. 2017. Komudifikasi Dalam Tayangan Televisi (Kajian Terhadap Program Indonesia Idol 2014). Jurnal Professional FIS UNIVED Vol 4 No 1.
Prastowo, Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Robin, Patricia. 2015. Mitologi dan Ideologi Addry Danuatmadja Selaku Host !nsert dengan Bahasan Pemakaman San Diego Hills diInverstigasi Trans TV. Jurnal Semiotika Volume 9 Nomor 1.
Rustandi, Ridwan. 2018. Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Dai dalam Program Televisi. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 2 No. 2, 197-222.
Salim, Agus., & Syas, Mulharnetti. 2019. Komodifikasi Pertukaran Peran Gender pada Sinetron Dunia Terbalik di RCTI. Jurnal Ilmu dan Budaya Volume 41 No 64.
Shihab, M. Quraish. 2000. Yang Tersembunyi: Jin, Iblis, Setan & Malaikat dalam Al-Qur’an- As- Sunnah serta wacana pemikiran ulama masa lalu dan masa kini. Jakarta: Lentera Hati
Sobur, A. 2016. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Nesa. Representasi Kemiskinan pada Tayangan Reality Show Orang Pinggiran Episode Bakti Suci Andika. Jom FISIP Volume 4 No 2.
Thadi, Robeet. 2020. Analisis Kritis Sinetron Religi: Antara Dakwah dan Kepentingan Komersial. Jurnal Dawuh Vol 1 Nomor 1.
Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit Kencana.
Yunus, Syarifudin. 2010. Jurnalistik Terapan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.