PERILAKU KONSUMSI MEDIA PADA PRIA DI SURABAYA (Studi pada Upaya Peningkatan Partisipasi KB Pria)

Authors

  • Hilda Yunita Wono hilda.yunita@ciputra.ac.id
  • Monika Teguh hilda.yunita@ciputra.ac.id

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.6.2.76-81

Keywords:

Perilaku konsumsi media, media sosialisasi, KB pria, Surabaya.

Abstract

Kepadatan penduduk di Surabaya menyebabkan Pemerintah Kota Surabaya harus mengambil langkah strategis guna meningkatkan partisipasi masyarakat pada program Keluarga Berencana (KB). Saat ini program KB sudah banyak dijalankan oleh kalangan wanita, namun sayangnya KB Pria masih jarang diminati. Hal ini disebabkan oleh adanya mitos-mitos yang keliru maupun ketidaktahuan masyarakat mengenai jenis KB ini. Padahal jenis KB ini relatif lebih aman dan mudah pelaksanaannya. Perilaku konsumsi media digunakan untuk menemukan media yang tepat digunakan untuk sosialisasi serta membenahi pemikiran mengenai KB  Pria. Dengan menggunakan mixed methods research ditemukan Facebook dan web portal adalah media yang yang paling sering digunakan sasaran KB Pria di Surabaya.

References

Bapemas KB. (2016). Jumlah Tenaga Medis Untuk Pelayanan KB di Surabaya. Surabaya: Bapemas KB.

Bapemas KB Surabaya. (2016). Jumlah Peserta KB Aktif Tahun 2012-2015. Surabaya: Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Surabaya.

BPS Jatim. (2016). Jumlah Penduduk Tahun 2011-2015. Retrieved November 23, 2016, from Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur: http://jatim.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/12

Bryman, A. (2008). Social Research Methods (3rd Edition). Oxford: Oxford University Press.

Daymon, C., & Holloway, I. (2008). Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communication. Yogyakarta: Penerbit Bentang.

Fraenkel, J., & Wallen, N. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education 2nd Edition. New York: McGraw-Hill Inc.

Katz, H. (2014). The Media Handbook. New York: Routledge.

Khaqim, L., & Andawaningtyas, K. (2013). Proyeksi Penduduk Provinsi DKI Jakarta dan Kota Surabaya dengan Model Pertumbuhan Logistik. Jurnal Mahasiswa Matematika 1, no.3 , 232.

Kristanti, E. Y. (2010, September 27). Surabaya Kelebihan Penduduk 800 Ribu Orang. Retrieved July 09, 2016, from Viva Nasional: http://nasional.news.viva.co.id/news/read/178010-surabaya-obesitas-800-ribu-jiwa

Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Grant, I., & Kelly, K. (2009). New Media A Critical Introduction. New York: Routledge.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2014). Teori Komunikasi Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Pemerintah Kota Surabaya. (2015). Informasi Data Pokok Surabaya Tahun 2015. Surabaya: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2005). Consumer Behaviour and Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill/Irwin .

Stokes, J. (2007). How to Do Media and Cultural Studies. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Surinati, I. D., Mayuni, I. G., & Putra, I. K. (2015). Faktor Penyebab Rendahnya Jumlah Pria Menjadi Akseptor Keluarga Berencana. Gema Keperawatan, 1-6.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran - Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Tashakkori, A., & Teddlie, C. (2003). Handbook of Mixed Methods in Social and Behavioral Research. California: Sage Publications, Inc.

West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2016-12-01

How to Cite

Wono, H. Y., & Teguh, M. (2016). PERILAKU KONSUMSI MEDIA PADA PRIA DI SURABAYA (Studi pada Upaya Peningkatan Partisipasi KB Pria). Scriptura, 6(2), 76-81. https://doi.org/10.9744/scriptura.6.2.76-81

Issue

Section

Articles