PESAN MORAL DALAM FILM ANAK INDONESIA TERLARIS 2007-2015
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.6.2.82-88Keywords:
Pesan moral, film, film anak indonesia 2007-2015, analisis isiAbstract
Film merupakan salah satu media massa yang memiliki pengaruh kuat terhadap masyarakat. Film juga menjadi salah satu medium yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral bagi anak-anak. Penelitian ini mencari nilai-nilai moral yang terdapat dalam tujuh film anak Indonesia terlaris 2007-2015. Adapun penelitian ini menggun metode Analisis Isi dengan pendekatan kuantitatif. Berdasar hasil temuan data, dapat disimpulkan bahwa pesan pro sosial lebih mendominasi dibanding pesan anti sosial pada tujuh film anak Indonesia terlaris 2007-2015. Adapun pesan pro sosial yang sering tampil adalah memuji, menasehati, menghibur, berempati, kesopanan, bekerjasama, dan persahabatan. Sedangkan untuk pesan anti sosial, mayoritas pesan anti sosial yang ditampilkan adalah yang bersifat kekesan non verbal, yaitu mengejek, mempermalukan, memaki, mengancam dan menakutiReferences
Burton, G. (2012). Media Dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.
Budiningsih, Asri. (2008). Pembelajaran Moral. Jakarta: Kencana.
Cheng, Khoo Gaik dan Thomas Barker. (2007). Mau Dibawa Ke Mana Sinema Kita? Beberapa Wacana Seputar Film Indonesia. Jakarta: Salemba Humanika.
Dayakisni, Tri dan Hudaniah (2003). Psikologi Sosial. Malang:UMM Press.
Eriyanto. (2015). Analisis Isi. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.
Hirata, Andrea. (2006) Laskar Pelangi. Yogyakarta: Bentang.
Irwansyah, A. (2015, Agustus 16). Showbiz: Liputan6.com. Retrieved Mei 14, 2016, from http://showbiz.liputan6.com/read/2294952/ini-70-film-indonesia-terlaris-sepanjang-masa?p=1
Gunarsa, S. D. (2008). Dasar Dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: Gunung Mulia.
Kriyantono, R. (2009). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Mathew, N. G. (2013). A Study on the Usefulness of Audio Visual Aids in EFL Classroom: Implications for Effective Insturction. International Journal of Higher Education, 86-92.
McQuail, Dennis. (2010). Mass Communication Theory. London: SAGE Publications.
Meliana, Ike. (2014). Pesan moral prososial dan antisosial dalam video klip lagu anak-anak Indonesia tahun 1990-2013 (Skripsi No 20010944). Surabaya: UK.Petra.
Mulyana, Deddy dan Idy Subandy Ibrahim. (1997). Bercinta dengan Televisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2009). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
NMP. (2008, November 15). Oase: Tekno. Retrieved November 16, 2015, from Tekno kompas: http://tekno.kompas.com/read/2008/11/15/00495412/ laskar.pelangi.pecahkan.rekor.
Traudt, Paul J. (2005). Media, Audiences, Effects. USA: Pearson Education Inc.
Subakti, Eri. (6 Juli 2007).Retrieved Agustus 3, 2016, from https://ayikngalah. wordpress.com/2007/07/06/review-film-surat-kecil-untuk-tuhan/
Subroto, Drs. Darwanto Sastro. (2007). Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wimmer, Roger D dan Joseph R.Dominick. (2003). Mass Media Research: An Introduction 7th Edition. USA: Thimsin Learning IMC.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.