IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KRISTEN KOMUNIKATIF DI SEKOLAH DASAR KRISTEN: SEBUAH KAJIAN KONSEPTUAL

Authors

  • Romirio Torang Purba Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, INDONESIA

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.57-62

Keywords:

Pendidikan Kristen Komunikatif, Sekolah Dasar Kristen

Abstract

Sekolah Kristen adalah lembaga yang menjunjung tinggi nilai-nilai alkitabiah dalam pelaksanaan aktivitas pendidikan. Ia tidak sama dengan sekolah sekular atau sekolah religius lainnya. Ia dipandang sebagai institusi yang berfokus pada pemberitaan Injil dan hidup dari Injil itu sendiri. Tapi persoalannya, beberapa kasus menunjukkan bahwa siswa kurang tertarik dengan dengan apa yang diimani guru. Penyelenggara pendidikan kelihatannya tidak menunjukkan komunikasi multi-arah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendidikan Kristen yang komunikatif di SD Kristen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup tiga langkah: tahap orientasi, tahap eksplorasi, dan tahap terfokus. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan kegiatan reduksi data, penyajian data, interpretatif data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kristen komunikatif di SD Kristen mencakup hal-hal sebagai berikut: (1) setiap orang yang menjadi guru di SD Kristen harus mengalami “kelahiran kembali” sebagai prasyarat dalam menerapkan pendidikan Kristen yang komunikatif di sekolah dasar Kristen; (2) Menggunakan metode cerita (kisah Alkitab/inspirasional Kristen) yang dirangkai dengan kalimat-kalimat sistematis serta melibatkan unsur emosi/perasaan sebagai bagian dari perwujudan penghayatan kisah itu sendiri; (3) Menggunakan metode kelompok kecil sebagai ruang bagi setiap siswa untuk menceritakan kisahnya sendiri kepada guru atau siswa lainnya; (4) Menggunakan instrumen penilaian yang memberikan kepada masing-masing siswa kesempatan untuk mengonfirmasi pengalaman dirinya dengan Tuhan secara tertulis kepada guru sebagai pengomunikasian hasil belajar yang dicapainya setelah melewati pengalaman dari Pendidikan Kristen

References

Andersen, W. (2011). Sin and Education. Journal of Christian Education, 54(2), 51-62.

Badley, K., Belcher, C., Crick, R.D., Hanson, K., Hull, J., Pedersen, C.H., Roodnick, B., Sandsmark, S. (1998). Identifying Christian Schools: How do you tell when you’ve found one?. Journal of Education & Christian Belief, 2(1), 39-51.

Collier, J., & Dowson, M. (2007). Applying an Action Research Approach to Improving The Quality of Christian Education. Journal of Christian Eduction, 50(1), 27-36.

De Bruin, H.L., & De Muynck, A. (2017). Exploring the Professional Ideals of Christian Teachers from Conservative Protestant Schools in The Netherlands. International Journal of Christianity & Education, 0(0), 1-15.

Fotiou, S.S. (2001). Difference and Unity: The Goal of Christian Education. Journal of Christian Education, 44(2), 7-15.

Galindo, I. (2001). Methods of Christian Education toward Christian Spiritual Formation. Review and Expositor, 98(3), 411-429.

Harris, J.C. (1995). The Training of The Mind in Christian Education. Journal of Christian Educa-tion, 38(3), 35-47.

Hendricks, H.G. (2013). Mengajar untuk Mengubah Hidup. Yogyakarta: Yayasan Gloria.

Howie, G. (1962). St. Augustine’s Theory of Christian Education: The Preparation of The Christian Teacher. International Journal of Christianity & Education, 5(1), 20-35.

Howie, G. (1962). St. Augustine’s Theory of Christian Education: Principles of Christian Instruction. International Journal of Christianity & Education, 5(3), 169-185.

Jull, D. (2006). Jonathan Edwards and The Christian Education of Today’s Young People. Journal of Christian Education, 49(2), 15-21.

Justins, C. (2009). Christian Schooling and Educational Excellence: An Australian Perspective. Journal of Education & Christian Belief, 13(1), 49-64.

Kidson, P. (2000). Towards a Christian Praxis Educa-tion: Some Possibilities for Christian Schools. Journal of Education & Christian Belief, 4(2), 151-161.

Massey, K.G. (1999). Christian Education Develop-ments in The 20th Century. Review and Expositor, 96(3), 411-422.

Rooney, P. (2009). Educational and Biblical Perspec-tives for Academic Achievement in Christian Schools. Journal of Christian Education, 52(3), 7-19.

Sandsmark, S. (1997). Is Faith the Purpose of Christian Education?. Journal of Education & Christian Belief, 1(1), 25-32.

Scott, B. (2012/2013). What is The Measure of A Christian School?. Journal of Christian Education, 55(1), 37-50.

Smith, I.C. (1959). A Conception of Christian Educa-tion. International Journal of Christianity & Education, 2(1), 12-15.

Sullivan, J. (2003). A Conception of Christian Educa-tion. Journal of Education & Christian Belief, 7(1), 7-21.

Taber, C.R., & Smalley, W.A. (1960). What is Chris-tian Education?. Missiology: An International Review, 7(1), 36-42.

Tenney, M.C. (2015). Some Basic Theological Assumptions of Christian Education. International Journal of Christianity & Education, 1(1), 7-12.

Twelves, J. (2001). Some Characteristic of Successful Christian Schooling in Australia. Journal of Education & Christian Belief, 5(1), 61-73.

Wright, A.W. (2015). Kierkegaard, Justification and The Integrity of Christian Education. Internatio-nal Journal of Christianity & Education, 19(2), 108-120.

Yonker, J.E., Wielard, C.J., Vos, C.L., & Tudder, A.M. (2017). Teaching Humility in First-Grade Christian School Children. International Journal of Christianity & Education, 21(1), 55-71.

Downloads

Published

2018-10-19

How to Cite

Purba, R. T. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KRISTEN KOMUNIKATIF DI SEKOLAH DASAR KRISTEN: SEBUAH KAJIAN KONSEPTUAL. Scriptura, 7(2), 57-62. https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.57-62