EFEKTIVITAS IKLAN BRIGHTON DI JAWA POS PADA MASYARAKAT SURABAYA

Authors

  • Geraldina Kumala Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, INDONESIA
  • Felicia Goenawan Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, INDONESIA
  • Vita Monica Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, INDONESIA

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.80-88

Keywords:

Efektivitas Iklan, Brighton, Customer Response Index, Agen Properti, Iklan Surat Kabar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas iklan Brighton pada masyarakat Surabaya. Brighton sebagai salah satu perusahaan agen properti terkemuka di Surabaya, memasang iklan pada Iklan Jitu Jawa Pos sejak tahun 2011. Iklan tersebut adalah iklan kartu nama agen Brighton dan iklan daftar properti Brighton. Efektivitas kedua iklan ini diukur dengan metode Customer Response Index (CRI). Untuk mengetahui bagaimana efektivitas kedua iklan tersebut, peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif, dan menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner. Iklan dikatakan efektif jika memenuhi tahapan komunikasi dan tujuan perusahaan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa baik iklan kartu nama agen maupun iklan daftar properti efektif

References

Best, Roger J. (2013). Market Based Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Widjaja, Anton Wachidin., & Supratikno, Hendrawan. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif: Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy,. Onong Uchjana, MA. (2002). Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Ban-dung: Remaja Rosdakarya.

Fill, Chris. (2005). Marketing Communcation: Context, Content, and Strategies 4th ed. London: Prentice Hall.

Fraenkel, J.R & Wallen, N.E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: Mc Graw Hill.

Hurlock, Elizabeth. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Jawapos.com. (2017). Properti Baru dan Bekas Sama-Sama Tumbuh. Retrieved: http://www.jawapos. com/read/2017/01/21/103889/properti-baru-dan-bekas-sama-sama-tumbuh.

Jawapos.com. (2017). Tahun Ini, Sektor Properti Diperkirakan Mulai Bangkit. Retrieved: http://www.jawapos.com/read/2017/02/10/108697/tahun-ini-sektor-properti-diperkirakan-mulai-bangkit.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kompas.com. (2017). Belanja Iklan di Media pada 2016 Capai Rp 134,8 Triliun. Retrieved: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/02/01/201241826/belan ja.iklan.di.m edia.pada. 2016.capai.rp.134.8.triliun.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management 13th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Lane, W. Ronald, & Russel, J. Thomas. (2001). Advertising: A Framework. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Siagian, Sondang P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Silalahi, Dr. Ulber, MA. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Singarimbun, Masri, Effendi, Sofian. (2008). Metode Penelitian Survei: Edisi Revisi. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tuckwell, Keith J. (2008). Integrated Marketing Communication: Strategic Planning Perspective. Second Edition. USA: Pearso Pretice Hall.

Utama, Sandy S., Andadari, Ross K., & Matrutty, Eko S. (2009). Efektivitas Iklan Televisi Partai Gerindra berdasarkan Metode customer Res-ponse Index (CRI), di Salatiga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis vol. XV no. 1 Maret 2009. P.89-102

Wells, William., Burnett, John., Moriarty, Sandra. (2000). Advertising: Principles and Practice. Fifth Edition. Prentice Hall.

Yuwono, Revica Febi. 2014. Efektivitas Iklan Jaya-nata di Surat Kabar Jawa Pos Terhadap Masya-rakat Surabaya. Jurnal E-Komunikasi. Vol 2 No 1. http://download.portalgaruda.org/article.php? article=194885&val=6518&title=EFEKTIVITAS%20IKLAN%20JAYANATA%20DI%20SURAT%20KABAR%20JAWA%20POS%20TERHADAP%20MASYARAKAT%20SURABAYA (Diakses 6 Maret 2017).

Downloads

Published

2018-10-19

How to Cite

Kumala, G., Goenawan, F., & Monica, V. (2018). EFEKTIVITAS IKLAN BRIGHTON DI JAWA POS PADA MASYARAKAT SURABAYA. Scriptura, 7(2), 80-88. https://doi.org/10.9744/scriptura.7.2.80-88