PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS “BMW” PADA FILM MISSION IMPOSSIBlE: FALLOUT

Authors

  • Steven Steven Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Indonesia 40257, Bandung, Indonesia (022) 7564
  • Ratih Hasanah Sudrajat Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Indonesia 40257, Bandung, Indonesia (022) 7564

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.8.2.75-82

Keywords:

Product placement, brand awareness, BMW, mission impossible, fallout

Abstract

Film Mission Impossible: Fallout adalah salah satu film yang menerapkan penggunaan Product Placement. Product Placement yang paling dominan dalam film ini adalah brand automotive BMW. BMW telah melakukan kerja sama dengan Paramount Pictures sebagai exclusive automotive cars marketing partners untuk film Mission Impossible franchise sejak tahun 2011. Setiap global campaign dari seri film Mission Impossible ini bertujuan untuk mempromosikan launching produk terbaru yang akan dirilis oleh BMW nantinya, Dengan adanya situasi penggunaan product placement secara berturut-turut sebagai sarana promosi menjadi permasalahan yang layak diteliti mengenai bagaimana product placement mempengaruhi brand awareness audience yang menonton film Mission Impossible: Fallout.  Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variable independen yaitu product placement. Variable dependen yaitu brand awareness. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kausal dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung yang berusia ≥ 20 tahun dan sudah pernah menonton film Mission Impossible: Fallout. Dengan sample sebanyak 100 orang yang telah dihitung menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dengan tehnik Purposive Sampling dan diuji dengan tehnik regresi linear sedeharana. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa tanggapan audience terhadap product placement memiliki pengaruh yang tinggi sebesar 76,53% dan tanggapan audience terhadap brand awareness juga menunjukan kategori tinggi dengan skor sebesar 73,47% dah skor pengaruh hubungan product placement terhadap brand awareness yang diuji dengan analisis regresi linear sederhana bernilai positif dengan perolehan skor sebesar 62,3%

References

Aaker, David A. (1991), Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York: The Free Press.

Aaker, David A. (1996). Building Strong Brands. New York: Free Press.

Balasubramanian, S K. “Beyond Advertising and Publicity: Hybrid Messages and Public Policy Issues.” Journal of Advertising. 23, no. 4 (December 1994): 29-46. Business Source Premier.

Belch, George E., dan Belch, Michael A. (2007). Advertising and promotion An Intergrated Marketing Communications Prespective (7e). New-York: McGraw-Hill.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta : Erlangga.

Kumalawati, Jessica. 2012. Analisa Sikap Audience Terhadap Product/Brand Placement Apple Pada Film “Mission Impossible 4 (Ghost Protocol)”. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 1, (2012) 1-7. Universitas Kristen Petra.

Rarassati, Shilla Chandra. 2017. Pengaruh Product Placement Terhadap Brand Awareness Audi Pada Film Transporter 3. Universitas Telkom.

Russell, C. A. (1998), "toward a Framework of Product Placement: theoretical Propositions", in NA - Advances in Consumer Research. Volume 25, eds. Joseph W. Alba & J. Wesley Hutchin-son, Provo, UT: Association for Consumer Research, Pages: 357-362.

Russel, C. A. (2002). Investigating The Effectiveness of Product placement in Television Shows: The Role of Modality and Plot Connection Congruence on Brand Memory Attitude. Journal of Consumer Research, 308.

Sekaran, uma dan Roger Bougie. (2010). Edisi 5, Research Method For Business: A Skill Building Approach. John Wiley @ Sons, New York.

Shimp Terence A., 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid 1 -5/E. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2019-06-13

How to Cite

Steven, S., & Sudrajat, R. H. (2019). PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS “BMW” PADA FILM MISSION IMPOSSIBlE: FALLOUT. Scriptura, 8(2), 75-82. https://doi.org/10.9744/scriptura.8.2.75-82