PENGARUH REVIEW OLEH SARAH AYU PADA PRODUK KECANTIKAN DI YOUTUBE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK

Authors

  • Lutfiah Arista Program Studi Ilmu Komunikasi, STIKOM London School of Public Relations
  • Herlan Lasmana Program Studi Ilmu Komunikasi, STIKOM London School of Public Relations

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.9.1.26-34

Keywords:

Review Produk Kecantikan, Youtube, Brand awareness, Keputusan Menggunakan Produk, Computer Mediated Communication (CMC).

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh review produk kecantikan pada Youtube dan brand awareness terhadap keputusan menggunakan produk. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh langsung masing-masing variabel review produk kecantikan pada Youtube channel Sarah Ayu dan brand awareness  terhadap keputusan menggunakan produk, serta menguji pengaruh review produk kecantikan pada Youtube secara bersama-sama dengan brand awareness terhadap keputusan menggunakan produk. Selain itu juga menguji apakah brand awareness memediasi antara review dengan keputusan menggunakan produk. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Computer Mediated Communication (CMC). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Responden dalam penelitian ini adalah subscriber perempuan channel Youtube Sarah Ayu yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa review produk kecantikan pada Youtube channel Sarah Ayu dan brand awareness masing-masing mempunyai pengaruh langsung terhadap keputusan menggunakan produk. Hasil regresi linier berganda membuktikan bahwa brand awareness mempunyai pengaruh yang lebih besar daripada review produk kecantikan pada youtube. Saran, sebaiknya Sarah Ayu untuk lebih menanggapi komentar yang ada pada kolom komen di channel Youtubenya, agar penonton merasa lebih terlibat dalam video yang diunggahnya.

References

Sejarah Berdirinya Youtube. (2014, Desember 11). Diperoleh pada 30 Oktober 2016 dari website: http://www.portalsejarah.com/sejarah-berdirinya-youtube-situs-berbagi-video-daring-terbe-sar.html.

Felicia, N. (2013, Oktober 1). Riset: Pasar Kosmetik di Indonesia Terus Bertumbuh. Diperoleh dari: http://www.beritasatu.com/gaya-hidup/141520-riset-pasar-kosmetik-di-indonesia-terus-bertumbuh.htmL

Statistik Youtube.[n.d]. diperoleh pada 30 Oktober 2016 dari website: https://www.youtube.com/yt/ press/id/statistics.html.

Top Sites in Indonesia. [n.d]. Diperoleh pada 3 Oktober 2016 dari website: www.alexa.com/topsites/countries/ID

Situmorang, Tria Nita. (2016, April). 9 Beauty Vlogger Lokal yang wajib kamu subscribe. Diperoleh pada 10 May 2017 dari website: http://www. hipwee.com/list/ini-dia-9-beauty-vlogger-lokal-yang-wajib-kamu-subscribe/

Raafi. (2016, May 27). “Peluang Bisnis Baru Yang Lagi Nge-Hits Itu Bernama Youtube Reviewer!”. Diperoleh dari website: http://plaza-bisnis.com/peluang-bisnis-baru-dari-youtube-review/

Putra, S.A.W., dan Riorini, S.V. (2016). Pengaruh Online Reviews Terhadap Online Hotel Booking Intentions Pada Online Travel Agent Lokal. Seminar Nasional Cendekiawan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti Jakarta.

Thurlow, C., Lengel, L. & Tomic, A. (2007) Computer Mediated Communication: Social, Interaction and the Internet. London: SAGE Publication Ltd.

Jarot, S., & Sudarma, S. (2012). Buku Super Pintar Internet. Jakarta: Mediakita.

Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Safko, L. dan Brake, D. K. (2009) The Social Media Bible: Tactics, Tools, Strategies For Business Success. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. Canada: Simultaneously.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Enterprise, J. (2013). Buku Pintar Internet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

West, R. dan Turner, L.H. (2008) Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Sulistyawati, D. I., Maya, S., & Nuraeni, R. (2013). Taktik Taktis Lolos UN SMA/MA IPA 2014. Jakarta: PT. Tangga Pustaka.

Korfiatis, N., Garcia-Bariocanal, E., & Sanchez-Alonso, S. (2011). Evaluating Content Quality and Helpfulness of Online Product Reviews: The Interplay of review helpfulness vs. Review content. Electronic Commerce Research and Applications, 11, 205-217.

Surachman, S. A. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek. Malang: Bayumedia.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. England: Pearson Education Ltd.

Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Metode dan Penelitian Instrumen Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertasi Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Arista, L., & Lasmana, H. (2019). PENGARUH REVIEW OLEH SARAH AYU PADA PRODUK KECANTIKAN DI YOUTUBE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK. Scriptura, 9(1), 26-34. https://doi.org/10.9744/scriptura.9.1.26-34

Issue

Section

Articles