STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 7P PENGELOLA MUSEUM SEJARAH JAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN MANCANEGARA
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.34-42Keywords:
Komunikasi pemasaran 7p, meningkatkan daya tarik, museum sejarah Jakarta, strategi wisatawan mancanegaraAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Objek penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran pengelola Museum Sejarah Jakarta dalam upaya meningkatkan daya tarik wisatawan mancanegara. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Museum Sejarah Jakarta diantaranya menggunakan brosur, pamflet, pemasaran langsung secara persuasif, menyelenggarakan event yang unik dan menarik, dan melalui social media seperti instagram dan facebook. Selain itu pengelola Museum Sejarah Jakarta menerapkan bauran komunikasi pemasaran 7p (product, price, promotion, place, people, process, physical evidence) dari manfaat informasi untuk para wisatawan mancanegara, potongan harga untuk rombongan, kemudahan akses untuk para wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung, event yang diselenggarakan bertemakan sejarah maupun edukasi, dan koleksi yang berbeda dengan museum lainnya.
References
Arifin, Anwar. 2002. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Cangara, H. Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Dewi Fatikhatuz Zahro. 2015. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Desa Wisata dalam Mening-kat¬kan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Gitosudarmo, Indriyo. 2017. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. BPFE: Yogyakarta. Gunawan, Iwan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah Dzilqarnain. 2015. Strategi Komunikasi Pemasaran Universitas Muhammadiyah Mage-lang. Jurnal ilmu Komunikasi.
Ibnularoby. 2013. Persepsi Konsumen Terhadap Marketing Mix 7P Pada Perusahaan PO.SAN Bengkulu.
Imul Pratama. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Kendari dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Wisata Pantai Nambo Kendari. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Muthia Misdrinaya, 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Makassar dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Sunyoto, Danang. 2013. Manajemen Pemasaran (Pendekatan Konsep, Kasus, dan Psikologi Bisnis). CAPS (Center of Academic Publishing Service): Yogyakarta.
Sutryadi, Edi. 2018. Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Rosda: Bandung.
Yusniar Dwi Ratnasari. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pantai Tirta Samudra. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Diskominfo. 2017. Museum Sejarah Jakarta. Diakses dari https://Jakarta.go.id/artikel/konten/2534/ museum-sejarah-Jakarta, pada tanggal 23 De¬sem¬-ber 2018 pukul 13.06.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.