STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 7P PENGELOLA MUSEUM SEJARAH JAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN MANCANEGARA

Authors

  • Anissa Aprilia Adhianti Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, Jl. Margonda Raya No. 100, Depok 16424, Jawa Barat
  • Herlinda Herlinda Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, Jl. Margonda Raya No. 100, Depok 16424, Jawa Barat

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.34-42

Keywords:

Komunikasi pemasaran 7p, meningkatkan daya tarik, museum sejarah Jakarta, strategi wisatawan mancanegara

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Objek penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran pengelola Museum Sejarah Jakarta dalam upaya meningkatkan daya tarik wisatawan mancanegara. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Museum Sejarah Jakarta diantaranya menggunakan brosur, pamflet, pemasaran langsung secara persuasif, menyelenggarakan event yang unik dan menarik, dan melalui social media seperti instagram dan facebook. Selain itu pengelola Museum Sejarah Jakarta menerapkan bauran komunikasi pemasaran 7p (product, price, promotion, place, people, process, physical evidence) dari manfaat informasi untuk para wisatawan mancanegara, potongan harga untuk rombongan, kemudahan akses untuk para wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung, event yang diselenggarakan bertemakan sejarah maupun edukasi, dan koleksi yang berbeda dengan museum lainnya.

References

Arifin, Anwar. 2002. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Cangara, H. Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Dewi Fatikhatuz Zahro. 2015. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Desa Wisata dalam Mening-kat¬kan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Gitosudarmo, Indriyo. 2017. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. BPFE: Yogyakarta. Gunawan, Iwan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah Dzilqarnain. 2015. Strategi Komunikasi Pemasaran Universitas Muhammadiyah Mage-lang. Jurnal ilmu Komunikasi.

Ibnularoby. 2013. Persepsi Konsumen Terhadap Marketing Mix 7P Pada Perusahaan PO.SAN Bengkulu.

Imul Pratama. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Kendari dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Wisata Pantai Nambo Kendari. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Muthia Misdrinaya, 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Makassar dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sunyoto, Danang. 2013. Manajemen Pemasaran (Pendekatan Konsep, Kasus, dan Psikologi Bisnis). CAPS (Center of Academic Publishing Service): Yogyakarta.

Sutryadi, Edi. 2018. Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Rosda: Bandung.

Yusniar Dwi Ratnasari. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pantai Tirta Samudra. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Diskominfo. 2017. Museum Sejarah Jakarta. Diakses dari https://Jakarta.go.id/artikel/konten/2534/ museum-sejarah-Jakarta, pada tanggal 23 De¬sem¬-ber 2018 pukul 13.06.

Downloads

Published

2020-07-06

How to Cite

Adhianti, A. A., & Herlinda, H. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 7P PENGELOLA MUSEUM SEJARAH JAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN MANCANEGARA. Scriptura, 10(1), 34-42. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.34-42

Issue

Section

Articles