STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA: MENCIPTAKAN SEMINYAK MENJADI TOP OF MIND TUJUAN WISATA DI BALI

Authors

  • Ilona Vicenovie Oisina Situmeang Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia-YAI, Jakarta

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.43-52

Keywords:

Strategi Komunikasi, Pariwisata, Top of Mind, Seminyak, Bali

Abstract

Sektor pariwisata setiap negara dapat meningkatkan perekonomian dan mendatangkan devisa bagi negara. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tujuan wisata alam dan budaya, salah satunya adalah Bali. Bali menawarkan berbagai pesona keindahan wisata alam dan budaya yang dapat dinikmati wisatawan, salah satunya daerah Seminyak. Dalam penelitian ini meneliti strategi komunikasi pariwisata menciptakan Seminyak menjadi top of mind tujuan wisata di Bali. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sifat penelitian deskriptif. Pengumpulan Data dilakukan dengan wawancara kepada beberapa wisatawan asing, lokal dan masyarakat setempat, observasi dan FGD. Hasil yang didapatkan bahwa dalam meningkatkan pariwisata suatu wilayah, strategi komunikasi pariwisata sangat dibutuhkan dengan merancang pesan oleh pemerintah daerah, dinas pariwisata, pelaku bisnis pariwisata dan masyarakat lokal. Memilih media promosi komunikasi dalam penyampaian pesan pariwisita yang menarik melalui media cetak, elektronik dan media online. Pariwisata di Seminyak terlihat dari meningkatnya sarana dan prasarana pariwisata yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Seminyak, seperti hotel, villa, money changer, shoping center, salon dan spa, resoran dan kuliner, cafe dan club malam tersedia diwilayah Seminyak

Author Biography

Ilona Vicenovie Oisina Situmeang, Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Persada Indonesia-YAI, Jakarta

Pascasarjana fakultas ilmu komunikasi UPI YAI Jakarta

References

Atiko Gita, Ratih Hasanah Sudrajat, Kharisma Nasionalita. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kemen-terian Pariwisata RI (Studi Deskriptif Akun Instagram @indtravel). Jurnal Sosioteknologi. Vol. 15, No 3, Desember 2016.

Antari, Ni luh Sili. (2013). Peran Industri Pariwisata Terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Gianyar. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata. Vol. 3, No 1 Agustus 2013: 35-45.

Budiani Sri Rahayu, Wahdaningrum Windarti, Yosky Dellamanda, Pratama Hendra S, Mulandari Henny, Iskandar Heu Nur Taufiq, Alphabettika Mica, Maharani Novela, Febriani Rizka Fitria, Kusmiati Yanti. (2018). Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjut¬an Berbasis Komunitas di Desa Sembungan Wonosobo, Jawa Tengah. Majalah Geografi Indonesia, Vol. 32, No 2 September 2018: 170-176.

Cangara Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hendarto A.K. (2008). Ekowisata: Sebuah Diferen¬siasi Produk Pariwisata di Indonesia Pasca Tragedi Bali (Online). http://www.wisata-melayu.co/id/article.php?a=Zwngl3

Hidayat Surahman. (2017). Peranan Hotel Lombok Raya Terhadap Masyarakat Sekitar dan Daya Dukungannya Terhadap Kebutuhan Sektor Pariwisata di Pulau Lombok. Jurnal Valid, Vol. 14, No 2.

Hidayat Marcella. (2011). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Objek Wisata (Studi Kasus Pantai Pangandaran Ciamis, Jawa Barat). Tourism and Hospitality Esensial Journal. Vol. 1, No 1, 2011: 33-44.

Kanom. (2015). Strategi Pengembangan Kuta Lombok Sebagai Destinasi Pariwisata Ber¬kelanjutan, Jurnal Magister Pariwisata, Vol. 2, No.1: 25-42.

Keliwar, Said dan Nurcahyo, Anton. 2015. Motivasi Dan Persepsi Pengunjung Terhadap Objek Wisata Desa Budaya Pampang Di Samarinda. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, Vol. 12, No. 2, Oktober 2015: 10-27.

Moleong, Lexy. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nevita Septria. (2017). Pemanfaatan Media Dalam Promosi Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan (Studi pada Disparekraf Pora Kabupaten Pesisir Selatan). Tesis: Program Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Andalas.

Pratiwi Beta Desi dan Pinasti Indah Sri. 2017. Pariwisata dan Budaya (Studi Peran Serta Masyarakat Lokal dalam Pengelolaan Pariwisata di Kampung Pitu, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul). Jurnal Pendidikan Sosiologi.

Rogers EM. (2003). Diffusion of Innovations. New York: A Division of Macmillan Publishing Co. Inc.

Situmeang Ilona Vicenovie Oisina., Sugianto, Angelia Sulistiwaty. (2017). The Identification Of Persuasive Message Campaign, “Wonderful Indonesia 2015”. Jurnal ASPIKOM. Vol. 3, No 3 Juli 2017.

Situmeang, Ilona Vicenovie Oisina. 2016. Corporate Social Responsibility Dipandang Dari Perspek¬tif Komunikasi Organisasi. Yogyakarta: Ekuili¬bria.

Situmorang, Syafrizal Helmi. 2008. Destination Brand: Membangun Keunggulan Bersaing Dae¬rah. Jurnal Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jurnal Wahana Hijau, Vol. 4, No 2, Desember 2008.

Soemantri. (2008). Keunggulan Bali sebagai Daerah Tujuan Wisata Andalan Indonesia. Jurnal Seminar Ikatan Geografi Indonesia.

Sugiyarto dan Amaruli Rabith Jihan. 2018. Pengem-bangan Pariwisata Berbasis Budaya Dan Kearifan Lokal. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 7, No 1, Maret 2018: 45-52.

Sutarso Joko. (2012). Menggagas Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional “Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal” dalam rangka Dies Natalis Jurusan Ilmu Komunikasi Univ. Jend. Soedirman Ke-14 hal: 505-515.

Suwarto, Titania. (2011). Pengaruh Iklim dan Peru-bahan Terhadap Destinasi Pariwisata Pangan¬dar-an. Jurnal Perencanaan Wilayah Kota, Vol. 22, No 1, April 2011:17-32.

Wijaya Kandi. (2015). Masa Depan Pariwisata Bali (Perspektif Permasalahan dan Solusinya). Journal of Research in Economic and Mana¬gement, Vol. 15, No 1, Januari-Juni 2015: 118-135.

Downloads

Published

2020-07-06

How to Cite

Situmeang, I. V. O. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA: MENCIPTAKAN SEMINYAK MENJADI TOP OF MIND TUJUAN WISATA DI BALI. Scriptura, 10(1), 43-52. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.43-52

Issue

Section

Articles