DESTINATION BRANDING OF TERAS CIKAPUNDUNG: A MODEL OF COMMUNICATION STRATEGY

Authors

  • Agustin Rozalena Administrasi Keuangan, 2Manajemen Informatika Polieknik Piksi Ganesha Jl. Gatot Soebroto No. 301 Bandung, Indonesia
  • Iis Saidah 1Administrasi Keuangan, 2Manajemen Informatika Polieknik Piksi Ganesha Jl. Gatot Soebroto No. 301 Bandung, Indonesia

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.24-33

Keywords:

brand communication strategy, Teras Cikapundung, man made tourism

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengontruksi model strategi komunikasi merek merupakan penelitian dengan objek komunikasi merek kota dengan subjek penelitian para informan yang berkaitan dengan terbangunnya Teras Cikapundung di sekitar bantaran dan sempadan Sungai Cikapundung. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan paradigma kontruksi serta analisis studi kasus. Peneliti menggunakan teknik depth interviewing, Focus Group Discussion (FGD), observasi, analisis dokumenserta teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menyatakan  1) proses pembentukan komunikasi merek wisata kota buatan Teras Cikapundung melalui elaborasi Model MESSAGE dan destination branding strategy; 2)  adanya strategi wisata buatan Teras Cikapundung berdasarkan tiga unsur penguatan melalui lokasi karyawisata, kesadaran komunitas dan kebersihan lingkungan, Kliatchko’s Model of Integrated Marketing Communication (IMC) dan Strategic Management of Teras Cikapundung’s Brand Communication Programmes; 3) Model strategi komunikasi merek wisata kota buatan Teras Cikapundung yang menunjukkan urutan aktivitas kontruksi strategi yang dilakukan oleh pihak komunikator

Author Biographies

Agustin Rozalena, Administrasi Keuangan, 2Manajemen Informatika Polieknik Piksi Ganesha Jl. Gatot Soebroto No. 301 Bandung, Indonesia

Administrasi keuangan

Iis Saidah, 1Administrasi Keuangan, 2Manajemen Informatika Polieknik Piksi Ganesha Jl. Gatot Soebroto No. 301 Bandung, Indonesia

Manajemen Informatika

References

Adona, F., Nita, S., & Mafrudoh, L. (2017). City Branding: Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Padang. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Calll For Papers UNISBANK KE-3 (SENDI_U 3, 536–546. Retrieved from https://adoc.tips/city-branding-strategi-pemasaran-pariwisata-kota-padang.html

Almeyda-Ibáñez, M., & George, B. P. (2017). Place Branding in Tourism: A Review of Theoretical Approaches and Management Practices. Tourism & Management Studies, 13(4), 10–19. https://doi.org/10.18089/tms.2017.13402

Andriyanto, Evan, N., Budiono, H., & Wiyanto, H. (2018). Pengaruh Brand Image dan Corporate Branding Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Melalui Brand Equity Sebagai Mediasi Pada Mahasiswa/i S1 Manamajen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara. 2510262. Retrieved from http://cmbs.untar.ac.id/images/prosiding/2018/040_CMBS2018_Njo-Herlina-Hendra.pdf

Angell, P. (2007). Business communication design : creativity, strategies, and solutions (2nd ed.). Boston: McGraw-Hill.

Entaswara. (2008). Think IMC. Efektivitas Komunitas Untuk Menciptakan Loyalitas Merek dan Laba Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Halimatusadiah, S., Dharmawan, A. H., & Mardiana, R. (2012). Efectivity of Participatory Institution in Citarum River Upstream Watershed. Jurnal Sosiologi Pedesaan, 6(1), 1–20.

Kirom, N. R., Sudarmiatin, & Putra, I. W. J. A. (2016). Faktor-faktor Penentu Daya Tarik Wisata Kepuasna Wisatawan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 536–546.

Kliatchko, J. (2002). Understanding Integrated Marketing Communication. Pasig City, Philippines: Inkwell Publishing.

Konecnik, M. (2010). Extending the tourism destination image concept into customer- based brand equity for a tourism destination. Ekonomska Istrazivanja, 23(3), 24–42.

Nugraha, A. (2019). Teks Wawancara. Bandung: Bagian Program Data Informasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung.

Pike, S., & Page, S. J. (2014). Destination Marketing Organizations and Destination. Tourism Management, 41, 202–227.

Rozalena, A. (2019). City Branding Models Based On Artificial Tourism. In D. Dina (Ed.), ISBN 2715-2030 (pp. 166–172). Retrieved from https//www.icmimuda.org

Saidah, I., & Rozalena, A. (2019). Model City Branding Melalui Revitalisasi Sungai Cikapundung. MediaTor, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29313/mediator.v12i2.5026

Yuliana, A. Y. (2019). Teks Wawancara. Bandung: Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

Yuwo, H., Ford, J. B., & Purwanegara, M. S. (2013). Customer-Based Brand Equity for a Tourism Destination (CBBETD): The specific case of Bandung City, Indonesia. Organizations and markets in Emerging Economies. Organizations and Markets in Emerging Economies, 4(1), 8–22.

Downloads

Published

2020-07-06

How to Cite

Rozalena, A., & Saidah, I. (2020). DESTINATION BRANDING OF TERAS CIKAPUNDUNG: A MODEL OF COMMUNICATION STRATEGY. Scriptura, 10(1), 24-33. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.24-33

Issue

Section

Articles