KOMUNIKASI PEMASARAN BAGI PASAR LANJUT USIA (Studi Kasus Pada Promosi Jasa Tukang Gigi Hoe Sioe Shen)
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.1-9Keywords:
Bauran promosi, pasar lansia, tukang gigiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya komunikasi pemasaran yang dapat menembus pasar lansia, dimana akibat degenerasi para lansia sulit untuk melakukan komunikasi namun tentunya masih memiliki kebutuhan pribadi yang perlu dipenuhi. Salah satu kebutuhan dari lansia adalah protesa gigi untuk membantu para lansia mengkonsumsi makanan sehari-hari. Di kota Surabaya terdapat jasa tukang gigi Hoe Sioe Shen yang telah melayani jasa pembuatan protesa gigi selama 76 tahun. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi kasus yang menjabarkan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Hoe Sioe Shen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa komponen promotional mix primer atau yang paling efektif pada perusahaan Hoe Sioe Shen adalah word of mouth (WOM), personal selling, dan sales promotion yang didukung dengan komponen lainnya dalam menjalankan komponen primer yaitu public relations. Namun Hoe Sioe Shen tidak melakukan beberapa komponen seperti advertising, online marketing, dan direct marketing walaupun terdapat peluang untuk dilakukan.
References
Adhianti, A. A., & Herlinda, H. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Pengelola Museum Sejarah Jakarta Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Mancanegara. Scriptura, 10(1), 34–42. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.34-42
Agtini, M. D. (2010). Persentase Pengguna Protesa Di Indonesia. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 20(2), 50–58. http://repository.litbang.kemkes.go.id/1409/
Bughin, J., Doogan, J., & Vetvik, O. J. (2010). A new way to measure word-of-mouth marketing. In McKinsey Quarterly (Vol. 2).
Departemen Kesehatan. (2014). Profil keseharan Indonesia Tahun 2013. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta). In Jurnal Perspektif (Vol. 16, Issue 1). www.naikuber.com,
Fajar, A. (2017). Implementasi Intergrated Marketing Communication pada Tokopedia dalam Mempertahankan Pelanggan. Jurnal Komunikasi, 8(3), 210–214.
Helmi, A., & Sande. (2020). Analisis Peran Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Keluarga. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Terapan, 14(1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hendria, R., Ahman, E., & Novalita, D. P. (2014). PENGARUH PROGRAM DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN MEETING PACKAGE GRAND HOTEL LEMBANG (Survei pada Tamu Bisnis di Grand Hotel Lembang). In THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.17509/THEJ.V4I1.1979.G1362
Herdiansyah, H. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika.
Karani, K. G., & Fraccastoro, K. A. (2010). Resistance To Brand Switching: The Elderly Consumer. Journal of Business & Economics Research (JBER), 8(12), 77. https://doi.org/10.19030/jber.v8i12.784
Kusniadji, S. (2018). Kontribusi Penggunaan Personal Selling Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Pada Era Pemasaran Masa Kini. Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–183. https://doi.org/10.24912/jk.v9i2.1078
Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S. T., & Toth, E. L. (2010). Public Relations - Profesi dan Prkatik. Penerbit Salemba Humanika.
Rohmah, A. I. N., & Bariyah, K. (2015). Kualitas Hidup Lanjut Usia. Jurnal Keperawatan, 3(2), 120–132.
Saputri, M. A. W., & Indrawati, E. S. (2011). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Depresi Pada Lanjut Usia Yang Tinggal Di Panti Wreda Wening Wardoyo Jawa Tengah. Jurnal Psikologi, 9(1), 65–72. https://doi.org/10.14710/jpu.9.1
Setiawan, W. C., & Wijaya, L. S. (2020). STRATEGI IMC DALAM MEMPROMOSIKAN PROGRAM INTERNASIONAL (Studi kasus di Universitas Kristen Satya Wacana – Salatiga). Scriptura, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.1-14
Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communication. Cengage Learning.
Silverman, G. (2011). The Secrets of Word of Mouth. AMACOM.
Stefani, L., & Mukti, A. B. (2012). Operasional konsep bauran promosi di Hotel Amaris Pemuda Semarang. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 11(2), 24–32.
Teguh, M., Anandari, P., & Bungin, B. (2020). Aktivitas Public Relations Di Mall Ciputra World Surabaya. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 1–17. http://journal.unj.ac.id/
Teguh, M., Benita, A., & Dewi, N. K. A. S. U. (2020). Pemanfaatan Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada UMKM Snack Indochip. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(1), 40–55. https://doi.org/10.35706/JPRMEDCOM.V2I1.3748
Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). Perancangan Strategi Digital Marketing Communication Bagi Industri Perhotelan Dalam Menjawab Tantangan Era Posmodern. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 51–64. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2067
Teguh, M., Widjaja, E. D. N., Hartanto, L. C., & Lukito, J. K. (2020). Implementation of Integrated Marketing Communication at Kampoeng Semarang. Proceedings of the 2nd Jogjakarta Communication Conference (JCC 2020), 459, 222–226.
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif penelitian Tindakan Kelas (PTK) Reaserch and Development (R&D). Bumi Aksara.
Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 283–304. https://doi.org/10.35316/10.1234/vol3iss2pp230
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Monika Teguh, Kevin Joshua Humardani, Seraphine Amadea Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.