PERILAKU KONSUMEN MASYARAKAT SURABAYA DALAM PEMBELIAN PAKAIAN

Authors

  • Felicia Goenawan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Vita monica Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.18-25

Keywords:

Perilaku konsumen, media, komunikasi mode

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen masyarakat Surabaya dalam membeli pakaian. Penelitian ini menggunakan teori perilaku konsumen, segmentasi pasar yakni demografi dan psikografi. Teori pengambilan keputusan yang digunakan hanya menggunakan tahap Problem Recognition, Information Search, dan Outlet Selection & Purchase. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan nonprobability sampling, yaitu Purposive Sampling dengan 100 responden masyarakat Surabaya serta melakukan pembelian produk fashion dalam 3 bulan terakhir. Hasil dalam penelitian ini didapati teman, majalah dan instagram merupakan media utama untuk melakukan penyebaran informasi. Iklan diskon dan iklan mode terbaru juga merupakan stimulus untuk responden melakukan pembelian ditempat.

References

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Jilid 1, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication: Taktik & Strategi. Jakarta Barat: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Suryanto. (2019, Maret 5). Daya beli naik, Ritel Fashion Asing di Jatim Tumbuh 15 Persen. Retrieved from Radar Surabaya.id: https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2019/03/05/123235/daya-beli-naik-ritel-fashion-asing-di-jatim-tumbuh-15-persen

Effendi, S., & Tukiran. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Santoso, S. (2001). Riset Pemasaran konsep dan aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex media Komputindo.

Merrigan, G., & Huston, C. L. (2004). Communication Research Methods. United Stated of America: Thomson Learning Wadsworth.

Suryanto. (2019, Maret 5). Daya beli naik, Ritel Fashion Asing di Jatim Tumbuh 15 Persen. Retrieved from Radar Surabaya.id: https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2019/03/05/123235/daya-beli-naik-ritel-fashion-asing-di-jatim-tumbuh-15-persen

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior . New Jersey: Pearson Prentice Hall International Edition.

Hawkins, D., Best, R., & Coney, K. (2013). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy, Twelfth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Blackwell, R. D., Miniard, P. W., & Engel, J. F. (2012). Consumer Behavior. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Solomon, M. R. (2015). Cunsumer Behavior: Buying, Having, and Being. Eleventh Edition. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.

Rath, P. M., Petrizzi, R., & Gill, P. (2012). Marketing Fashion: A Global Perspective. New York: Bloomsbury Publising Inc.

Downloads

Published

2021-07-18

Issue

Section

Articles