STRATEGI PERSONAL BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Analisis Isi pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana)
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.41-52Keywords:
Instagram, Personal Branding, Media SosialAbstract
Personal branding menjadi urgensi bagi setiap individu pada saat ini. Pada era digital ini, media massa dan media baru (termasuk Instagram) mempunyai peran sangat besar dalam membentuk personal branding seseorang, termasuk mahasiswa yang ada di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Berdasarkan latar belakang ini, maka tujuan dari tulisan ini adalah untuk mendiskripsikan strategi personal branding yang dilakukan oleh mahasiswa UKSW melalui instagram. Tulisan ini didasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan desain penelitian analisis isi. Hasil dari penelitian tersebut adalah, pertama, perilaku mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana dalam menggunakan instagram. Kedua, mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana yang sudah melakukan strategi personal branding di Instagram dengan pemilihan busana, mengunggah prestasi, dan menggunakan keterangan foto yang dapat memotivasi dan mahasiswa yang belum menerapkan strategi personal branding.
Personal branding is an urgency for every individual at this time. In this digital era, mass media and new media (including Instagram) have a very big role in shaping a person's personal branding, including students at Satya Wacana Christian University (SWCU). Based on this background, the purpose of this paper is to describe the personal branding strategy that SWCU students are doing through Instagram. This paper is based on the results of research conducted with a qualitative approach and content analysis research design. The results of this study are, first, the behavior of Satya Wacana Christian University students in using Instagram. Second, Satya Wacana Christian University students who have implemented a personal branding strategy on Instagram by selecting fashion, uploading achievements, and using photo captions that can motivate and students who have not implemented a personal branding strategy.
References
Achmad, E. S. (2020). Personal branding pada remaja melalui instagram.
Afriluyanto, T. R. (2018). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Iden-titas. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 184–197. https://doi.org/10.24090/ komunika.v11i2.1365
Agustinna, K., Purnama, H., & Abdurrahman, M. S. (2017). Kata kunci : Personal Branding , Insta-gram, Selebgram Keywords: Personal Branding, Instagram, Selebgram. Analisis Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram, 4(1), 1028–1036.
Dakwah, F., Komunikasi, D. A. N., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2018). Etika berbusana (. 118. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4720/2/ Nurul Faraiyah Binti Abu Bakar.pdf
Fitriyanti, N. (2017). Facebook dan Instagram sebagai media publishing karya komikus di Melati Komik Studio Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya., 1, 1–476. https://doi.org/10.1017/ CBO9781107415324.004
Joko, B., Praktisi, P., & Lia, D. (2014). Strategi Menciptakan, Mempertahankan Dan Menjual Personal Branding Jelang Pemilu 2014. Jurnal Visi Komunikasi, 13(02), 265–280.
Maulhayat, F., Kesuma, A. I., & Amiruddin, H. (2018). Peran Instagram di Kalangan Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. 1–18. http://eprints.unm.ac.id/ 9871/%0Ahttps://id.wikipedia.org/wiki/InstagramSeiri
Mawarni, A. D. (2016). Analisis Isi Pada Artikel Romansa Di Zetizen . Com ( Studi Analisis Isi Artikel Romansa Pada Web Zetizen Periode 1 Oktober-30 November 2016 ). November, 1–10.
McNally, D., & Speak, K. D. (2009). Be Your Own Brand: A breakthrough formula for standing out from the crowd. 1–141. https://www.bkconnec-tion.com/static/Be_Your_Own_Brand_EXCERPT.pdf
Muhammad, H. (2016). Fashion Sebagai Komunikasi: Analisis Semiotis Atas Fashion Jokowi Pada Pemilihan Presiden 2014. Icmr, 6–8.
Putri, D. M., Sos, S., & Si, M. (2017). Analisis Retorika Pada Pembentukan Personal Branding Sandiaga Uno Sebagai Pemimpin Publik Pil¬kada 2017 Oleh. 1–66. https://www.youtube. com/ watch?v=Y1wkY0hA23s&list=LLthrv0z_y4_--
Rahma, P. S. (2013). Penelitian Kualitatif.pdf. In Penelitian Kualitatif (Vol. 5, p. 8). yusuf.staff.ub. ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif. pdf
Restusari, F. N., & Farida, N. (2019). Instagram Sebagai Alat Personal Branding Dalam Memben¬tuk Citra Diri (Studi Pada Akun Bara Pattiradjawane). Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 176–186. https://doi.org/10.35760/mkm. 2019.v3i2.2340
Ridho, T. (2016). Fenpmena pemanfaatan Instagram sebagai media personal branding.
Setiawan, R., & Audie, N. (2020). Media Sosial Insta-gram Sebagai Presentasi Diri Mahasiswi Pen-didikan Sosiologi Untirta. Community : Pengawas Dinamika Sosial, 6(1), 10. https://doi.org/ 10.35308/jcpds.v6i1.1792
Sheldon, P., & Bryant, K. (2016). Instagram: Motives for its use and relationship to narcissism and contextual age. Computers in Human Behavior, 58, 89–97. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015. 12.059
Suneki, & Haryono. (2017). Paradigma Teori Dramaturgi Terhadap Kehidupan Sosial. Civis, 2(2), 1–11.
Tamimy, F. (2017). Sharing-mu, Personal Branding-mu, Menampilkan Image Diri dan Karakter di Media Sosial.
Widyastuti, D. A., Wiloso, P. G., & Herwandito, S. (2017). Analisis Personal Branding Di Media Sosial (Studi Kasus Personal Branding Sha’an D’anthes Di Instagram). Jurnalinovasi, 11(1), 1–16. http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurn-alinovasi/article/download/649/345
Achmad, E. S. (2020). Personal branding pada remaja melalui instagram.
Afriluyanto, T. R. (2018). Fenomena Remaja Meng-gunakan Media Sosial dalam Membentuk Iden-titas. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 184–197. https://doi.org/10.24090/ komunika.v11i2.1365
Agustinna, K., Purnama, H., & Abdurrahman, M. S. (2017). Kata kunci : Personal Branding, Instag-ram, Selebgram Keywords : Personal Branding, Instagram, Selebgram. Analisis Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram, 4(1), 1028–1036.
Dakwah, F., Komunikasi, D. A. N., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2018). Etika berbusana (. 118. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4720/2/ NurulFaraiyah Binti Abu Bakar.pdf
Fitriyanti, N. (2017). Facebook dan Instagram sebagai media publishing karya komikus di Melati Komik Studio Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya., 1, 1–476. https://doi.org/10.1017/ CBO9781107415324.004
Joko, B., Praktisi, P., & Lia, D. (2014). Strategi Menciptakan, Mempertahankan Dan Menjual Personal Branding Jelang Pemilu 2014. Jurnal Visi Komunikasi, 13(02), 265–280.
Maulhayat, F., Kesuma, A. I., & Amiruddin, H. (2018). Peran Instagram di Kalangan Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. 1–18. http://eprints.unm.ac.id/ 9871/%0Ahttps://id.wikipedia.org/wiki/InstagramSeiri
Mawarni, A. D. (2016). Analisis Isi pada Artikel Romansa di Zetizen. Com (Studi Analisis Isi Artikel Romansa pada Web Zetizen Periode 1 Oktober-30 November 2016 ). November, 1–10.
McNally, D., & Speak, K. D. (2009). Be Your Own Brand: A breakthrough formula for standing out from the crowd. 1–141. https://www.bkconnec-tion.com/static/Be_Your_Own_Brand_EXCERPT.pdf
Muhammad, H. (2016). Fashion Sebagai Komunikasi: Analisis Semiotis Atas Fashion Jokowi pada Pemilihan Presiden 2014. Icmr, 6–8.
Putri, D. M., Sos, S., & Si, M. (2017). Analisis Retorika pada Pembentukan Personal Branding San-diaga Uno Sebagai Pemimpin Publik Pil¬kada 2017 Oleh. 1–66. https://www.youtube. com/watch?v=Y1wkY0hA23s&list=LLthrv0z_y4_--
Rahma, P. S. (2013). Penelitian Kualitatif.pdf. In Penelitian Kualitatif (Vol. 5, p. 8). yusuf.staff. ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualita-tif.pdf
Restusari, F. N., & Farida, N. (2019). Instagram Sebagai Alat Personal Branding Dalam Membentuk Citra Diri (Studi Pada Akun Bara Pattiradjawane). Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 176–186. https://doi.org/10.35760/mkm.2019. v3i2.2340
Ridho, T. (2016). Fenpmena pemanfaatan Instagram sebagai media personal branding.
Setiawan, R., & Audie, N. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Presentasi Diri Mahasiswi Pen-didikan Sosiologi Untirta. Community: Pengawas Dinamika Sosial, 6(1), 10. https://doi.org/10. 35308/jcpds.v6i1.1792
Sheldon, P., & Bryant, K. (2016). Instagram: Motives for its use and relationship to narcissism and contextual age. Computers in Human Behavior, 58, 89–97. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12. 059
Suneki, & Haryono. (2017). Paradigma Teori Dramaturgi Terhadap Kehidupan Sosial. Civis, 2(2), 1–11.
Tamimy, F. (2017). Sharing-mu, Personal Branding-mu, Menampilkan Image Diri dan Karakter di Media Sosial.
Widyastuti, D. A., Wiloso, P. G., & Herwandito, S. (2017). Analisis Personal Branding Di Media Sosial (Studi Kasus Personal Branding Sha’an D’anthes Di Instagram). Jurnalinovasi, 11(1), 1–16. http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnal-inovasi/article/download/649/345.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Awallina Yusanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.