IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PROGRAM “POJOK BACA” PT PERTAMINA EP DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI PERUSAHAAN
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.11.2.85-95Keywords:
Public Relations, Corporate Social Responsibility, Reputasi, PT Pertamina EPAbstract
Public Relations memiliki fungsi agar masyarakat dapat menghargai, mendukung, dan memberikan simpati dan penilaiannya terhadap suatu perusahaan. Penilaian perusahaan yang berdasarkan dari kepercayaan masyarakat dapat dikatakan sebagai reputasi. Salah satu tugas Public Relations yang dapat membentuk reputasi adalah dengan melakukan program Corporate Social Responsibility. Corporate Social Responsibility sebagai bentuk komitmen yang dilakukan perusahaan diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan reputasi perusahaan. Pada penelitian ini, kita akan melihat salah satu program Corporate Social Responsibility PT Pertamina EP yaitu program “Pojok Baca.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Corporate Social Responsibility program “Pojok Baca” dalam mempertahankan reputasi perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif konstruktivis. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan penerima program Corporate Social Responsibility “Pojok Baca” di SDN Karet Kuningan 01. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility program “Pojok Baca” dapat mempertahankan reputasi PT Pertamina EP. Hal ini ditunjukkan dari respon penerima program “Pojok Baca” sebagai informan yang semakin menganggap positif reputasi PT Pertamina EP karena bentuk komitmennya dan kepeduliannya dalam melakukan perbaikan di bidang pendidikan.
References
Alhogbi, B. G. (2017). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. Retrieved from http://www.elsevier.com/locate/scp
Anatan, L. (2009). Corporate Social Responsibility ( CSR): Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha Christian University, 8(2), 66–77. Retrieved from majour.maranatha.edu/index.php/jurnal-manajemen/article/view/220
Andrini, S. (2018). Peran Csr Awards Dalam Komunikasi Antar Budya.
Atriana, N. (2017). pengaruh reputasi dan inovasi produk tabungan terhadap keputusan mena-bung pada Bank Syariah di Bandar Lampung (Studi pada mahasiswa perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung. 15–68.
Bkp.go.id. (2021). Perpustakaan di Indonesia. Retrieved from www.bkp.go.id
Bögel, P. M. (2019). Company reputation and its influence on consumer trust in response to ongoing CSR communication. Journal of Marketing Communications, 25(2), 115–136. https://doi.org/10.1080/13527266.2016.1166146
Butsi, F. I. (2019). Memahami Pendekatan Positivis, Konstruktivis Dan Kritis Dalam Metode Pene¬liti-an Komunikasi. Psikologi Perkembangan, 2 (October 2013), 1–224. Retrieved from http://ejurnal.stikpmedan.ac.id
Darwinsyah, M. (2018). Analisis Pengaruh Komunikasi CSR Melalui Media Sosial Terhadap Reputasi Perusahaan. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3 No. 1. Retrieved from https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/article/view/43/pdf
Goi, C. L., & Yong, K. H. (2009). Contribution of Public Relations (PR) to Corporate Social Responsibility (CSR): A Review on Malaysia Perspective. International Journal of Marketing Studies, 1(2), 46–49. https://doi.org/10.5539/ ijms.v1n2p46.
Gustian, R. (2013). Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) Di Bank Nagari Skripsi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ham, C. D., & Kim, J. (2020). The effects of CSR communication in corporate crises: Examining the role of dispositional and situational CSR skepticism in context. Public Relations Review, 46(2). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.05. 013
Kim, M., Yin, X., & Lee, G. (2020). The effect of CSR on corporate image, customer citizenship behaviors, and customers’ longterm relationship orientation. International Journal of Hospi¬tality Management, 88. https://doi.org/10.1016/ j.ijhm.2020.102520
Nurjaman, K., & Umam, K. (2012). Komunikasi & Public Relations (1st ed.). Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Pep.pertamina.com. (2020). Pertamina EP. Retrieved from http://pep.pertamina.com/visi-misi
Reni Erliani. (2019). Implementasi Corporate Social Resoponsibility (CSR) dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan Berdasarkan Perspektif Syari’ah (Studi Kasus PT Bank Muamalat Indonesia KCP Curup). IAIN Curup.
Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi (Teori dan Studi Kasus) (1st ed.; T. P. Penyuntingan, Ed.). Depok: PT RAJAGRAFINDO PUSAKA
Rumanti, M. A. (2002). Dasar-Dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Grasindo.
Ruslan, R. (2013). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi (1st ed.). Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2004). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 22–34.
Tarigan, R. M. (2014). Roy Marthin Tarigan, Penga-ruh Citra Merek dan Reputasi Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian, (Jurnal Program Studi Strata-1 Manajemen Ekstensi Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, 2014) 1. 15–68.
Tettie Setiyarti, M. R. Al. (2019). Riset Ekonomi Manajemen. Jurnal Untidar, 2(2), 93–101. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/288823/analisis-marketing-mix-dalam-mendorong-keputusan-pembelian-susu-bubuk-balita-di
Trimanah. (2012). Reputasi Dalam Kerangka Kerja Public Relations. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 3(1), 92–102. Retrieved from http://jurnal.unis-sula.ac.id/index.php/makna/article/view/117
Triyanto, D. (2015). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Di Bidang Pendidikan PT. Hino Motors Sales Indonesia (PT. HMSI). In Biomass Chem Eng (Vol. 49).
Wulandari, A., & Rasipan, R. (2017). Peran Reputasi Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 14(2), 121–132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dena Intan Widiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.