INSTAGRAM PANAHAN KOREA SELATAN PADA OLIMPIADE TOKYO 2020 DALAM PERSPEKTIF DETERMINISME TEKNOLOGI

Authors

  • Teguh Dwi Putranto Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.9744/scriptura.11.2.65-73

Keywords:

Panahan, korea selatan, Olimpiade Tokyo 2020, media, olahraga

Abstract

Prestasi Korea Selatan pada cabang olahraga Panahan sudah tidak diragukan lagi dalam berbagai kompetisi olahraga tingkat internasional. Atlet Panahan Korea Selatan baik di sektor putra maupun putri mendominasi di setiap kompetisi yang diikuti. Bahkan di setiap Olimpiade sebagai ajang olahraga multi event empat tahunan, keberadaan Korea Selatan pada cabang olahraga Panahan tidak bisa dipandang remeh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Instagram Panahan Korea Selatan pada Olimpiade Tokyo 2020 dalam perspektif determinisme teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis Krippendorff dengan pendekatan kuantitatif pada postingan Instagram @koreaarchery_official periode 23 Juli 2021 sampai 31 Juli 2021. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Instagram @koreaarchery_official digunakan untuk memberikan apresiasi kepada para pemanah Korea Selatan dan memunculkan sportivitas masyarakat digital dan masyarakat Korea Selatan pada khususnya selama penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

References

Al-Yamani, Z. (2021). Sejarah Panjang Dominasi Korsel di Panahan Olimpiade. https://www. viva.co.id/sport/gelanggang/1390231-sejarah-panjang-dominasi-korsel-di-panahan-olimpiade

Alam, W., Marijan, K., Aminah, S., & Putranto, T. (2020). Drug eradication in indonesian millen-nials through school visits. Journal of Drug and Alcohol Research, 9(1), 1–6. https://doi.org/ 10.4303/jdar/236089.

Ardianto, E. (2014). Komunikasi Massa Suatu Peng-an¬tar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Aunillah, R. (2020). Determinisme Teknologi: Perayaan Idul fitri di Saat Pandemi. Journal of Islamic Comunication, 3(1).

Azizah, N. (2021). Korea Selatan Dominasi Emas Panahan Olimpiade Tokyo. https://www.repu-blika.co.id/berita/qwsz9m463/korea-selatan-dominasi-emas-panahan-olimpiade-tokyo

Ghazali, M. (2016). Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram: Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Malaysia: Publishing House.

Gunawan, A. (2020). 5 Dimensi Dampak Kebijakan Covid-19 Terhadap Sistem Keolahragaan Nasional. Jejaring Administrasi Publik, 12(1), 23–42.

Hayes, M. (2020). Social media and inspiring physical activity during COVID-19 and beyond. Managing Sport and Leisure, 1–8.

Hitti, P. (2002). History of The Arabs: From the Earliest Times to the Present. New York, NY: Palgrave Macmillan.

Holsti, O. (1969). Content analysis for the social sciences and humanities. Reading, MA: Addison-Wesley.

Huang, Y.-T., & Su, S.-F. (2018). Motives for Instagram use and topics of interest among young adults. Future Internet, 10(8), 77.

Indahwati, N., & Ristanto, K. (2016). The application of pettlep imagery exercise to competitive anxiety and concentration in Surabaya archery athletes. International Journal of Educational Science and Research (IJESR), 6(3).

Instagram, K. (2021). Profil Instagram Korea Archery Association. https://www.instagram. com/koreaarchery_official/

IOC. (2021). The modern Olympic Games are the world’s foremost multi-sports event. https://olympics.com/ioc/celebrate-olympic-games.

Irawan, E., & Yusuf, Y. (2017). Instagram Sebagai Gaya Hidup Masyarakat Kota Pekanbaru (Studi Komunitas Instagram Di Kota Pekanbaru). Riau University.

Irwanto, D., & Arifin, M. (2021). Strategi Persela dalam Menggunakan Instagram sebagai Media Branding Klub di Musim Kompetisi Shopee Liga 1 2019. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(3), 129–135.

Jati, A. (2021). Daftar Lengkap Cabang Olahraga yang Dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020. https://www.bola.com/ragam/read/46158 04/daftar-lengkap-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan-di-olimpiade-tokyo-2020.

Jawapos.com. (2021). Korea Selatan Menggila di Cabang Panahan Olimpiade Tokyo 2020. https://www.jawapos.com/sports/26/07/2021/korea-selatan-menggila-di-cabang-panahan-olim-piade-tokyo-2020/

Kim, H. (2019). Globalization and regulatory change: The interplay of laws and technologies in E-commerce in Southeast Asia. Computer Law and Security Review, 35(5), 1–20. https://doi. org/10.1016/j.clsr.2019.03.009

Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An intro-duction to its methodology. Sage Publications.

Leaver, T., Highfield, T., & Abidin, C. (2020). Instagram: Visual social media cultures. John Wiley & Sons.

Mauro, M. (2020). Media discourse, sport and the nation: Narratives and counter-narratives in the digital age. Media, Culture & Society, 42(6), 932–951.

Maxson, L. (2013). The archery: The history of archery series. Worcestershire: Read Books Ltd.

McLuhan, M. (1994). Understanding media: The extensions of man. London: The MIT Press.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Meisyaroh, S. (2013). Determinisme Teknologi Masyarakat dalam Media Sosial. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 1(1). https://jurnal.kwikki-angie.ac.id/index.php/JKB/article/view/59

Nauright, J. (2012). Sports around the World: History, Culture, and Practice [4 volumes]: His¬tory, Culture, and Practice. Abc-Clio.

Newman, T., Peck, J., & Wilhide, B. (2017). Social media in sport marketing. Routledge.

Olympics.com. (2020a). About the Olympic Games. https://olympics.com/tokyo-2020/en/games/ olympic-games-about/

Olympics.com. (2020b). Archery overview. https:// olympics.com/tokyo-2020/en/sports/archery/

Ratmanto, T. (2005). Determinisme Teknologi dalam Teknologi Komunikasi dan Informasi. Media¬tor, 6(1).

Reftari, D., Suryana, A., & Setiaman, A. (2018). Ko-mu¬nikasi Pemasaran Olahraga Renang. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 247–260.

Rosyada, S. (2019). Sports Branding di Media Sosial (Studi Kasus Pemanfaatan Instagram dalam Kegiatan Sports Team Branding Vamos FC Mataram sebagai Klub Futsal Profesional Indo-nesia di tahun 2018). Universitas Gadjah Mada.

Saefudin, A. (2008). Perkembangan Teknologi Komunikasi: Perspektif Komunikasi Peradaban. Jurnal Mediator, 9(2).

Samiei, D., & Mehrabi, Z. (2019). Content analysis of the first chapter of the twelfth grade chemistry book based on the william romey’s method and determining its importance with the shannon entropy method. 1(3), 53–72. https://www.sid.ir/ en/journal/ViewPaper.aspx?ID=720429

Santoso, T. (2013). Peran Media Massa dalam Olah-raga. Jurnal Ilmiah Spirit, 13(1).

Sidik, J. (2021). Mengapa Korea Selatan begitu mendominasi panahan Olimpiade. https://www. antaranews.com/berita/2288054/mengapa-korea-selatan-begitu-mendominasi-panahan-olimpiade?page=2.

Sukarmin, Y. (2010). Pemasaran olahraga melalui berbagai event olahraga. Medikora, 6(2).

Sukendar, M. (2017). Psikologi Komunikasi: Teori dan Praktek. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Susilo, D., & Putranto, T. (2021). Olympic Games 2020: Discourse of the Japanese Government after Postponed in japantimes.co.jp. Jurnal Kajian Media, 5(1). https://doi.org/https://doi. org/10.25139/jkm.v5i1.3504.

Wicaksono, A., & Annissa, J. (2020). Pemanfaatan Instagram Akun@ Futsal_UBL Sebagai Media Informasi dan Promosi Futsal Universitas Budi Luhur. PANTAREI, 4(03).

Worldarchery. (2021). Tokyo 2020 Olympic Games. https://worldarchery.sport/competition/14904/tokyo-2020-olympic-games?photos_tag=17 JULY VENUE.

Yan, W. (2020). Olympic Games as a Digital Media Product. Marketing and Management of Inno-vations, 3, 306–318. https://doi.org/http://doi. org/ 10.21272/mmi.2020.3-22

Yonhap. (2021). [Tokyo Olympics] Why is S. Korea so good at archery? Athletes find answer in transparency, internal competition. http://www. koreaherald.com/view.php?ud=20210726000558.

Downloads

Published

2021-12-21