TATA KELOLA KEBIASAAN BARU DI TAMAN SUNGAI MUDAL YOGYAKARTA (Proses Adaptasi, Sosialisasi, Partisipasi oleh Pengelola dan Pengunjung)

Authors

  • Dyaloka Puspita Ningrum Universitas Widya Mataram

DOI:

https://doi.org/10.9744/scriptura.11.2.74-84

Keywords:

Kebiasaan Baru, Taman Sungai Mudal, Partisipasi Pengelola dan Pengunjung, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap sektor pariwisata karena banyak destinasi wisata yang tutup dan tidak dapat beroperasi secara maksimal. Tatanan kebiasaan baru menjadi alternatif kehidupan di masa depan yang tentu saja harus didasari dengan penerapan protokol kesehatan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : HK.01.07/Menkes/382/2020. Dibukanya kembali destinasi wisata harus didasari dengan tanggung jawab yang penuh oleh para pemangku kebijakan ataupun para pelaku wisatanya, termasuk di objek wisata Taman Sungai Mudal Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Tata Kelola Kebiasaan Baru yang Dilakukan oleh Pengelola maupun Pengunjung di Objek Wisata Taman Sungai Mudal Yogyakarta” dengan menggunakan pendekatan partisipasi dan metode kualitatif deskriptif. Tata kelola adaptasi kebiasaan baru sebagai acuan operasional di objek wisata Taman Sungai Mudal pada prinsipnya sudah disesuaikan dengan panduan CHSE (cleanliness, health, safety, and environment sustainability), meskipun masih belum begitu maksimal. Pemerintah sebagai salah satu bagian dari stakeholders pariwisata harus berperan ganda, yang tidak hanya membuat regulasi untuk mengatur kegiatan pariwisata dengan himbauan penerapan protokol kesehatan, namun juga dapat mengevaluasi pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai salah satu langkah strategis yang berorientasi terhadap keselamatan bersama. Mengembangkan partisipasi dan dukungan dari para pemangku kebijakan sejatinya mendorong iklim yang kondusif dalam perencanaan pembangunan pariwisata yang unggul disuatu wilayah.

References

Ajak Warga Disiplin Protokol Kesehatan. (2020). https://www.liputan6.com/news/read/4371916/ajak-warga-disiplin-protokol-kesehatan-satgas-covid-19-kampanyekan-ingat-pesan-ibu.

Dinas Pariwisata Kulon Progo. (2020). Ekowisata Sungai Mudal. https://dinpar.kulonprogokab.go .id/ekowisata-sungai-mudal.html

Gunia, A. (2020). Will the Coronavirus Ever Go Away? Here’s What One of the WHO’s Top Experts Thinks. Retrieved June 2, 2020, from https://time.com/5805368/willcoronavirus-go-away-worldhealth-organization/

Gushevinalti, G., Suminar, P., & Sunaryanto, H. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 083-099.

Hassan Shadily, 2001, Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia, Jakarta: PT Rineka Cipta.

I Made Wirartha (2006:39) Wirartha, I Made. 2006. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offset.

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: HK.01.07/ Menkes/382/2020. Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). KEMENKES RI

Krisdayanthi, A. (2020). New Normal Pariwisata Bali di masa Pandemi pada Daerah Tujuan Wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan. Pariwisata Bu-daya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 5(2), 49-56.

Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Scriptura, 5(1), 23-30.

Mulyana, Deddy. 2010.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ningrum, D. P. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Fenomena “Hoax” Di Kalangan Remaja Milenial (Studi Di SMAN 1, Kecamatan Pleret, Bantul, Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Padma Sri Kreshna, 1(1). https://doi.org/10. 37631/psk.v1i1.35.

Ningrum, D. P., Adhrianti, L. & Gushevinalti (2018). Strategi Komunikasi Pariwisata Kota Bengkulu Studi Unique Selling Proposition Program Visit 2020 Wonderful Bengkulu. Journal Communi-cation Spectrum, 8(1), 45-55. http://doi.org/10. 36782/jcs.v8i1.1811

Nugroho, R. (2018). Kebijakan Periwisata sebuah pengantar untuk negara berkembang. Yogyakar-ta: Pustaka Pelajar.

Situmeang, I. V. O. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata: Menciptakan Seminyak Menjadi Top of Mind Tujuan Wisata di Bali. Scriptura, 10(1), 43-52.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, S. (2020). Implementasi kebijakan Kemen-terian Pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi adabtasi kebiasaan baru di bidang pariwisata study kasus di Kabupaten Gunungkidul. The International Seminar on Regional Politics, Administration and Development 2020 (INSORPAD2020), STISIPOL Raja Haji, Riau, INDONESIA.

Slamet. 2003. Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi, Surakarta: Sebelas Maret Univer-sity Press.

Taman Sungai Mudal. (2020). https://www.data-wisata.com/taman-sungai-mudal-kulon-progo.

Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). Perancangan Strategi Digital Marketing Communication Bagi Industri Perhotelan dalam Menjawab Tantangan Era Posmodern. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 051-064.

Downloads

Published

2021-12-21