BUDAYA BELANJA ONLINE GENERASI Z DAN GENERASI MILENIAL DI JAWA TENGAH (Studi Kasus Produk Kecantikan di Online Shop Beauty by ASAME)
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.58-71Keywords:
Budaya Belanja, Perilaku Konsumen, Generasi Z, Generasi Milenial, Belanja OnlineAbstract
Perkembangan teknologi informasi membawa imbas pada perubahan aktivitas belanja masyarakat Indonesia dari belanja konvensional ke belanja online. Yang menarik, perubahan perilaku belanja ini terjadi pada semua generasi, termasuk Generasi Z dan Generasi Milenial yang memiliki karakter yang sangat berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya belanja online Generasi Z dan Generasi Milenial serta strategi persuasi pada Generasi Z dan Generasi Milenial di Jawa Tengah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penulisan studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa pertama, perilaku belanja online Generasi Milenial sangat ditentukan oleh ulasan atau review dari orang kepercayaan, sedangkan perilaku belanja Generasi Z sangat ditentukan oleh pendapat dari KOL (Key Opinion Leader) yang mereka jadikan panutan. Harga, lokasi dan iklan menjadi faktor yang penting bagi Generasi Z dan Generasi Milenial dalam perilaku belanja mereka. Kedua, mengunggah konten secara konsisten setiap harinya di sosial media menjadi strategi digital marketing Beauty by ASAME dalam persuasi khalayak.
References
Adamson, M. A., Chen, H., Kackley, R., & Micheal, A. (2018). For the Love of the Game: Game- Versus Lecture-Based Learning With Generation Z Patients. Journal of Psychosocial Nursing and Mental Health Services, 56(2), 29–36. https://doi.org/10.3928/02793695-20171027-03
Bisnis.com. (2020). Survei Alvara : Puncak Aktivitas Internet Masyarakat Pukul 8 Malam - Teknologi Bisnis.com. https://teknologi.bisnis.com/read/20 200712/101/1264941/survei-alvara-puncak-aktivitas-internet-masyarakat-pukul-8-malam
Chacha Andira Sari. Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. AntroUnairdotNet, Vol.IV/No.2/Juli 2015, hal 207
Chakti, A. G. (2019). The Book of Digital Marketing (Sobirin (Ed.)). CELEBES MEDIA PERKASA.
Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Helen Salmon (Ed.); 5th ed.). SAGE Publications.
Don Tapscott. (2009). Grown Up Digital: How the Net Generation is Changing Your World. New York: McGraw Hill. Hal. 15
Elnino, Samuel Raydean; Lisbeth Lesawengen dan Jouke J. Lasut. Tindakan Konsumtif Dalam Akti-vitas Belanja Online Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Holistik. Vol. 13 No. 3 / Juli – September 2020
Farasyi, A., Al Farasyi, F., & Iswati, H. (2021). Pengaruh Media Sosial, E-Lifestyle dan Budaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif. Syntax Idea, 3(11), 2355–2371. https://doi.org/10.36418/SYNTAX-IDEA.V3I11.1569
Febriani, N., & Dewi, W. W. (2019). Perilaku Konsumen di Era Digital (Beserta Studi Kasus). UB Press.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Peman-faatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran (1st ed.). Deepublish.
Hardiyanto, N., Gunawan, A. I., Rafdinal, W., & Afif, N. C. (2020). Analisis Perilaku Belanja Online Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 6(3), 120–130. https://doi.org/10.35313/JRBI.V6I3.2246
Hayu, R. S. (2019). View of Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Mile-nial Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewi-rausahaan, 4, 61–69. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/362/301
Howe, N., & Strauss, W. (2000). Millennials Rising: The Next Great Generation by Howe, Neil, Strauss, William (2000) Paperback. Vintage Books. https://books.google.nl/books?id=To_Eu 9HCNqIC&printsec=frontcover&dq=millennials+rising&redir_esc=y&hl=nl#v=onepage&q=millennials rising&f=false
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Mana-jemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/ jrmb.v4i1.251
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2019, February 27). https://kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_ media
Lucyantoro, B., & Rachmansyah, M. (2018). Pene-rapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). Jurnal Ekonomika ’45, 5(1), 39–40.
Minanda, Ade; Suharty Roslan, dan Dewi Anggraini. (2018). Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. Neo Societal; Vol. 3; No. 2; 2018
Muazam, A. R. (2020). Transaksi e-commerce dido-minasi Generasi Z dan milenial. https://www. alinea.id/gaya-hidup/transaksi-e-commerce-didominasi-generasi-z-dan-milenial-b1ZRL9woj
Mulyawan, Iwan; Deddy Saefuloh, Hasna Wijaya, Wahyu Rafdinal. Sikap Pada Iklan Media Sosial Instagram dan Kesadaran Merek Terhadap Niat Pembelian Pada Generasi Y dan Z. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi Vol. 6, No. 3, Desember 2020
Nisa, Fitria Khairum; Arief Bregas Viratama dan Nurul Hidayanti. Analisis Pencarian Informasi Remaja Generasi Z dalam Proses Pengambilan Keputusan Belanja Online (Analisis pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar). KOMUNIKOLOGI: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Vol.4 No.2 Tahun 2020.
Nisa, K. (2020). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Tempat Belanja (Studi Kasus Minimarket Dan Toko Kelontong Di Kelurahan Kali Rungkut Kecamatan Rungkut Kota Surabaya). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1281–1288. https://doi.org/10.47492/JIP.V1I7.251
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach) (1st ed.). Dee-publish.
Santoso, G., & Triwijayati, A. (2018). Gaya Peng-ambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi Z Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(3), 231–242. https://doi.org/10.24156/JIKK.2018.11.3.231
Sazali, H., & Rozi, F. (2020). Belanja Online dan Jebakan Budaya Hidup Digital pada Masyarakat Milenial. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(2), 85–95. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.3556
Sidiq, R. (2019). Teknik Berjualan dengan Digital Marketing. UDACODING.
SIRCLO. (2019, December 12). Perilaku Belanja Online Generasi X, Y dan Z - SIRCLO. https://www.sirclo.com/perilaku-belanja-online-generasi-x-y-dan-z/
Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen) (T. Admojo (Ed.); 1st ed.). CAPS (Center of Academic Publishing Service).
We Are Sosial. (2020). Digital 2020: July Global Statshot Report. Diakses dari https://datareportal. com/reports/digital-2020-july-global-statshot
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Per-ubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/SATWIKA.V5I1.15550
Zisa, Sirajul Fuad; Nursyirwan Effendib dan Elva Ronaning Roem. Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, vol 5 (2021) issue 1, 69-87
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rani Apsari Utamanyu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.