STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PROGRAM INTERNASIONAL

Authors

  • Alice Vitri Yanti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Lina Sinatra Wijaya SATYA WACANA CHRISTIAN UNIVERSITY

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.43-57

Keywords:

Public Relations, P.E.N.C.I.L.S, PDCA, Program Internasional, Brand Awareness

Abstract

Program Internasional merupakan salah satu cara bagi kebanyakan universitas untuk meningkatkan citra universitas di masyarakat. Tetapi pada kenyataannya banyak mahasiswa tidak mengetahui tentang kegiatan kegiatan yang disajikan oleh biro yang menangani program internasional.  Penelitian ini ingin melihat bagaimana public relations (PR) dari Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dalam membangun brand awareness program internasional dengan menggunakan konsep PDCA (Plan, Do, Check, Act) dan P.E.N.C.I.L.S (Publication, Event, News, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiation, Social Responsibility) strategy sebagai alat ukurnya. Teknik penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan  wawancara dan observasi serta mengumpulkan dokumentasi kegiatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  strategi komunikasi public relations yang dilakukan  adalah dengan menerapkan PDCA dan P.E.N.C.I.L.S strategi secara konsiten dan bertahap agar seluruh kegiatan yang direncanakan dan akan dilaksankaan dapat menghasilkan hasil yang maksimal  pada program internasional di mahaiswa UKSW. Strategi yang dilakukan adala dengan publikasi secara rutin  melalui berbagai media sosial serta melaksanakan social responsibility dengan melibatkan mahasiswa dari program pertukaran pelajar dari Taiwan dan Jepang untuk mengajar bahasa dan budaya mereka ke Sekolah Dasar (SD) di Salatiga. Dari penelitian ini ditemukan bahwa program internasional BKHI UKSW berada pada posisi brand recognition.  

Author Biography

Lina Sinatra Wijaya, SATYA WACANA CHRISTIAN UNIVERSITY

PUBLIC RELATIONS DEPARTMENT 

References

Aaker, D. (1991). Managing Brand Equity. Free Press.

Adminpublik. (2021). Apa Pentingnya Perencanaan dalam Manajemen? - Prodi Administrasi Publik Terbaik Di Sumatera Utara. http://adminpublik. uma.ac.id/2021/02/09/apa-pentingnya-perencanaan-dalam-manajemen/

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV. Pustaka Ilmu.

Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Sri, R. K. U. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3(7), 1–9. file:///D:/Downloads/10376-20894-1-PB.pdf

Astri, H. (2012). Pemanfaatan corporate social res-ponsibility (CSR) bagi peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-MasalahSosial, 3(2), 151–165.

Astuti, H., & Sumartono. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Jurnal Komunikologi.

Dewi, A. P., Susanta, H., & Listyorini, S. (2013). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Pendekatan P.D.C.a. (Plan-Do-Check-Act) Berdasarkan Standar Minimal Pelayanan Rumah Sakit Pada RSUD Dr. Adhyatma Semarang (Studi Kasus Pada Instalasi Radiologi). Diponegoro Journal of SOcial and Politic, 3(1), 1–12.

Durianto, D. (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O. U. (2005). Ilmu Komunikasi, Teori & Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Elisabeth Maria, Wijaya, S. L., & Novita, K. D. (2020). Peran Public Relations Dalam Mem¬bangun Brand Awareness (Studi Kasus pada Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kris¬ten Satya Wacana - Salatiga) | Putri | Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, dan Komuni¬kasi (IMPRESI). 1, 86–103. https://jurnal.uns.ac.id/impresi/article/view/Maria Elisabeth Krisanti Putri%3B Lina Sinatra Wijaya%3B Dian Novita Kristiyani/Peran Public Relations Dalam Mem-bangun Brand Awareness %28Studi Kasus pada Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya

Faiz, A., Hadian, V. A., & Kurniawaty, I. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Persepsi Mahasiswa dalam program International Credit Transfer. 4(3), 3264–3269.

Febrianti, V., & Oktaviani, F. (2020). Community Relation Dalam Menjaga Citra Positif Radio. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2). https://doi.org/10.31602/jm.v3i2.3688

Harris, T. L., & Whalen, P. A. (2006). The Marketer’s Guide to Public Relations in the 21st Century. Texere.

Khaerudin, D., & Rahmatullah, A. (2020). Implementasi Metode Pdca Dalam Menurunkan Defect Sepatu Type Campus Di Pt. Prima Intereksa Indastri (Pin). Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Tek-nologi Industri, 20(1), 34. https://doi.org/10. 36275/stsp.v20i1.228

Khasanah, N. (2009). Strategi Public Relations Dalam Menghadapi Krisis.

Kompas.com. (2020). UPDATE: Bertambah 11.434, Kasus Covid-19 Indonesia Capai 1.123.105 Halaman all - Kompas.com. https://nasional. kompas.com/read/2021/02/04/16323031/update-bertambah-11434-kasus-covid-19-indonesia-capai-1123105?page=all

Kusuma, C. S. D. (2016). Modul Manajemen Event. 1–51. http://staffnew.uny.ac.id/upload/19791203 2015042001/pendidikan/MODUL MANAJE¬MEN EVENT.Chusnu.pdf

Magdalena, I., Fauzi, H. N., Putri, R., & Tangerang, U. M. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akiba Memanipulasinya. 2, 244–257. file:///C:/Users/USER/Downloads/ 986-Article Text-2237-1-10-20210106 (1).pdf

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Len-tera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10. 24252/lp.2008v11n2a7

Mulyana, D. (2004). Metode Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT Remaja Rosda Karya.

Novianti, E., Nugraha, R. A., Komalasari, L., Koma-riah, K., & Rejeki, D. S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyebaran Informasi Program Pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(1), 48–59. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index. php/almunir/article/view/1499/1120

Nugraha, A. R., Perbawasari, S., & Zubair, F. (2020). Pemanfaatan Pemberitaan Di Media Televisi Dalam Promosi Potensi Objek Wisata Di Era Konvergensi Media Utilization. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 24(2). https://doi.org/10.33299/jpkop.24.2.2146

Pitta, D.A. and Prevel Katsanis, L. (1995). Understanding brand equity for successful brand extension. Journal of Consumer Marketing, 12(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1108/073 63769510095306

Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Diva Press.

Pusdatin Kemdikbud. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan | Pusdatin. Uksw. Edu. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/

Puspa, R. (2014). Pengertian-pengertian Dasar Hu-bung¬an Masyarakat. Modul Hubungan Masya-rakat, 2–7.

Puspitasari, L., Mahameruaji, J. N., & Indriani, S. S. (2018). Publisitas Dan Promosi Film Ada Apa Dengan Cinta? 2. ProTVF, 1(2), 169. https://doi. org/10.24198/ptvf.v1i2.19876

Rachman, P. (2020). Implementasi Plan-Do-Check-Act (Pdca) Berbasis Key Performance Indicators (Kpi): Studi Kasus Di Smp-Sma Integral Ar-Rohmah Dau Malang. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 14–27. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.981

Rosady, R. (2008). Manajemen public relations dan media komunikasi: Konsepsi dan aplikasi. Rajawali Pers.

Setiawan, W., & Wijaya, L. S. (2020). Strategi IMC Dalam Mempromosikan Mempromosikan Program Internasional (Studi kasus di Universitas Kristen Satya Wacana – Salatiga). Scriptura, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.9744/scriptura. 10.1.1-14

Suherman, A. (2018). Strategi Public Relations Distro Chambers Dalam Mempertahankan Citra Sebagai Referensi Fashion Remaja Di Kota Makassar. Gastrointestinal Endoscopy, 1–69.

Suparmo, L. (2011). Aspek Ilmu Komunikasi Dalam Public Relations. PT. Indeks.

Susilawati, E. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Suplement Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya Pada Siswa SMP Kelas VII. Repository Radenintan.

Sutopo. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Sebelas Maret University Press.

UKSW. (n.d.). International UKSW. Retrieved September 22, 2021, from https://internatio¬nal. uksw.edu/

UKSW | Ciptakan Peluang di Tengah Tantangan Kuliah Daring. (n.d.). Retrieved May 9, 2022, from https://www.uksw.edu/detail_post/news/ ciptakan-peluang-di-tengah-tantangan-kuliah-daring

Utoyo, A. W. (2020). Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media Komunikasi Men-dorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi Covid 19. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i1.939

Widayati, W., & Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sam¬pang. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.36636/dia¬lek¬-tika.v4i2.345

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Yanti, A. V. ., & Wijaya, L. S. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PROGRAM INTERNASIONAL. Scriptura, 12(1), 43-57. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.43-57

Issue

Section

Articles