Kompetensi Komunikasi sebagai Faktor Keberhasilan dalam Pelaksanaan Program Kampus Mengajar (Studi Kasus di SD Negeri Sinaba Kasemen Kota Serang)

Authors

  • Abdul Malik Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Serang Raya
  • Liza Diniarizky Putri Universitas Serang Raya

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.13.1.1-13

Keywords:

Kampus mengajar, MBKM, hambatan komunikasi, kompetensi komunikasi, SDN Sinaba

Abstract

Kampus Mengajar sebagai salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dinilai sukses mengu­rangi kesenjangan pembelajaran (learning loss) yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19. Salah satu kendala dalam pelaksanaannya adalah kendala komunikasi. Penelitian ini mengurai lebih lanjut tentang kendala atau hambatan komuni­kasi yang dihadapi oleh mahasiswa dan faktor yang melatarbelakanginya, serta bagaimana mereka mampu mengatasinya sehingga program Kampus Mengajar berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun lokus penelitian dilakukan di SDN Sinaba, Kota Serang, Provinsi Banten, dengan metode yang digunakan adalah studi kasus dan paradigma postpositivistik. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa mampu mengatasi berbagai hambatan sebagaimana dimaksud karena memiliki kompetensi komunikasi. Dalam hal ini, kompetensi komunikasi menjadi faktor keberhasilan dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar. Diharapkan hasil penelitian ini ditindak­lanjuti dengan penelitian lain, terutama di bidang komunikasi, karena penelitian tentang program Kampus Mengajar dalam perspektif ilmu komunikasi terhitung masih sedikit.

References

Ananda, L. D., & Sarwoprasodjo, S. (2017). Pengaruh hambatan komunikasi antarbudaya suku Sunda dengan non-Sunda terhadap efektivitas komunikasi. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 15(2).

Annisaa, F., Utari, P., & Surwati, C. H. D. (2022). Identifikasi kompetensi komunikasi lulusan perguruan tinggi di era gig economy. Islamic Communication Journal, 7(1), 89–112.

Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783–790.

Chen, G.-M., & Starosta, W. J. (1996). Intercultural communication competence: A synthesis. Annals of the International Communication Association, 19(1), 353–383.

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (3rd ed.). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

DeVito, J. A. (2009). Komunikasi Antarmanusia (A. Maulana, ed.). Tangerang: Karisma Publishing Group.

Dianto, I. (2019). Hambatan komunikasi antar budaya: Menarik diri, prasangka sosial dan etnosentrisme. Hikmah, 13(2), 185–204.

Diktiristek. (2022). Kampus Mengajar.

Fahlevi, A. T., & Maryani, A. (2022). Hubungan Kompetensi Komunikasi Interpersonal dengan Self-Efficacy Mahasiswa Fikom Unisba 2017. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 2(1), 1–6.

Gudykunst, W. B., & Kim, Y. Y. (1997). Communicating with Strangers: An Approach to Interculture Communication (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.

Hardian, M., & Makhfuza, R. (2022). Persepsi Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Terhadap Program Kampus Mengajar di FKIP Universitas Riau. JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 313–322.

Harivarman, D. (2017). Hambatan Komunikasi Internal di Organisasi Pemerintah. Jurnal Aspikom, 3(3), 508–519.

Hartati, Y., Ratnasari, S. L., & Susanti, E. N. (2020). Pengaruh Kompetensi, Komunikasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Indotirta Suaka. Jurnal Dimensi, 9(2), 294–306.

Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan T. R. I. (2022). Buku Saku Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Kemendikburistek Lepas 14.504 Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 4.

Kiessling, C., Dieterich, A., Fabry, G., Hölzer, H., Langewitz, W., Mühlinghaus, I., … behalf of the Committee, O. (2010). Communication and social competencies in medical education in German-speaking countries: The Basel Consensus Statement.: Results of a Delphi Survey. Patient Education and Counseling, 81(2), 259–266.

Ludlow, R., & Panton, F. (1996). The Essence of Effective Communications (Komunikasi Efektif). Yogyakarta: Andi.

Moulita, M. (2019). Kompetensi Komunikasi Antarbudaya Siswa Sekolah Menengah Atas. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 5(1), 23–34.

Mulyana, A., Hamid, F., Mansur, S., & Susilawati, S. (2019). Kepemimpinan efektif melalui kompetensi komunikasi di Media Nusantara Citra Group. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 184–197.

Novika, D. (2019). Kompetensi Komunikasi Tutor Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 19–29.

Prastiwi, M. (2022). Kampus Mengajar 5 Segera Dibuka, Peserta Dapat Bantuan UKT-Uang Saku.

Purnama, E., Rande, S., & Sabiruddin. (2018). Analisis Penghambat Komunikasi pada Dinas Kesehatan dalam Sosialisasi Keluarga Berencana (Studi Kasus di Pulau Gusung Bontang Utara). EJournal Ilmu Komunikasi, 6(3), 321–332.

Rakhmat, J. (2019). Psikologi Komunikasi (Edisi Revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmawati, Y. (2019). Komunikasi Fatik Komunitas Public speaking dalam Persuasi Kompetensi Komunikasi. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), 74–92.

Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial: Buku Sumber untuk Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Satori, D., & Komariah, A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sirait, N. A., & Pamungkas, I. N. A. (2020). Kompetensi Komunikasi Pengajar Perguruan Tinggi Di Era Digital. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 6(1), 426–434.

Suwatno. (2018). Komunikasi Organisasi Kontemporer. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wijayanti, A., & Sila, I. M. (2021). Peranan Kompetensi Komunikasi dalam Meningkatkan Profesionalisme Dosen Menyongsong Merdeka Belajar. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 22(1), 11–18.

Wijayanti, S. H., Utami, N., Putri, B. K. N., & Mantiri, S. M. (2021). Penilaian diri kompetensi komunikasi pencari kerja dalam memasuki dunia kerja. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(2).

Yin, R. K. (2019). Studi Kasus, Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Ananda, L. D., & Sarwoprasodjo, S. (2017). Pengaruh hambatan komunikasi antarbudaya suku Sunda dengan non-Sunda terhadap efektivitas komunikasi. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 15(2).

Annisaa, F., Utari, P., & Surwati, C. H. D. (2022). Identifikasi kompetensi komunikasi lulusan perguruan tinggi di era gig economy. Islamic Communication Journal, 7(1), 89–112.

Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783–790.

Chen, G.-M., & Starosta, W. J. (1996). Intercultural communication competence: A synthesis. Annals of the International Communication Association, 19(1), 353–383.

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (3rd ed.). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

DeVito, J. A. (2009). Komunikasi Antarmanusia (A. Maulana, ed.). Tangerang: Karisma Publishing Group.

Dianto, I. (2019). Hambatan komunikasi antar budaya: Menarik diri, prasangka sosial dan etnosentrisme. Hikmah, 13(2), 185–204.

Diktiristek. (2022). Kampus Mengajar.

Fahlevi, A. T., & Maryani, A. (2022). Hubungan Kompetensi Komunikasi Interpersonal dengan Self-Efficacy Mahasiswa Fikom Unisba 2017. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 2(1), 1–6.

Gudykunst, W. B., & Kim, Y. Y. (1997). Communicating with Strangers: An Approach to Interculture Communication (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.

Hardian, M., & Makhfuza, R. (2022). Persepsi Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Terhadap Program Kampus Mengajar di FKIP Universitas Riau. JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 313–322.

Harivarman, D. (2017). Hambatan Komunikasi Internal di Organisasi Pemerintah. Jurnal Aspikom, 3(3), 508–519.

Hartati, Y., Ratnasari, S. L., & Susanti, E. N. (2020). Pengaruh Kompetensi, Komunikasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Indotirta Suaka. Jurnal Dimensi, 9(2), 294–306.

Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan T. R. I. (2022). Buku Saku Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Kemendikburistek Lepas 14.504 Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 4.

Kiessling, C., Dieterich, A., Fabry, G., Hölzer, H., Langewitz, W., Mühlinghaus, I., … behalf of the Committee, O. (2010). Communication and social competencies in medical education in German-speaking countries: The Basel Consensus Statement.: Results of a Delphi Survey. Patient Education and Counseling, 81(2), 259–266.

Ludlow, R., & Panton, F. (1996). The Essence of Effective Communications (Komunikasi Efektif). Yogyakarta: Andi.

Moulita, M. (2019). Kompetensi Komunikasi Antarbudaya Siswa Sekolah Menengah Atas. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 5(1), 23–34.

Mulyana, A., Hamid, F., Mansur, S., & Susilawati, S. (2019). Kepemimpinan efektif melalui kompetensi komunikasi di Media Nusantara Citra Group. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 184–197.

Novika, D. (2019). Kompetensi Komunikasi Tutor Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 19–29.

Prastiwi, M. (2022). Kampus Mengajar 5 Segera Dibuka, Peserta Dapat Bantuan UKT-Uang Saku.

Purnama, E., Rande, S., & Sabiruddin. (2018). Analisis Penghambat Komunikasi pada Dinas Kesehatan dalam Sosialisasi Keluarga Berencana (Studi Kasus di Pulau Gusung Bontang Utara). EJournal Ilmu Komunikasi, 6(3), 321–332.

Rakhmat, J. (2019). Psikologi Komunikasi (Edisi Revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmawati, Y. (2019). Komunikasi Fatik Komunitas Public speaking dalam Persuasi Kompetensi Komunikasi. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), 74–92.

Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial: Buku Sumber untuk Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Satori, D., & Komariah, A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sirait, N. A., & Pamungkas, I. N. A. (2020). Kompetensi Komunikasi Pengajar Perguruan Tinggi Di Era Digital. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 6(1), 426–434.

Suwatno. (2018). Komunikasi Organisasi Kontemporer. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wijayanti, A., & Sila, I. M. (2021). Peranan Kompetensi Komunikasi dalam Meningkatkan Profesionalisme Dosen Menyongsong Merdeka Belajar. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 22(1), 11–18.

Wijayanti, S. H., Utami, N., Putri, B. K. N., & Mantiri, S. M. (2021). Penilaian diri kompetensi komunikasi pencari kerja dalam memasuki dunia kerja. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(2).

Yin, R. K. (2019). Studi Kasus, Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Malik, A., & Putri, L. D. (2023). Kompetensi Komunikasi sebagai Faktor Keberhasilan dalam Pelaksanaan Program Kampus Mengajar (Studi Kasus di SD Negeri Sinaba Kasemen Kota Serang). Scriptura, 13(1), 1-13. https://doi.org/10.9744/scriptura.13.1.1-13

Issue

Section

Articles