Analisis Interaksi Simbolik pada Konten TikTok @don.Gustavio dalam Memaknai Karakter Generasi 80-an 90-an, dan 2000-an

Authors

  • Sylvana Virgina Agustya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia
  • Hanifa Miftahur Rahma Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia
  • Kharisma Natalia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.13.1.14-26

Keywords:

Interaksionisme simbolik, pemaknaan, media sosial, TikTok, konten

Abstract

Interaksionisme simbolik muncul melalui simbol-simbol bersama, seperti kata-kata, definisi, peran, gerak tubuh, ritual, yang merupakan proses sosial dasar yang memungkinkan objektifikasi refleksi diri. Artikel ini ingin melihat seperti apa interaksi simbolik yang dibuat dalam konten @don.gustavio dalam menggambarkan tiga generasi yang berbeda, sekaligus melihat cara seorang content creator menyampaikan interaksi simbolik tersebut kepada para pengikutnya. Tujuan artikel ini adalah untuk melihat interaksi simbolik pada 2 (dua) konten video yang diunggah di akun @don.gustavio melalui likes dan komentar yang dituliskan oleh para pengguna TikTok. Kedua video ini dianggap paling relevan serta mewakili kondisi sosial yang terjadi pada 3 (tiga) generasi. Metode yang dipakai dalam penyusunan artikel ini adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan analisis pada konten media sosial TikTok. Persetujuan netizen dilihat dari like dan kolom komentar video yang menjadi wadah interaksi para netizen untuk bertukar cerita mengenai pengalaman mereka dalam bersosialisasi dengan tiga generasi. Dalam interaksi ini terlihat bahwa terdapat pemahaman tentang bagaimana konten video @don.gustavio secara sosial mengkonstruksikan konsep diri dan netizen mampu menempatkan dirinya masing-masing pada peran orang lain.

References

Bagadiya, J. (n.d.). 430+ Social Media Statistics You Must Know in 2022. SocialPilot. Retrieved October 23, 2022, from https://www.socialpilot.co/blog/social-media-statistics

Calk, R., & Patrick, A. (2017). Millennials Through the Looking Glass: Workplace Motivating Factors. The Journal of Business Inquiry, 16(2), 131-139. https://journals.uvu.edu/index.php/jbi/article/view/81/61

Carter, M. J., & Fuller, C. (2015, 01 10). Symbolic Interactionism. Sociopedia.isa. 10.1177/205684601561

Ceci, L. (2022, October 18). TikTok - Statistics & Facts. Statista. Retrieved October 23, 2022, from https://www.statista. com/topics/6077/tiktok/#dossierContents__outerWrapper

Collins, R. (1994). Four Sociological Traditions (R. Collins, Ed.). Oxford University Press.

Coss, J., & Holt, H. (1995). Mead, George Herbert. Internet Encyclopedia of Philosophy. Retrieved October 23, 2022, from https://iep.utm.edu/mead/#H5

Côté, J.-F. (2019). The Past, Present, and Future of G. H. Mead in Symbolic Interactionism: A Dialectical Encounter Around the Issue of Feminism, Power, and Society. In The Interaction Order (pp. 117-140). Emerald Publishing Limited. 10.1108/S0163-239620190000050006

Devgan, S., & Das, R. (2021, December 9). 100 Social Media Statistics For 2022 [+Infographic]. Statusbrew. Retrieved October 23, 2022, from https://statusbrew.com/insights/social-media-statistics/#social-media-usage-statistics

Griffin, E. A., Sparks, G. G., & Ledbetter, A. (2019). A First Look at Communication Theory. McGraw-Hill Education.

Hutter, I., Bailey, A., & Hennink, M. (2020). Qualitative Research Methods. SAGE Publications.

Indriani, S. S., Puspitasari, L., & Rosfiantika, E. (2019). Analisis Interaksi Simbolik pada Konten Ofensif Iklan Grab #pilihaman. ProTVF, 3(1), 81. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.21245

Katon, Firman & Yuniati, Ulfa. (2020). Fenomena Cashless Society Dalam Pandemi Covid-19 (Kajian Interaksi Simbolik Pada Generasi Milenial). Jurnal Signal. 8. 134. 10.33603/signal.v8i2.3490.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2016). Ensiklopedia Teori Komunikasi Jilid 2 (2nd ed.). Kencana.

Meola, A. (2022, 1 5). Generation Z: Latest Gen Z News, Research, Facts. Insider Intelligence. Retrieved October 23, 2022, from https://www.insiderintelligence.com/insights/generation-z-facts/

Nebo, A. M. (2022, March). The Application of ―The Looking Glass Self‖ to Leadership Development, 6(3), 8-14. https://www.researchgate.net/profile/Ambrues-Nebo-2/publication/359508413_The_Application_of_-The_Looking_ Glass_Self_to_Leadership_Development/links/624190ce57084c718b70e1ec/The-Application-of-The-Looking-Glass-Self-to-Leadership-Development.pdf

Putri, Ni. (2009). Interaksi Simbolik dalam Proses Komunikasi Nonverbal pada Aplikasi Tiktok. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya. 14. 11.10.25078/wd.v14i1.1039.

Putro, F. H. (2017, 11 01). PERILAKU PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN IDENTITAS DIRI (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Perilaku Penggunaan Media Sosial dan Identitas Diri di Kalangan Mahasiswa S1 Jurusan Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Transformsi, 2(32), 17.

Sri, I. S., Lilis, P., & Evi, R. (2019). Analisis Interaksi Simbolik pada Konten Ofensif Iklan Grab #pilihaman, 3(1), 81-100. http://journal.unpad.ac.id/protvf/article/view/21245/10503

Verduyn, P., Ybarra, O., Résibois, M., Jonides, J., & Kross, E. (2017). Do Social Network Sites Enhance or Undermine Subjective Well-Being? A Critical Review. Social Issues and Policy Review, 11(1), 274-302.

Vitelar, A. (2019, June 12). Like Me: Generation Z and the Use of Social Media for Personal Branding. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 7, 257-268. 10.25019/MDKE/7.2.07

Zuchdi, D., & Afifah, W. (2021). Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika Dalam Penelitian (R. Damayanti, Ed.). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=YoM_EAAAQBAJ&printsec=frontcover &hl=id#v=onepage&q&f=false

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Agustya, S. V. ., Rahma, H. M. ., & Natalia, K. . (2023). Analisis Interaksi Simbolik pada Konten TikTok @don.Gustavio dalam Memaknai Karakter Generasi 80-an 90-an, dan 2000-an. Scriptura, 13(1), 14-26. https://doi.org/10.9744/scriptura.13.1.14-26

Issue

Section

Articles