Pemaknaan Khalayak Mengenai Polemik Kebijakan KPI pada Tayangan Q&A Metro TV

Authors

  • Ari Septiahadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Deviani Setyorini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.13.2.142-154

Keywords:

Komisi Penyiaran Indonesia, analisis resepsi, talk show, Metro TV

Abstract

Tahun 2019 acara talk show Q&A Metro TV mengundang komisioner KPI pusat sebagai narasumber untuk membahas kebijakan KPI yang menjadi polemik. Namun, jawaban KPI pada acara tersebut menjadi polemik lain bagi penonton. Pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa teguran yang diberikan KPI kepada pelanggar penyiaran hanya basa-basi karena tidak menimbulkan efek jera. Penelitian lain juga menemukan bahwa kebijakan KPI tidak berpihak pada publik. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan metode analisis resepsi, penelitian ini bertujuan untuk melihat pemaknaan khalayak terhadap polemik kebijakan KPI pada tayangan Q&A. Hasil penelitian dikategorikan berdasarkan posisi pemaknaan khalayak, yaitu dominan, negosiasi, dan oposisi. Dalam penelitian ini, dari 5 orang informan yang diwawancarai terbagi ke dalam 3 kategori posisi pemaknaan. Pada posisi dominan terdapat 1 informan yang setuju dengan alasan pembuatan kebijakan KPI yang menjadi polemik. Pada posisi negosiasi terdapat 2 informan yang setuju dengan tujuan kebijakan yang dibuat KPI, namun menolak alasan dan cara yang digunakan. Pada posisi oposisi terdapat 2 informan menganggap kebijakan yang dibuat KPI tidak perlu dan mereka tak setuju dengan alasan dibuatnya kebijakan yang menjadi polemik. Selain itu, 4 dari 5 informan menganggap kehadiran KPI hanya untuk membela diri dan menjaga citra lembaga di depan publik.

Author Biography

Deviani Setyorini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

SINTA ID: 6784870, GS ID: ihRdloMAAAAJ&hl

References

Abidin, S. Z. (2012). Kebijakan Publik (2 ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Baran, S. J., & Davis, D. K. (2014). Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan (5 ed.). (A. Daud, & P. I. Izzati, Penerj.) Jakarta: Salemba Humanika.

Branston, G., & Stafford, R. (2010). The Media Student's Book (5th ed.). New York: Routledge.

Fikrie, M. (2016, September 19). Sensor Atlet Renang: Netizen Mengkritik, KPI Mengelak. Diambil dari https://beritagar.id/artikel/berita/sensor-atlet-renang-netizen-mengkritik-kpi-mengelak

Hadi, I. P. (2009). Penelitian Khalayak dalam Perspektif Reception Analysis. Jurnal Ilmiah SCRIPTURA, 3(1), 1-7.

Hanifan, A. F. (2017, Mei 12). Karena Iklan Perindo, MNC Grup Kena Sanksi KPI. Diambil dari https://tirto.id/karena-iklan-perindo-mnc-grup-kena-sanksi-kpi-cozY

Ida, R. (2014). Metode Penelitian : Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Kencana.

Komisi Penyiaran Indonesia. (2019). Survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi 2019. Jakarta: Komisi Penyiaran Indonesia Pusat.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi (Pertama ed.). Jakarta: Kencana.

Latief, R., & Utud, Y. (2015). Siaran Televisi Non-Drama. Jakarta: Kencana.

Nasution, D. (2019, Agustus 9). Tolak KPI Awasi Youtube, Facebook, Netflix!

Nelissen, P., Konig, R., & Renckstorf, K. (2008). Occupational Position and Consumption of News: A Research Note. 473-484.

Putri, A. W. (2018, April 16). Sensor di Layar TV Kita Menggambarkan Penonton adalah Subjek Pasif. Diambil dari https://tirto.id/sensor-di-layar-tv-kita-menggambarkan-penonton-adalah-subjek-pasif-cHr7

Putsanra, D. V. (2019, September 16). Spongebob & 13 Program Disanksi, Bubarkan KPI Jadi Trending Twitter. Diambil dari https://tirto.id/spongebob-13-program-disanksi-bubarkan-kpi-jadi-trending-twitter-eiai

Raditya, I. N. (2019, September 16). Sejarah dan Tugas KPI: Menegur Gundala & Spongebob. Diambil dari https://tirto.id/sejarah-dan-tugas-kpi-menegur-gundala-spongebob-eibR

Remotivi. (2019, September 1). Presiden Jokowi: Evaluasi Komisi Penyiaran Indonesia! Diambil dari Remotivi: https://www.remotivi.or.id/meja-redaksi/541/presiden-jokowi-evaluasi-komisi-penyiaran-indonesia

Rusadi, U. (2012). Talk Show Isu Publik di Televisi dan Dinamika Demokrasi. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 16(1), 17-26.

Suharto, E. (2011). Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, D., & Armando, A. (2019). Otoritas Komisi Penyiaran Indonesia dalam Pengaturan Isi Siaran. Jurnal Komunikasi Global, 151-173.

Tashandra, N. (2016, Februari 27). Heboh Sensor Kebaya di Tayangan Puteri Indonesia, Ini Jawaban Pihak TV. Diambil dari https://nasional.kompas.com/read/2016/02/27/09444691/Heboh.Sensor.Kebaya.di.Tayangan.Puteri.Indonesia.Ini.Jawaban.Pihak.TV?page=all

Tjiadarma, E. L., & Eriviany, G. (2016). Rambu-rambu Ambigu: Kritik Terhadap Regulasi dan Penerapan Sanksi KPI. Diambil dari Remotivi.

Wahab, J. A. (2011). Television Talk Shows and the Public Sphere. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 27(2), 29-45.

Watra, B. L. (2019, Agustus 5). KPI Akan Awasi Konten Youtube Hingga Netflix.

Widodo, J. (2010). Analisis Kebijakan Publik: Konsep & Aplikasi Analisis Proses Kenijakan Publik. Malang: Media Nusa Creative.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Septiahadi, A., & Setyorini, D. (2024). Pemaknaan Khalayak Mengenai Polemik Kebijakan KPI pada Tayangan Q&A Metro TV. Scriptura, 13(2), 142-154. https://doi.org/10.9744/scriptura.13.2.142-154