Komodifikasi dalam Tayangan Anak di YouTube: Studi Kasus Ryan's World dan Super Duper Ziyan
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.13.2.101-107Keywords:
YouTube, Kid Influencers, Pekerja Anak, komodifikasiAbstract
Perkembangan dunia digital telah berkembang dengan pesat, termasuk perkembangan pada tayangan digital pada platform sosial media. Media sosial digunakan oleh setiap orang untuk memenuhi kebutuhannya yang berbeda-beda, seperti pemenuhan kebutuhan untuk hiburan dan informasi melalui tayangan yang ditontonnya. Berbagai jenis tayangan digital diproduksi oleh konten kreator pada berbagai platform sosial untuk memenuhi kebutuhan dan minat tiap orang yang menyaksikannya. Salah satu jenis konten yang dibuat adalah konten untuk anak-anak pada berbagai platform sosial media digital, salah satunya adalah pada platform YouTube. Beberapa konten untuk anak ini menampilkan seorang anak sebagai Kid Influencer di dalam kontennya. Beberapa channel dengan konten untuk anak ini memiliki banyak viewers maupun subscribers yang memiliki potensi untuk mendapatkan pendapatan yang besar kepada pemilik channel atau akun tersebut. Dibalik kesuksesan beberapa channel dengan target audience anak yang seorang anak sebagai Kid Influencers bisa saja dikategorikan sebagai sebuah bentuk komodifikasi anak sebagai pekerja. Dalam manuskrip ini akan dibahas praktik komodifikasi anak sebagai pekerja dalam industri budaya media digital.
References
Arviani, H. (2013). Budaya Global dalam Industri Budaya: Tinjauan Madzhab Frankfurt Terhadap Iklan, Pop Culture, dan Industri Hiburan. Global &Policy, 1(2), 130–141.
Castillo-Abdul, B., Romero-Rodríguez, L. M., & Larrea-Ayala, A. (2020). Kid influencers in Spain: understanding the themes they address and preteens’ engagement with their YouTube channels. Heliyon, 6(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05056
Ceci, L. (2022, April 4). YouTube - Statistics & Facts. Statista.Com.
Guzman, N. J. D. (2020). The Children of YouTube: How an Entertainment Goes Around Child Labor Laws. Child and Family Law Journal, 8(1), 84–115. https://lawpublications.barry.edu/cflj/vol8/iss1/4?utm_source=lawpublications.barry.edu%2Fcflj%2Fvol8%2Fiss1%2F4&utm_medium=PDF&utm_campaign=PDFCoverPages
Hart, C. (1998). Doing a Literature Review. Sage Publications.
Isabela, M. (2022, March 20). Hukum Mempekerjakan Anak di Bawah Umur. Kompas.Com.
Jannani, N., & Fikriyah, U. (2016). Refleksi Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Anak Berwawasan Gender. Egalita, 11(1).
Larrea-ayala, A. (2020). Heliyon Kid in fl uencers in Spain : understanding the themes they address and preteens’ engagement with their YouTube channels. 6(September). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05056
Mardatillah, A., Raharja, S. J., Hermanto, B., & Herawaty, T. (2019). Riau Malay food culture in Pekanbaru, Riau Indonesia: Commodification, authenticity, and sustainability in a global business era. Journal of Ethnic Foods, 6(1). https://doi.org/10.1186/s42779-019-0005-7
Riggio, A. (2021). The Small-er Screen: YouTube Vlogging and the Unequipped Child Entertainment Labor Laws. Seattle University Law Review, 44(2).
Tangkere, C. (2020). 1 2 3 4. 1(5), 15–24.
Tranfield, D., Denyer, D., & Smart, P. (2003). Towards a Methodology for Developing Evidence-Informed Management Knowledge by Means of Systematic Review*. British Journal of Management, 14, 207–222.
Tur-Viñes, V., Núñez-Gómez, P., & González-Río, M. J. (2018). Kid influencers on YouTube. A space for responsibility. Revista Latina de Comunicacion Social, 73. https://doi.org/10.4185/RLCS-2018-1303
YouTube Press. (2022). YouTube Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andrea Soegiarto, Irwansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.