Studi Efikasi Diri terhadap Komunikasi Non-Verbal dalam Karakter Utama Film The Pursuit of Happiness
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.13.1.79-89Keywords:
Komunikasi non-verbal, Affikasi Diri, analisis naratif Todorov, Film Pursuit of the happinessAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah Afikasi diri dan komunikasi non-verbal yang terdapat pada setiap bagian adegan film tersebut yang dielaborasikan dengan teori naratif Tzvetan Todorov’s, Self Efficacy dan Non-verbal Communication. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan Analisa pendekatan naratif Tzvetan Todorov’s yang terdapat pada Film The Pursuit of The Happiness. Hasil penelitian menunjukan bahwa Afikasi diri mendorong seseorang untuk dapat menjalin relasi yang baik dengan sosial dan berdampak positif pada hasil yang diperolah pada akhir film. Afikasi diri yang tinggi membuat seseorang menjadi mampu untuk berkomunikasi dengan baik, entah dalam relasi personal maupun didalam organisasi. Film memiliki kapabilitas untuk memberikan pesan yang efektif untuk khalayak. Pesan tersebut dapat terdiri dari berbagai variasi yang ditujukan dari komunikator untuk memberikan intisari bagi khalayak yang menerima pesan tersebut, baik pesan moral, pengetahuan, atau persuasif.
References
Akbar, K. M., Hanief, L., & Alif, M. (2018). Semangat Nasionalisme dalam Film (Analisis Isi Kuantitatif dalam Film Merah Putih). ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film. https://doi.org/10.24198/ptvf.v1i2.19872
Ammaria Hanix. (2017). Komunikasi Dan Budaya. Jurnal Peurawi, 1(1), 1–19.
Angreani, N., Marta, R. F., Kertamukti, R., Kartono, M. M., Cong, P. K., & Angreani, Natasia Marta, Rustono Farady Kertamukti, Rama Kartono, Miranda Cong, P. (2021). Zenius Stimulation during a Pandemic: Framing of Republika.co.id and Liputan6.com on Distance Learning Issues in the Pandemic Era. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 15(1), 83–96. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/komunika/article/view/4474
Binkley, C. J., & Johnson, K. W. (2013). Application of the PRECEDE-PROCEED Planning Model in Designing an Oral Health Strategy. Journal of Theory and Practice of Dental Public Health, 1(3), 1–18.
Chinmi, M., Marta, R. F., Haryono, C. G., Fernando, J., & Goswami, J. K. (2020). Exploring online news as comparative study between Vendatu at India and Ruangguru from Indonesia in COVID-19 pandemic. Journal of Content, Community and Communication, 10(6), 167–176. https://doi.org/10.31620/JCCC.06.20/13
Daddy’s personality toward his life based on. (2021). 2006.
Etikawati, A. I. (2014). Apresiasi Mengenai Figur Ayah dan Ibu Pada Anak-Anak di Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 17(2), 78–90.
Fernando, J., Marta, R. F., & Sadono, T. P. (2019). Resolusi Konflik Melalui Model Pengampunan Vita Activa Arendt Dalam Komunikasi Generasi Muda Kalimantan Barat. Jurnal ASPIKOM, 4(1), 113. https://doi.org/10.24329/aspikom.v4i1.511
Furkan, E. B. F., & Putra, D. K. S. (2015). You Look Disgusting: Kritik atas Citra Kecantikan Telaah Semiotika John Fiske terhadap Representasi Feminisme Modern. Semiotika : Jurnal Komunikasi, 9(2), 344–371. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v9i2.19
Galvin, K. M., Braithwaite, D. O., Schrodt, P., & Bylund, C. L. (2018). Family Communication Theories. In Family Communication. https://doi.org/10.4324/9781315228846-3
Gandakusumah, B., & Marta, R. F. (2021). Visualisasi Elemen Pembentuk Consumer Brandscape Melalui Oposisi Biner Semiotika Pemasaran Xing Fu Tang (幸福堂) Dan Xi Bo Ba (喜悦). Jurnal Bahasa Rupa, 4(2), 167–176. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v4i2.808
Harry, H., Marta, R. F., & Bahruddin, M. (2022). Pemetaan Ideologi Performatif dan Represif dalam Video Dokumenter di Kanal Youtube: Sebuah Perspektif Multimodalitas Budaya Kota Lasem. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8(01), 38–51. https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i01.4727
Harry, H., Marta, R. F., & Briandana, R. (2021). Memetakan Tautan Budaya Lasem melalui Dokumenter Net . Biro Jawa Tengah dan MetroTVNews. ProTVF, 5(2), 227–246. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/ptvf.v5i2.33411
Haryono, C. G. (2019). Genealogi Wacana Pada Pesan Agitatif Pidato Prabowo Subiyanto Tentang Nkri Bubar Tahun 2030. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(01), 030. https://doi.org/10.30813/bricolage.v5i01.1740
Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif. Didaktik Matematika, 1(1), 35–45.
Indah Kusumawati, T. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 83–98.
Isnaini, M., Marta, R. F., Septiarysa, L., Atmadja, V., & Michelle, M. (2021). Determinan Karakteristik Konten dan Pengaruhnya terhadap Penerimaan Pengguna pada Aplikasi Travelation. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 237. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3961
Joie-La Marle, C., Parmentier, F., Vinchon, F., Storme, M., Borteyrou, X., & Lubart, T. (2021). Evolution and impact of self-efficacy during French COVID-19 confinement: a longitudinal study. The Journal of General Psychology, 148(3), 360–381. https://doi.org/10.1080/00221309.2021.1904815
Komunikasi, A., Pursuit, T., Gardner, C., & Pursuit, T. (2017). MAKNA SIMBOL ‘Y’ PADA JUDUL FILM THE PURSUIT OF HAPPYNESS. i, 12–14.
Kushananto, & Daud, S. (2019). Communication Style of State Leadership and It’s Impact on Indonesian Military Elite Relationships. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(3), 1–20. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2019-3503-01
Kusrini, K. (2015). Potret Diri Digital dalam Seni dan Budaya Visual. Journal of Urban Society’s Arts, 2(2), 111–122. https://doi.org/10.24821/jousa.v2i2.1448
Lang, J. C. F., Marta, R. F., & Menayang, A. P. (2020). Transformasi Identitas Kota Bitung Ditinjau dari Citra Pariwisata Heksagonal Anholt. Jurnal Riset Komunikasi, 3(2), 120–139. https://doi.org/10.38194/jurkom.v3i2.160
Lani, O. P., Mastanora, R., Handayani, B., & Maimori, R. (2021). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Pada Film Kartun Shaun the Sheep. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 161–169.
Latukolan, J. J., Marta, R. F., & Engliana, E. (2021). When Words Matter: Language Choices and Brand Building on Two Global Coffee Shop Retail Brands in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2899–2906. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1974
Lestari, R., Septiarysa, L., Marta, R. F., Agung, H., & Murfianti, F. (2021). Digitizing the Meaning of Enthusiasm in #generasiberanipahit through Morris Semiotics. Jurnal Kata: Penelitian Tentang Ilmu Bahasa Dan Sastra, 5(2), 297–309. https://doi.org/10.22216/kata.v5i2.456
Littlejohn, S. W., & Karen, A. F. (2019). Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. Salemba Humanika.
Lumampauw, A., Marta, R. F., Nugroho, Y., Sandel, T. L., & Lie, S. (2021). The Art of Honing the Conscience through Bukalapak Ads : Barongsai Indonesia , Juara Hati Membangun Bangsa. International Journal of Visual and Performing Arts, 3(1), 9–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31763/viperarts.v3i1.342
Marta, R. F., Miletresia, & Fernandes, M. (2022). Reflections of Today’s Teens Behavior: From Impressions on Social Media to Cognitive Dissonance. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 2(1), 81–91. https://doi.org/10.55480/saluscultura.v2i1.49
Marta, R. F., Prasetya, A. A., Laurensia, B., Stevani, S., & Syarnubi, K. L. (2020). Imbalance Identity in E-Sports News Intersectionality on Covid-19 Pandemic Situation. Jurnal ASPIKOM, 5(2), 206. https://doi.org/10.24329/aspikom.v5i2.769
Marta, R. F., Riyanti, B. P. D., Suryani, A. O. O., Harry, Sandroto, C. W., & Wikantiyoso, B. (2022). Cultural Identification of Entrepreneurship Competency through Tampan Tailor Film based on Multimodality Perspective. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 38(1), 305–322. https://doi.org/10.17576/jkmjc-2022-3801-17
Marta, R. F., & Robin, P. (2019). Kebahasaan Sinematik Bernuansa Pluralitas Dalam Iklan Bni Taplus Anak. Communication, 10(1), 16. https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.810
Maulana, A., & Nugroho, C. (2018). Nasionalisme Dalam Narasi Cerita Film (Analisis Narasi Tzvetan Todorov Pada Film Habibie & Ainun). ProTVF, 2(1), 37. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.12042
Maulany, S. P., & Abdullah, A. (2019). Pemberitaan film A Man Called Ahok dan film 212 di media online. ProTVF, 3(2), 155. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.22940
Mawalia, K. Al, & Sanityastuti, M. S. (2020). Komunikasi Antar Budaya Madura dan Yogyakarta (Studi Etnografi Adaptasi Speech Code Mahasiswa Madura pada Masyarakat Yogyakarta). Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 3(2), 169. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2019.0302-02
Mellon, C. (2022). Lost and found: an exploration of the professional identity of primary teachers during the Covid-19 pandemic. Journal for Multicultural Education, 16(1), 77–89. https://doi.org/10.1108/JME-08-2021-0158
Menayang, A. P., & Marta, R. F. (2020). Branding of North Sulawesi tourism through the hexagon of competitive identity. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(2), 410. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i2.2474
Meraviglia, V., S, I. K. N. S., Telkom, U., Dream, A., Naratif, A., Naratif, A., & Todorov, T. (2020a). PARADOKS AMERICAN DREAM DALAM FILM HOROR US : 7(2), 7189–7199.
Meraviglia, V., S, I. K. N. S., Telkom, U., Dream, A., Naratif, A., Naratif, A., & Todorov, T. (2020b). Paradoks American Dream Dalam Film Horor Us : Analisis Naratif Tzvetan Todorov. E-Proceeding of Management, 7(2), 7189–7199.
Murfianti, F., Marta, R. F., & Rahyadi, I. (2020). Confronting media prosumer people with manipulated political memes in Indonesia’s post truth era. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(1), 3772–3783.
Nufus, F. F. (2009). Struggle of Chris Gartner To Get Happiness on the Pursuit of Happyness Movie: an Individual Psychological Approach. 4778, 213–219.
Pratama, V. A., & Nomor, V. (2020). Semiotika Pesan pada Film Dilan 1990. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 2(2), 65–72.
Prawitasllri, J. E. (2016). Mengenal Emosi Melalui Komunikasi Nonverbal. Buletin Psikologi, 3(1), 27–43.
Puspaningrum, P., & Santi, D. E. (2022). Pengaruh Pelatihan Komunikasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karyawan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 14303–14308.
Putri, A., & Nurhajati, L. (2020). Representasi perempuan dalam kukungan tradisi Jawa pada film Kartini karya Hanung Bramantyo. ProTVF, 4(1), 42. https://doi.org/10.24198/ptvf.v4i1.24008
Rizki, F. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Komunikasi Dan Kecerdasan Emosional Perawat Terhadap Stres Kerja Perawat Bagian Rawat Inap Di Rsud Kabupaten Rokan Hulu. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 203–218.
Romadona, M. R. (2017). The Role of Self-efficacy and Communication Skills of Researchers to Organizational Climate at Research Center X (Peran Efikasi Diri dan Kemampuan Komunikasi Peneliti Terhadap Iklim Organisasi di Pusat Penelitian X). Journal Pekommas, 2(1), 55. https://doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020106
Rosyadah, H., & Supriyo. (2014). Hubungan antara Self-Efficacy dan Kohesivitas dengan Komunikasi Antarpribadi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 3(4), 54–60.
Sabella, E. Z., & Hall, E. T. (1978). Beyond Culture. In Contemporary Sociology (Vol. 7, Issue 4, p. 503). https://doi.org/10.2307/2064404
Samiaji, A., Bahruddin, M., Harry, H., & Hidayat, E. (2022). Nation Branding Construction and Public Diplomacy from @america in Muslim Community of Indonesia. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(1), 276–290. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).8836
Sari, K. W., & Haryono, C. G. (2018). Hegemoni Budaya Patriarki pada Film (Analisis Naratif Tzvetan Todorov Terhadap Film Kartini 2017). Semiotika : Jurnal Komunikasi, 12(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v12i1.1542
Schmitt, M. C. (2010). MASTER OF ARTS PROGRAM IN THE HUMANITITES Disavowing Race Affectively in the film The Pursuit of Happyness.
Septiarysa, L., Marta, R. F., & Agung, H. (2021). Anotasi Rasa Empati selama Pandemi COVID-19 pada Konten Digital Pariwara Youtube Rosalia Indah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(5), 451–468. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v5i5.4125
Shalit, P. R. (1964). The Silent Language. Journal of Psychosocial Nursing and Mental Health Services, 2(3), 296–298. https://doi.org/10.3928/0279-3695-19640501-09
Studi, P., Fakultas, P., & Universitas, K. (2016). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945
Sya, M., & Marta, R. F. (2019). Alignment Frame Construction by Three Online Newspapers on the Slogan of Bangka Belitung Islands. Jurnal Studi Komunikasi, 3(November), 332–354. https://doi.org/10.25139/jsk.3i3.1701
Taum, Y. Y. (2018). the Problem of Equilibrium in the Panji Story: a Tzvetan Todorov�S Narratology Perspective. International Journal of Humanity Studies (IJHS), 2(1), 90–100. https://doi.org/10.24071/ijhs.v2i1.1583
Triwijayanti, I. D. A. K., & Astiti, D. P. (2019). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap tingkat work-life balance pada mahasiswa yang bekerja di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 320. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p11
WIJAYANTI, N. A. (2010). the Need for Hard-Working To Achieve a Successful Life in Gabriele Muccino’S the Pursuit of Happyness (2006) Movie: a Sociological Approach. 2006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nisa Monica
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.