Pola Akomodasi Komunikasi antara Pembimbing dan Klien Beda Budaya di Balai Pemasyarakatan Kelas I Manokwari Guna Percepatan Reintegrasi

Authors

  • Marlien Lande Universitas Hasanuddin
  • Tuti Bahfiarti Universitas Hasanuddin
  • Muh. Farid Universitas Hasanuddin

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.13.2.108-119

Keywords:

Akomodasi komunikasi, Bahasa, balai pemasyarakatan, reintegrasi

Abstract

Klien pemasyarakatan merupakan narapidana yang menjalani sisa masa pidananya di luar Lembaga Pemasyarakatan. Klien pemasyarakatan selama menjalani sisa masa pidana diawasi dan dibimbing oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas).  Pengawasan dan pembimbingan dilakukan oleh Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (PK Bapas) untuk memastikan klien dapat kembali ke masyarakat (reintegrasi) dan tidak lagi melakukan tindak pidana. Klien yang dibimbing tidak hanya dengan latar belakang budaya yang sama melainkan juga yang berbeda. Faktor bahasa yang digunakan PK dan klien saat berkomunikasi merupakan satu hal yang juga perlu diperhatikan dari pelaksanaan bimbingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola akomodasi komunikasi antara pembimbing kemasyarakatan dan klien pemasyarakatan beda budaya di Balai Pemasyarakatan Kelas I Manokwari guna percepatan reintegrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan pengamatan non-partisipan serta studi dokumentasi/kepustakaan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbing kemasyarakatan dan klien melakukan akomodasi komunikasi pada saat berinteraksi agar informasi yang diterima jelas serta memperoleh hasil yang efektif untuk klien dapat kembali ke masyarakat.

References

Andung, P. A., Han, F. T., & BT, A. (2019). Akomodasi Komunikasi pada Mahasiswa Beda Budaya di Kota Kupang. Jurnal Management Komunikasi, 4(1), 1-19.

Arnawa, Nengah. 2008. Wawasan Linguistik dan Pengajaran Bahasa Bali: Pelawa Sari. (http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/260/1/Wawasan%20Linguistik%20dan%20Pengajaran%20Bahasa-min.pdf) diakses 12 Maret 2023

Firdaus, I. (2019). Peranan Pembimbing Kemasyarakatan dalam Upaya Penanganan Overcrowded pada Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 13(3), 339-358.

Haryono, C.G. 2020. Ragam Penelitian Kualitatif Komunikasi. Jawa Barat: CV. Jejak.

Mas’amah, M. (2018). Adaptasi Komunikasi Masyarakat Asal Pulau Jawa di Kota Kupang. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 7(2), 1217-1224. https://doi.org/10.35508/jikom.v7i2.2040

Muliati, Shinta., (2020). Peran Pembimbing Kemasyarakatan dalam Pelaksanaan Reintegrasi Sosial. Jurnal Neoo Societal; Vol.5; No.3 (hal. 238-254)

Nofianti, N., & Roem, E. R., (2021). Pengalaman Komunikasi Pembimbing Kemasyarakatan dengan Klien Pemasyarakatan dalam Proses Bimbingan pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6373–6378. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1951

Rachmawati, I., & Rusfian, E. Z. (2021). Akomodasi Komunikasi Aparatur Sipil Negara Magang di Perusahaan Manufaktur. Jurnal Komunikasi Global, 10(2), 312-330.

Ramadhan, R.R., 2020. Optimalisasi Peran Pembimbing Kemasyarakatan dalam Pencegahan Resiko Residivis Terhadap Klien Pemasyarakatan (Studi Kasus di Balai Pemasyarakatan Kelas II Pekanbaru). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jkh/article/download/31542/17427/66415.

Renggong, R., & Madiong, B. (2021). Pembimbing Kemasyarakatan dan Klien Anak https://repository.unibos.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/845/PEMBIMBING%20KEMASYARAKATAN%20DAN%20KLIEN%20ANAK%20-%20SOEARDY%20%28Buku%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Suryawan, I. N. (2017). “Tak Cukup Bagi Kami untuk Meratap, Kami harus Berjuang”: Kemandirian Mama-Mama dalam Dinamika Pemekaran Daerah di Tanah Papua. Umbara, 1(2). 150-162. https://doi.org/10.24198/umbara.v1i2.10060

West, R. L. dan Turner, L. H., 2018. Introducing Communication Theory-Analysis and Application, Edisi 6. New York: Mc Graw Hill Education.

Bahfiarti, Tuti. 2012. Buku Ajar Dasar-Dasar Teori Komunikasi, (Online), (https://drive.google.com/file/d/1jxyDIYeepARLgd2zKI0MeLKgOYUFUVX/view, diakses 14 Agustus 2022)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/15/tren-kasus-kejahatan-di-papua-barat-cenderung-meningkat-sejak-2012 (diakses 20 Maret 2023)

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/12/penduduk-di-provinsi-ini-paling-berisiko-menjadi-korban-tindak-pidana-pada-2021 (diakses 20 Maret 2023)

https://www.jagapapua.com/article/detail/6890/tingkat-kriminalitas-papua-barat-tertinggi-nasional-selama-2020 (diakses 20 Maret 2023)

https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/LONTAR/article/view/4541/2077 (diakses 14 Agustus 2022)

https://www.pdfdrive.com/bahan-ajar-linguistik-d60245463.html (diakses 14 Agusutus 2022

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Lande, M., Bahfiarti, T., & Farid, M. (2024). Pola Akomodasi Komunikasi antara Pembimbing dan Klien Beda Budaya di Balai Pemasyarakatan Kelas I Manokwari Guna Percepatan Reintegrasi. Scriptura, 13(2), 108-119. https://doi.org/10.9744/scriptura.13.2.108-119