Digital Storytelling Melalui Media Sosial Tiktok dalam Promosi Kuliner Bekasi
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.14.1.25-33Keywords:
Komunikasi pemasaran digital, digital storytelling, TikTok, kulinerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan digital storytelling yang dilakukan oleh akun TikTok @kuliner_bks sebagai penyedia jasa paid promote dalam kegiatan promosi kuliner Bekasi. Penelitian ini menggunakan analisis model AISAS. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan, akun TikTok @kuliner_bks sebagai penyedia jasa paid promote menggunakan penerapan digital storytelling dalam promosi produknya dimulai dari pemilihan nama, logo, talent, dan narasi. Ditinjau melalui model AISAS, penerapan digital storytelling akun TikTok @kuliner_bks menjadi daya tarik bagi tenant (client) yang akhirnya melakukan kerja sama dengan akun TikTok @kuliner_bks.
References
Apptopia. (2021, 2 27). Worldwide and U.S. Retrieved from Apptopia.com. https://engage.apptopia.com/hubfs/WWDL%202021/WWDL21.pdf
Arifah, N. P., & Mustikarini, C. N. (2016). Paid promote sebagai media promosi produk delicy dalam meningkatkan konsumen potensial. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 307-313.
Asfandiyar, A. Y. (2007). Cara pintar mendongeng. Bandung: Dar Mizan.
Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis fenomena sosial media dan kaum milenial: Studi kasus TikTok. In Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology (Vol. 1), 565-572.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing exellence. planning and optimizing your digital marketing. Abingdon: Routledge.
Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan metode kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Databoks. (2021, 09 29). Indonesia jadi pasar kedua terbesar TikTok di dunia pada 2020. Retrieved from ataboks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/29/indonesia-jadi-pasar-kedua-terbesar-tiktok-di-dunia-pada-2020
Databoks. (2021, 08 23). Terbanyak nasional, jumlah UMK makanan dan minuman Jawa Barat capai 791,4 ribu. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/23/terbanyak-nasional-jumlah-umk-makanan-dan-minuman-jawa-barat-capai-7914-ribu
Dedy, E. S., Purwana., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1-17.
Fadhillah, & Saputra, G. G. (2021). Analisis content marketing, e-wom, dan keputusan pembelian generasi z pada media sosial TikTok. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Fernandez, G. M., & Cempaka, D. (2014). Peran talent anak dalam television commercial (Studi deskriptif kualitatif terhadap perspektif perancang iklan dalam pemilihan talent anak untuk television commercial pada iklan TRI Indie+ dan iklan Lifebuoy 5 tahun untuk NTT). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1-16.
Hardiman, I. (2006). Istilah PR, media & periklanan. Jakarta: Gagas Ulung.
Hubspot. (2022). The 2022 social media trends report. Retrieved from offers.hubspot.com. https://offers.hubspot.com/social-media-trends-report-2022
Kemenkopukm. (2021, 05 27). Terhubung secara digital UMKM sektor kuliner tetap bertahan di masa pandemi. Retrieved from kemenkopukm.go.id. https://kemenkopukm.go.id/read/terhubung-secara-digital-umkm-sektor-kuliner-tetap-bertahan-di-saat-pandemi
Kotler, P. (2016). Marketing management 15th Edition. Pearson Education, Inc.
Kristia, S. E. (2021). Pengembangan media promosi berbasis aplikasi TikTok untuk meningkatkan minat beli. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1431.
Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komunikasi visual. Yogyakarta: Andi.
Mackinlay, R. K. (2013). Storytelling: The next step for visualization. Computer, 44-50. https://doi.org/10.1109/MC.2013.36
Miller, C. H. (2020). Digital storytelling fourth edition a creator’s guide to interactive entertainment. London: Taylor & Francis Group, LLC.
Nasrullah, R. (2017). Etnografi virtual: Riset komunikasi dan sosioteknologi di internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Pulizzi, J. (2012). The rise of storytelling as the new marketing. Publishing Research Quarterly, 116-123.
Rachmawati, D., Afrianti, R., & Lianardo, S. (2021). Komunikasi pemasaran digital UMKM Desa Tridaya Sakti sebagai wujud literasi digital UMKM. Prosiding PKM-CSR, 4, 30-38.
Robin, B. R. (2008). Digital storytelling: A powerful technology tool for the 21st century classroom. Theory into Practice, 47(3), 220–228.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitan kualitatif. Sleman: CV Budi Utama.
Rustan, S. (2013). Mendesain logo. Jakarta: Gramedia.
Social, W. A. (2021, Februari 11). Digital in Indonesia. Retrieved from Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The dentsu way: Secrets of cross switch. New York: McGraw-Hill.
Vu, T., & Siiri, M. (2014). Storytelling marketing and its impact on developing company brand identity, case. Laurea University of Applied Sciences.
Wibowo, B. N., & Wijaya, D. T. (2020). Kajian new media pengembangan bisnis paid promote (Studi kualitatif model komunikasi akun bisnis Instagram '@diskonsolo'). Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Yang, S., Zhao, Y., & Ma, Y. (2019). Analysis of the reasons and development of short video application taking TikTok as an Example. International Conference on Information and Social Science, 340-343.
Yin, R. K. (2021). Studi kasus: Desain dan metode. PT. Rajagrafindo Persada.
Zambrano, P. R. (2018). Digital advertising storytelling: Consumer educommunication. IROCAMM. International Review of Communication and Marketing Mix, 1, 32-44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mae Manah, Ciwuk Musiana Yudhawasthi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.