Strategi Impression Management Calon Presiden 2024 dalam Tayangan “3 Bacapres Bicara Gagasan” di Kanal YouTube Najwa Shihab Menurut Masyarakat Gen-Z di Surabaya

Authors

  • Daniel Budiman Prayogo Petra Christian University
  • Darren Tanuwijaya Petra Christian University
  • Rachel Helensky Shambhala Petra Christian University
  • I Putu Poundra Lois Putra Witarsa Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/scriptura.13.2.169-183

Keywords:

Impression management, gen-z, 3 bacapres bicara gagasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi impression management yang digunakan oleh 3 Calon Presiden 2024 dalam tayangan “3 Bacapres Bicara Gagasan” di kanal YouTube Najwa Shihab menurut Gen-Z. Impression management adalah proses seorang individu dalam membentuk kesan yang diinginkan dari orang lain terhadap dirinya. Strategi yang digunakan adalah milik Jones & Pittman (1982) dengan indikator: ingratiation, intimidation, self-promotion, exemplification, dan supplication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data dan pengukuran data menggunakan skala Guttman. Populasi penelitian ini adalah 464.166 Gen-Z yang ada di Surabaya, berusia 17-26 tahun, dan telah menonton tayangan “3 Bacapres Bicara Gagasan” di kanal YouTube Najwa Shihab. Sampel penelitian menggunakan rumus Yamane yang berjumlah minimal 100 responden. Dalam penelitian ini, sampel responden yang diambil sejumlah 139. Hasil penelitian menemukan bahwa Gen-Z melihat kecenderungan strategi impression management yang digunakan oleh 3 Calon Presiden tersebut adalah ingratiation, yaitu strategi seseorang untuk dianggap baik dan positif di mata orang lain. Sedangkan, strategi yang paling jarang digunakan adalah intimidation dan supplication, yaitu strategi yang membentuk kesan berbahaya dan strategi yang menunjukkan sisi inferioritas dari individu tersebut.

References

Albadi. (2022). Kritik Atas Konsep Pemikiran Pendidikan Humanis Paulo Freire: Tinjauan Perspektif Pendidikan Islam. Bogor: Guepedia.

Andrews, D., Nonnecke, B., & Preece, J. (2003). Electronic survey methodology: A case study in reaching hard-to-involve internet users. International Journal of Human-Computer Interaction, 16(2). doi:10.1207/S15327590IJHC1602_04.

CNN Indonesia. (2023). Sebaran Pemilih Pemilu 2024 Jawa Timur: Surabaya & Malang Terbanyak. July 4. Accessed December 4, 2023. Retrieed from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230704021842-617-969082/sebaran-pemilih-pemilu-2024-jawa-timur-surabaya-malang-terbanyak.

Benton, D. M., Ceballos, S. D., & Burton, M. S. (2022). Measuring Impression Management in Male Leaders of Color. Journal of Business Diversity, 22(1).

DQ Lab. (2022). Statistika : Yuk Kenalan dengan 4 Jenis Skala Self Report. January 7. Accessed December 4, 2023. Retrieved from https://dqlab.id/statistika-yuk-kenalan-dengan-4-jenis-skala-self-report.

Fombrun, C. J. (1996). Reputation: Realizing Value from The Corporate Image. Boston: Harvard Business School Press.

Goffman, E. (1959). The Presentation of Self In Everyday Life. New York: Knopf Doubleday Publishing Group.

Hasan, K. (2009). Komunikasi Politik dan Pencitraan (Analisis Teoritis Pencitraan Politik di Indonesia). Jurnal Komunikasi,2(4), 22-43.

Heriyanto, G. G. (2011). Dinamika Komunikasi Politik. Jakarta: Lasswell Visitama.

Heriyanto, G. G., & Zarkasy, I. (2012). Public Relations Politik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jones, E. E., & Wortman, C. (1973). Ingratiation: An Attributional Approach. Morristown: General Learning Press.

Jones, E. E., & Pittman, T. S. (1982). Toward A General Theory of Strategic Self-Presentation. Psychological Perspectives on The Self, 1, 231-262.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kurniawan, D. T., Nugroho, A., & Yulianto, M. (2013). Penerapan Konsep Pencitraan Politisi di Media Twitter | Kurniawan | Interaksi Online. E-Journal UNDIP. Accessed November 29, 2023. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/2280.

LaChapelle, G. (2005). Political Communication and Personal Influence: Do The Media Make A Difference? Edited by P. Maarek and G. Wolfsfeld. London: Routledge.

Lahur, M. F. (2023). Survei: YouTube Layanan Video Paling Disukai Gen Z di Indonesia. October 13. Accessed October 24, 2023. Retrieved from https://tekno.tempo.co/read/1783324/survei-youtube-layanan-video-paling-disukai-gen-z-di-indonesia.

L'Etang, J. (2008). Public Relations: Concepts, Practice and Critique. London: SAGE Publications.

Mahendra, R. E. (2023). Dosen Sosiologi UM Meyakini Generasi Milenial Dan Gen Z Masuk Kategori Swing Voters di Pilpres 2024, Ini Maksudnya. October 22. Accessed October 24, 2023. Retrieved from https://nasional.tempo.co/read/1786987/dosen-sosiologi-um-meyakini-generasi-milenial-dan-gen-z-masuk-kategori-swing-voters-di-pilpres-2024-ini-maksudnya?tracking_page_direct.

Medero, R. S. (2021). Democratization in Political Communication. Political Studies Review, 19(4), 607-623.

Muhamad, N. (2023). KPU: Pemilih Pemilu 2024 Didominasi oleh Kelompok Gen Z dan Milenial. July 5. Accessed November 29, 2023. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/kpu-pemilih-pemilu-2024-didominasi-oleh-kelompok-gen-z-dan-milenial.

Muhtadi, A. S. (2008). Komunikasi Politik Indonesia: Dinamika Islam Politik Pasca-Orde Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Newman, B. I. (1999). The Handbook of Political Marketing. London: SAGE Publications.

Poernomo, M. I. (2023). Buku Ajar Komunikasi Politik. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Prijodarminto, S. (1993). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.

Rainer, P. (2023). Sensus BPS: Saat ini Indonesia Didominasi oleh Gen z. August 29. Accessed October 24, 2023. Retrieved from https://data.goodstats.id/statistic/pierrerainer/sensus-bps-saat-ini-indonesia-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv.

Schroth, H. (2019). Are You Ready for Gen Z in The Workplace?. BerkeleyHaas, 61(3), 5-18. doi:10.1177/0008125619841006.

Setiawan, A. M. P., Yoanita, D., & Yogatama, A. (2021). Strategi Impression Management Pangeran Harry dan Meghan Markle melalui Akun Instagram @sussexroyal. Jurnal E-Komunikasi, 9(2), 1-12.

Shihab, N. 2023. [LIVE] 3 Bacapres Bicara Gagasan | Mata Najwa. September 19. Accessed October 24, 2023. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=C2aZPjVdqyA.

Silalahi, U. (2010). Metode Penelitian Sosial. Edited by A. Gunarsa. Bandung: Refika Aditama.

Solis, B., & Breakenridge, D. (2009). Putting The Public Back In Public Relations: How Social Media Is Reinventing The Aging Business of PR. New Jersey: FT Press.

Sulaiman, A. I. (2013). Komunikasi Politik dalam Demokratisasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman Banyumas, 11(2), 119-132.

Surma, A. (2006). The Rhetoric of Reputation: Vision Not Visibility. PRism. http://praxis.massey.ac.nz/prism_online_journ.html.

Wilson, A. (2015). YouTube in The Classroom. A Research Paper Submitted in Conformity with The Requirements for The Degree of Master of Teaching. Department of Curriculum, Teaching and Learning, Ontario Institute for Studies in Education of the University of Toronto.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Prayogo, D. B., Tanuwijaya, D., Shambhala, R. H., & Witarsa, I. P. P. L. P. (2024). Strategi Impression Management Calon Presiden 2024 dalam Tayangan “3 Bacapres Bicara Gagasan” di Kanal YouTube Najwa Shihab Menurut Masyarakat Gen-Z di Surabaya. Scriptura, 13(2), 169-183. https://doi.org/10.9744/scriptura.13.2.169-183