Sikap Generasi Z Tentang Video “3 Bacapres Bicara Gagasan” di Channel Youtube Najwa Shihab
:
https://doi.org/10.9744/scriptura.13.2.184-194Keywords:
Sikap, generasi Z, “3 bacapres bicara gagasan”, politikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap generasi Z tentang video “3 bacapres bicara gagasan” di channel youtube Najwa Shihab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data serta skala likert untuk pengukuran data penelitian. Menurut data dari BPS terdapat 41.416.407 generasi Z dari Jawa Timur berumur 17-26 tahun yang dijadikan populasi penelitian ini. Sampel penelitian ini dihitung menggunakan rumus slovin yang berjumlah 100 responden. Hasil penelitian ini bahwa generasi Z mengetahui, menyukai, dan cenderung mendukung salah satu calon presiden setelah menonton video “3 bacapres bicara gagasan”. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa 100% responden menunjukan sikap yang positif tentang video “3 bacapres bicara gagasan”.
References
Abraham, C. (2009). Psikologi Sosial untuk Perawat. Jakarta: EGC.
Anderson, C W. (2020). Fake News Is Not a Virus: On Platforms and Their Effects. Communication Theory, August. https://doi.org/10.1093/ct/qtaa008.
Antaranews.com. (January 21, 2021). Sejauh Apa Ketertarikan Generasi Z Soal Politik? Antara News. Retrieved from https://www.antaranews.com/berita/1959624/sejauh-apa-ketertarikan-generasi-z-soal-politik.
Cangara, H. (2009). Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.
Dan, Viorela, & Arendt, F. (2020). Visual Cues to the Hidden Agenda: Investigating the Effects of Ideology-Related Visual Subtle Backdrop Cues in Political Communication. The International Journal of Press/Politics, 26(1), 22–45. https://doi.org/10.1177/1940161220936593.
Effendy, O. U. (1998). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Makassar: PT. Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, & Mixed Methods. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Kim, M.J., Lee, C-K., & Jung, T. (2018). Exploring Consumer Behavior in Virtual Reality Tourism Using an Extended Stimulus-Organism-Response Model. Journal of Travel Research, 59(1), 004728751881891. https://doi.org/10.1177/0047287518818915.
Malik, D. D., & Irintara, Y. (1994). Komunikasi Persuasif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jombang: PT Remaja Rosdakarya.
Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Malang: PT Rineka Cipta, 2003.
Rainer, P. (August 29, 2023) Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z. Retrieved from https://data.goodstats.id/statistic/pierrerainer/sensus-bps-saat-ini-indonesia-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv. Accessed January 16, 2024.
Soedarsono, D.K., Mohamad, B.B., & Akanmu, D.M. (2020). Political Leaders and Followers Attitudes: Twitter as a Tool for Political Communication. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 1245–52. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I2/S20201359.
Soehoet, H. (2003). Media Komunikasi. Jakarta: IISIP.
Suminar, A. (January 22, 2021). Sensus BPS: Saat Ini Didominasi oleh Gen Z. Retrieved from https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/penduduk-jawa-timur-didominasi-millenial-dan-generasi-z/ Accessed January 16, 2024.
UNAS News. (July 15, 2020). Sudah Saatnya Pemimpin Adu Gagasan. Retrieved from https://unasnews.id/sudah-saatnya-pemimpin-adu-gagasan/ (Accessed January 16, 2024).
Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: ANDI.
Wang, Y., Zhang, W., & Chu, J. (2023). What Drives Citizen’s Participate Intention in Smart City? An Empirical Study Based on Stimulus-Organism-Response (SOR) Theory. Journal of the Knowledge Economy. https://doi.org/10.1007/s13132-023-01472-w.
Wawan, A., & Dewi, M. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
YouTube. (September 19, 2023). [LIVE] 3 Bacapres Bicara Gagasan | Mata Najwa. Retrieved from www.youtube.com. https://www.youtube.com/watch?v=C2aZPjVdqyA&t=18626s.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rachel Helensky Shambhala, I Putu Poundra Lois Putra Witarsa, Daniel Budiman Prayogo, Darren Tanuwijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in the SCRIPTURA Jurnal Ilmiah agree to the following terms:
Authors retain unrestricted copyright and full publishing rights. The authors grant the Publisher the right of first publication, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.